Fenomena Webinar di Dunia Konstruksi

Webinar adalah singkatan dari web seminar, yaitu seminar yang dilakukan melalui situs web atau aplikasi berbasis internet.

Dengan kondisi tatanan dunia yang seperti saat sekarang, banyak bermunculan webinar-webinar, tidak terkecuali di dunia konstruksi. Tercatat sudah puluhan webinar konstruksi yang diadakan sejak PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) diberlakukan.

Apakah webinar ini fenomena baru atau sudah lama?

Bagi yang bergerak dibidang konstruksi, mungkin ini merupakah hal yang baru. Namun bagi mereka yang bergerak dibidang internet marketing, webinar adalah mainan sehari-hari.

Bagi internet marketer, webinar digunakan untuk mengumpulkan leads (audience), mengumpulkan feedback (umpan balik), media promosi produk, menunjukkan keunggulan bisnis, atau pelatihan internet marketer.

Untuk dunia konstruksi belakangan ini, webinar lebih ditujukan untuk meningkatkan kompetensi insinyur yang mengikuti webinar tersebut. Banyak topik-topik bagus dengan narasumber terbaik yang ditawarkan.

Salah satu lembaga yang turut melakukan webinar konstruksi adalah HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia) yang berpusat di Jakarta.

Dimasa-masa sebelumnya, HAKI juga rutin melakukan seminar konstruksi di berbagai kota (Komda HAKI). Untuk seminar besar rutin dilakukan setiap tahun pada bulan Agustus di Jakarta.

Webinar merupakan solusi bagi banyak orang yang tidak bisa (Misalnya terkait waktu dan budget) mengikuti seminar “Berkelas” yang biasanya hanya dilakukan di kota-kota besar seperti Jakarta dan bandung.

Karena dengan webinar, budget yang dikeluarkan sangat-sangat hemat dibanding manfaat yang diperoleh. Bayangkan, hanya dengan 100K~150K anda sudah bisa menyerap ilmu “Daging” dari narasumber-narasumber terpercaya.

Bandingkan dengan biaya seminar konvensional yang ada. Anda butuh transport, penginapan bagi yg datang dari jauh, butuh waktu paling tidak satu hari, biaya yang keluar bisa 10x lipat dibanding Webinar.

Oleh karena itu, mari kita manfaatkan webinar ini sebaik mungkin. Mumpung masih banyak yang berbaik hati mengadakan seminar yang terjangkau.

Hal ini memancing update teknologi bagi insinyur yang bergerak dibidang konstruksi. Mau tidak mau harus mulai melek teknologi. Karena tatanan dunia sudah berubah sejak Sunda Empire mengumumkan keberadaannya. ^_^

Jika anda suka dengan artikel ini, silakan dibagikan. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar supaya saling kenal. Terimakasih.

(Visited 139 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.