6 Kesalahan Fatal Kuliah di Teknik Sipil

Lulus SMU Anda ingin ngelanjutin kuliah di mana? dan yang tak kalah pentingnya jurusan apa yang akan Anda pilih?

Jangan sampai Anda tidak tahu mau masuk jurusan apa. Sebab kuliah itu tidak sebentar. Rata-rata mahasiswa normal menghabiskan paling tidak 3-4 tahun masa kuliah.
Bagi yang sudah memutuskan memilih teknik sipil sebagai jurusan kuliahnya, saya hanya bisa mengucapkan selamat kepada Anda, jika 6 alasan di bawah ini tidak menjadi motivasi bagi Anda dalam memilih jurusan teknik sipil.
Berikut 6 kesalahan fatal (menurut versi penulis) kuliah di teknik sipil:

1. Salah masuk, dikirain jurusan untuk jadi PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Abdi Negara (Pegawai Negeri Sipil)

Abdi Negara (Pegawai Negeri Sipil)

Niat hati tamat SMU ingin menjadi pegawai negeri sipil, tapi mengingat kalau masuk pakai ijazah SMU, dapatnya PNS golongan lebih rendah dibandingkan jika menggunakan ijazah S1, akhirnya memutuskan untuk kuliah dulu. Kebetulan ada kampus yang menerima jurusan teknik sipil, mendaftarlah dia di sana.
Sesampainya kuliah di teknik sipil, keraguan mulai muncul dari dalam hatinya. Ahhh… ternyata susah juga jadi pegawai negeri sipil, mata kuliahnya susah-susah. Tapi sudah terlajur masuk, terpaksa harus diselesaikan.

2. Karena tidak ada pilihan

Kuliah adalah pilihan

Kuliah adalah pilihan

Seorang siswa berprestasi di sebuah SMK mendapatkan undangan untuk melanjutkan kuliah di sebuah universitas ternama. Kebetulan cuma ada beberapa fakultas yang bisa dipilihnya. diantaranya teknik mesin, teknik kimia, dan teknik sipil. Tadinya ingin kuliah di arsitektur, karena sesuai dengan latar belakang sekolahnya yaitu jurusan gambar bangunan. Dihadapkan dengan pilihan seperti itu, hanya teknik sipil yang paling mendekati ke jurusannya, berhubung masih ilmu bangunan. Lagi pula kesempatan untuk kuliah di universitas ternama tak akan datang dua kali.

3. Lulusannya mudah cari kerja

Di mana-mana di seluruh Indonesia sedang menggiatkan pembangunan. Mulai dari zaman presiden “enak jamanku toh?” sampai presiden yang hobinya bikin lagu. Semangat pembangunan selalu didengung-dengungkan oleh mereka yang berorasi ingin mendapatkan posisi di pemerintahan. Banyaknya proyek pembangunan tersebut berdampak pada tersedianya lapangan pekerjaan untuk insinyur pembangunan. Kalau cuma cari kerja mah, gampang, yang paling penting cari kerja yang duitnya gede.

4. Meneruskan tradisi keluarga

Meneruskan tradisi

Meneruskan tradisi

Buah mangga jatuh tak jauh dari pohonnya, kecuali jika pohon mangga tersebut berada di tepi jurang. Ayahnya dulu seorang insinyur sipil, karena ingin meneruskan tradisi, anak laki-laki satu-satunya di keluarga-pun didaulat untuk mengemban amanat tersebut.
“Aku ingin seperti Ayah”, kata anak tersebut.
Tak ada yang salah dengan tradisi, hanya saja lebih baik jika kita bisa lebih dari Ayah kita.

5. Sepertinya kuliah di teknik sipil itu asik

“asik biji mate lu” kata David (Juara Standup commedy kompas tv season 4). Awal-awal kuliah sih asik, dapat teman baru, suasana baru, menjadi anak kuliah, merantau, pertama kali pisah dari ortu (ngekos). Tapi setelah diberi tugas-tugas kuliah yang banyak, baru tahu rasa.
Tiada hari tanpa ngerjain tugas. Satu semester diisi dengan ngerjain tugas. Begadang setiap hari. Lupa hari, lupa makan, lupa mandi. Sampai lupa kalau ternyata terlalu lama kuliah di sini. Alarm peringatan berbunyi, “kalau gak selesai semester ini, kamu di DO”. Barulah serius mengerjakan skripsi.

6. Ingin terkenal

Menjadi insinyur sipil itu susah terkenalnya. Jika Anda biasa-biasa saja, sama seperti orang kebanyakan, Anda tak akan dikenal orang. Meskipun Anda mendesain struktur bangunan indah dan megah, yang akan ditanyakan orang adalah “siapa Arsiteknya?” bukan “siapa Engineer Sipil-nya?”.
Lain hal jika bangunan  yang Anda desain tersebut roboh, maka pertanyaannya menjadi:
“siapa Engineer Sipil-nya?”

Jika alasan-alasan di atas tidak termasuk alasan Anda, SELAMAT, ANDA DI JALUR YANG BENAR!…

Komentar Anda sangat berarti… jangan sungkan tinggalkan komentar!

(Visited 802 times, 1 visits today)

123 thoughts on “6 Kesalahan Fatal Kuliah di Teknik Sipil”

  1. ternyata enak kuliah di kedokteraN YA?…… cari kerja gampang gaji besar!….. yang membutuhkan juga setiap orang!…. walaupun kuliahnya mahal!… dari pada di sipil mata kuliah hitungan melulu sampe bos!..an dengan angka – angka,… tapi habis lulus eeeh nggak taunya jadi tukang!… insyinyur,… dulu … tapi sekarang jadi ST alias Sarjana T?………..

  2. mencakup ke 6 nya kayak,nya….hehehe
    tp lulus Teknik sipil asiik loo… mesky kadang hitungan bikin kepala cepet botak,, gak enaknya kebanyakan arsitek yg dicari,, pdhal kita yg desain keamanan strukturnya,,, huuuuummm

  3. gw awalnya pengen masuk IT, eh malah bokap gue maksa masuk di tknik sipil, mau gak mau ya diikutin aja, soale kalo mau kuliah di luar daerah wajib masuk di TS sih….. smster 1 ip gw 1,17 tapi lama kelamaan naik juga dan sekarang sudah jdi IPK 2,4 gw, skrg gue narget lulus 5 thn dgn ipk minimal 3,00 dan maksimal 3,15 .. kuliah teknik sipil itu asik dan tidak membosankan meskipun awalnya sueeeeeee susahh bangettt !!! tapi lama kelamaan sudah terbiasa yg namanya hitung-hitungan 🙂

    1. untuk semuanya saya kn belum lulus minta solusinya sih biar keterima tehnik sipil di perguruan negeri?solusinya yg jitu yah makasih

  4. Aku dibagian nomer 2 nih„ tapi baru jadi siswa baru disalah satu sekolah pembangunan (SMK) cumab bedanya aku emang cari jurusan yang nanti menjurus ke teknik sipil

  5. Wes pokoknya asik pol di dunia teknik sipil…..bago ente ente yang punya nyali besar….Jasamu tidak perlu di kenal orang tp yang kuasa pasti tau…
    salam sukses..CIVIL ENG.

  6. iya min, yang ngerjain konstruksinya siapa yang terkenal malah yang nge-gambar (arsitek). padahal kadang oknum arsitek cuma design gambar tampak aja, buat detail nya juga balik ke sipil. yang mikirin strukturnya juga sipil. dan celakanya kalau gagal konstruksinya baru deh ke sipil (yang ini sakit banget :D)
    jadi ibarat produksi film, kalau filmnya bagus yang terkenal artisnya tapi klw filmnya jelek yang kena sutradaranya.
    salam anak teknik

  7. Seru terjun di dunia Sipil, Pengalaman saya setelah lulus STM bangunan langsung terjun kedunia Sipil, setelah 6 tahun bekerja baru mulai kuliah ngambil jurusan Teknik Sipil, tidak terlalu terasa beratnya kuliah di dunia sipil. mungkin karena sudah terjun duluan di dunia Sipilnya sebelum kuliah.. :).. di bawa Enjoy saja…

  8. Emang ny jurusan teknik sipil se serem itu ya dan seribet itu, w masuk hukum, tapi pgn pindah ke sipil, w gtw cari prospek ny kaya apa emg kejam bgt

  9. Min mau tanya dong, gua kan kelas 12 sma nih, kuliahnya masih bingung mau ngambil jurusan apa, tapi dari dulu sampe sekarang gua suka sama matematika, kira2 jurusan apa yg baiknya gua pilih? Tolong solusinya ya min. Makasih

  10. kak mau tanya,
    kalo cewek di jurusan arsitek atau di teknik sipil kerjaannya sama kayak cowok nggak sih?
    :’) bingung diantara dua pilihan nih, . . .

  11. Waduh Saya sendiri malah bangga mas saya mahasiswa terbodoh dikampus tp lulus dengan sangat cepat kenapa karena teknik sipil didik bukan jadi manusia cengeng,selama diproyek ga ada yg pernah bilang siapa arsitek dr bangunan ini,yang ada siapa insinyur hebat dibalik mega proyek yang sedang berjalan ini,bukan mini proyek atau mainan miniatur yah .teman teman saya dr civil perempuan sangat mudah masuk semua perusahaan dr mulai bank,operator,PU,sampai ada diistana negara sekarang ini.

  12. apakah saya cocok masuk teknik sipil sedangkan saya sekolah di teknik pengelasan ,kira kira harus bagaimana ya???
    mohon jawabannya..:)

  13. Kaka Bantu jwb don’t.. Aku pengen bgt jursan Teknik sipil tp Aku go terlalu pintar do bidan matematikaa…truss Aku hrus gimna kak..Bantu jwb donggg

  14. Gan, kan bokap gua kerjaanya sekarang tentang proyek2 gitu atau kontraktor ,,, nah boap gua nawarin buat masuk eknik sipil aja ,, biar ntar ada yang bisa melanjutkan perjuangan bokap ,, gimana dong min … tolong jawab …

  15. supervisor gw t.sipil, di pt kosmetik. t.sipil banyak yg nyari. katanya si gitu. lapangan kerjanya luas ga cuma jadi tukang. wokeee

  16. misi om, boleh kasi masukan?
    Saya kan lulusan smk akuntansi, bisa gak ya kuliah di teknik sipil ini?

  17. Bang mau tanya, misalkan saya nggak punya bakat di teknik.tapi karena prospek teknik ini bagus saya jadi tertarik buat masuk teknik sipil, tapi saya takut gak bisa nyelesain kuliahnya:).*btw saya baru kelas 11 ipa.masih bingung mau pilih apa, kalau nurut kata hati sih msih ragu” hehe makasih

  18. gue gara2 nomor 1 tuh bel awal masuk sipil, dan gue pikir nanti bakal jadi PNS gara2 ada kata2 “sipil” nya. dan anehnya abis lulus beneran jadi PNS bel..

    1. sipil sekarang banyak banget kok cewek, kerja didunia sipil ga harus melulu dilapangan apalagi buat cewek. kadang2 proporsinya 80% kantor 20% lapangan, atau sebaliknya 80% lapangan 20% kantor, atau bahkan 50-50, tergantung kita maunya gimana ketika menerima pekerjaan.

  19. Rencana saya kuliahnya teknik sipil, tapi kadang orang lain anggap jurusan itu terlalu remeh. Intinya tetap sama pendirian saya aja min.

    1. Syuhaif, siapa yang menganggap teknik sipil jurusan remeh? Belum tau aja dia. Jangan pedulikan perkataan orang yg membuat kita down, dengarkan kata hati.

  20. Gan, klo boleh tau klo t.sipil sulit kah hitung2nya dan prospek kerjanya setelah lulus kuliah apa saja gan?????
    Makasih 😀

    1. Nirmala, saya kurang tahu kalau soal peraturannya. Soalnya dulu saya bukan dari IPA atau dari IPS. Saya dari STM/SMK dan jurusannya juga jurusan Gambar Bangunan. Semoga yang lain bisa jawab. Maaf ya.

  21. Bang afret….ane kn mw masuk jurusan teknik sipil neh….nh jelas matematika & fisikanya harus kuat. Nh klo ane nih mtk sm fisikanya biasa biasa aja…gk pinter…gk juga bego. Ap bisa masuk jurusan itu sampe lulus 3 thn aja?

  22. Bang saya mau nanya nih, daftar sbmptn keterima di teknik sipil, tapi saya takut buat ngambil karena mtk dan fisika saya bego bgt:( kalau saya ambil terus saya tekuni mtk dan fisika saat kuliah nanti apakah terlambat bang?

    1. Reynaldi, tidak ada kata terlambat untuk belajar. Hehe (klise banget). Yang penting, kalau memang teknik sipil sudah sesuai dg kemauan kamu, maka akan mudah mempelajarinya nanti. Yang penting suka dulu, atau disukai sambil jalan.

  23. Kak mau tanya, saya kan mau kuliah di prodi pend. Teknik bangunan, nah itu kan sefakultas sama teknik sipil. Nanti lulus bisa kerja di perusahaan kontraktor kaya teknik sipil gitu gak ?

  24. Om, anak sy masuk pnj t.sipil, cuma kurang semangat.maunya masuk UI.ada saran ngga, skrg lg usaha cari PTN lain.

  25. Terimakasih atas solusinnya gan, setelah saya lulus sma saya mau ambil jurusan t.sipil walaupun tidak terlalu mahir di matematika

  26. Om…ane lulusan dari pesantren yg dimana pelajaran umumnya ala kadarnya… tpi ane tertarik dengan Teknik civil, kira2 bisa Gk saya mengikuti pelajarannya. (Yg ibaratnya saya seperti terjun bebas) karena basic saya di bidang civil 0, tpi saya tertarik dengan Teknik civil…😂

  27. Paling berkesan di teknik sipil tuh praktikum/ bikin laporan praktikumnya. Waktu smt prakt perancangan struktur krn kelompokku agak telat di gambar ACAD.nya akhirnya ngebut seminggu begadang terus sampek subuh wkwk

  28. Mau lanjutin kuliah S2 teknik sipil dan dapat beasiswa 50%. Kamu bisa daftar di Universitas Mercu Buana Program Kelas Reguler Magister Teknik Sipil (S2) Tahun Akademik 2016/2017. Untuk Info bisa sms ke Fadilla 0818-07855530

  29. sipil the best pokoknya, presiden pertama Indonesia aja orang sipil. sep jayalah sipil indonesia

  30. okesip, bang sebenernya, passion gue ada di bidang design, ntah itu DKV, atau apapun yg berbau “perencanaan”. tapi emg dr awal niat gue kalo udah masuk univ swasta, gue harus teknik. dan pas banget gue nyari teknik yang akreditasinya A. gue udah daftar dan keterima. tapi kadang gue suka galau, dengan org2 bilang kalo kuliah harus dr passion, ya memang benar, cmn gaada salahnya kan bang kita nyoba hal yang baru?
    dan kenapa gue memilih sipil karna sipil ada “perencanaan”nya dan gambar2nya. ga munafik, gue pun juga masuk karna ingin kerja dengan lapangan kerja yg luas dan mudah. so i choose this way. DANNNN permasalahannya adalah, gue ga jago fisika dan matematika. itu yang membuat gue ngedown. what should i do? (maaf panjang) sincerly, your newbie civil engineer 🙂

  31. Kalo saya sih mungkin karena sudah merasa putus asa karena tidak diterima di Univ. Negeri, jadinya tidak tau mau pilih jurusan apa di swasta… pas ditanya mau ambil jurusan apa? Yang pertama muncul dikepala teknik. Terus sya tanya sama keluarga, saya mau ambil teknik elektro. eehh, sepupu saya malah bilang teknik sipil bagus jdinya sekarang kuliah milih jurusan teknik sipil..emangnya sesusah apa sih teknik sipil kak? Apalagi otak saya ini pas-pasan sekali.
    Banyak keluarga yg meragukan sy kuliah di teknik, bukannya memberi motivasi malah bikin down.

  32. thanks gan sangat membantu..sekarang keraguan saya buat masuk t.sipil sudah agak hilang😁soalnya mtk saya kurang..tapi kan bisa dipelajari kan..

    1. Yg no 3 n 5 tu alasan saya buat masuk teknik sipil, sebenarnya saya minatnya t.elektro, jadi pas sbmptn pilihannya elektro pilihan pertama n t.sipil dibawahnya, eh.. ternyata gak lulus yg ke1 dan dapatnya t.sipil.
      Entah kenapa selama kuliah t.sipil(baru semester 1) dipikirkan saya masih ingin masuk elektro, bahkan saat ke perpus teknik, saya lebih dulu nyari buku anak teknik elektro daripada yg sipil. Aku saat lulus tsipil gak ada pikiran buat kuliah sampe tamat, malahan buat ngapain diri dan ngerasain gimana jadi anak teknik dan belajar lagi untuk tes tahun depan. Selama disini saya melihat n belajar betapa rajinnya anak teknik padahal saya orangnya pemalas, tiap harinya ada tugas walau cuman baru smtr 1, ngerasain tinggal jauh dari org tua padahal saya tipe org introvert.
      Dah, itu aja… haha
      Maaf kepanjangan, jadi kayak curhat… haha

  33. Jurusan Teknik membuatmu menjadi pemikir kritis n cari kerja tidak susa jika ada bidang teknik sipil yg di pahami, setidakx bisa RAB n AuotoCad suda jadi modal

  34. Assalamualaikum,
    Kak kalau saya kan mau masuk TEKNIK SIPIL sedangkan jurusan smk saya sekarang di TEKNIK AUDIO VIDEO bisa nggak masuk.. dan bagaimn caranya masuk kak.
    terimakasih kak

    1. Bantu jawab, bisa km masuk teknik sipil, meskipun kamu masuk jurusan komputer pun bisa. Asal lolos tes SBMPTN nya.

  35. Bahahhaha alasan no 5,,
    iya asik kayanya kayanya loh hehehhe. tp Asikkan kak?,
    Tp emg tugasnya kaya gmn si bentuknya sampe begadang tiap hari katanya itu,
    Trs klo yg hitung”annya kurang bakal gmn yak bahasa sundanya ” kasesered” kitu,,
    Pasti itu belajar dasar dulu kan?,
    Basic dasar untuk bisa faham bagimana setiap pembelajarannya apann kang?

    1. kalo kau masok teknik sipil kau nnti tau yg name nye MEKTEK ATAU MEKANIKA REKAYASA kau bise gile kenak itu haahahahahaha

  36. lucu.
    artikel yang ga bermanfaat.
    jurusan kuliah semua susah kalo tdk dijalankan dgn sungguh2.
    berfikir jernih dong!!!

  37. No 3 tuh bener. gampang cari kerja, lulusan teknik sipil itu dikit…..
    kalo tugas mah agak mending di teknik sipil. dari pada arsitek.
    teknik sipil tugas cm angka” nyalin buta juga beres, dengan SKS (Sistem Kebut Semalem) yang tugas di kasih 1 semester.
    hahahhaha……..

      1. nyalin kau bilang hahaaaaha nyaman kau bilang bang. kalok dah tgs mekanika rekayasa tu soal e di kasik nmr nim(nomr induk mahasiswa) masing2 jadi jangan harap kau bs nyontek hahahaahah

  38. kak tp saya baca di artikel yg lain katanya prospeknya bisa jd pns atau ga kerja di bumn , itu bener ga?

  39. Makin ragu pilih teknik sipil.
    Kak kalo salah satu alasan tadi di jadiin motivasi emang salah yaa??

  40. Terimaksih kaka…..
    Aku mencintai teknik sipil dari dulu. Yang sangat aku inginkan dalam teknik sipil ialah orang yang jujur. Bekerja keras dengan kemampuanya sendiri dan tidak akan berkomentar baniak dan asiknya juga orang yang simpel dan tidak pernah sombon dan pastikan bawa anak teknik selalu ingin menjadi pria sejati. Situasi dan kondisi lainya anak teknik selalu aman mengatasinya dengan keberanian karena selaing teknik sipil tidak lah berat bagi anak teknik sipil…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *