5 Etika Mengikuti Webinar Gratisan

Webinar (web seminar) atau seminar online adalah seminar yang dilakukan secara online melalui internet dimana pembicara dan peserta tidak berada pada suatu tempat yang sama tapi pada waktu yang sama.

Dulu saya pikir webinar itu kita bisa santai-santai, toh kita dan pembicara berjauhan. Pembicara tidak tahu apa yg kita lakukan saat dia menyampaikan materi. Ternyata saya salah.

Jika pada seminar konvensional, kita berhadapan langsung dengan orang lain, mau tidak mau kita harus menjaga tata krama, sopan santun, penampilan, dan sebagainya. Meskipun aslinya kita tidak begitu, tapi demi imej kita tetap menjaga.

Sama halnya dengan seminar konvensional, sejatinya webinar juga punya etika atau adab dalam mengikutinya. Terlebih lagi webinar yang diadakan free alias Gratis.

Berikut adalah beberapa etika dalam mengikuti Webinar Gratisan:

1. Microfon

Platform webinar seperti Zoom mengijinkan percakapan dua arah antar pembicara dan peserta.

Matikan microfon jika tidak diminta berbicara. Karena jika anda menyalakan microfon, akan mengganggu ketenangan dan kejelasan materi yang disampaikan oleh pembicara.

Apalagi anda menyalakan microfon tapi tidak sadar kalau anda berisik. Muter filem upin ipin, main sama hewan piaraan, ngobrol sama teman, dsb.

2. Penampilan

Anda harus berpenampilan sopan jika anda menyalakan video. Agar pembicara dan peserta lain nyaman melihat anda.

Memang sih di rumah sendiri, tapi anda kan online. Masa pakai singlet doang. kan gak etis.

Bisa saja videonya dimatikan, tapi dengan mematikan video, pembicara akan merasa tidak diperhatikan. Kebayang kan rasanya?

3. Bertanya

Ajukan pertanyaan jika memang sudah diminta. Jangan menyela ditengah-tengah presentasi jika tidak diminta. Karena tindakan tersebut mengganggu peserta lainnya. Yang mendengarkan webinar bukan cuma anda doang. Jangan egois.

4. Sertifikat

Jangan maksa minta sertifikat. Kasian panitianya. Sudahlah gratis, sertifikat dipaksa-paksa pula. Emang ngetik sertifikat gak capek? Ada ratusan peserta semuanya minta sertifikat. Kecuali memang sudah dijanjikan oleh panitia.

5. Terimakasih

Tonton webinar sampai habis, dan ucapkan terimakasih di akhir sesi. Berterimakasihlah karena anda sudah mendapatkan ilmu gratis dari pembicara.

Itu adalah 5 etika dalam mengikuti webinar Gratisan.

Ada tambahan? Silakan isi kolom komentar!!!^_^

(Visited 287 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.