Kerja Praktek penting atau tidak?

Kerja Praktek berasal dari dua kata; Kerja dan Praktek. Kerja artinya berbuat sesuatu, sedangkan Praktek adalah melakukan secara langsung. Jika digabungkan, Kerja Praktek adalah datang, absen, pulang, dan minta nilai bagus. (jangan dicontoh)
Kerja praktek biasanya dilakukan pada masa libur kuliah, agar perkuliahan tidak terganggu. Tetapi ada juga sebagian kampus yang mahasiswanya melakukan kerja praktek pada masa-masa kuliah.

Kerja praktek

Kerja praktek, FBS UNY


Contohnya pada jurusan teknik sipil, kerja praktek dilakukan tergantung penjurusan yang kita ambil. Kebanyakan mahasiswa melakukan kerja praktek pada bangunan gedung, karena selain umum, pekerjaan gedung mudah dicari dan banyak (tidak seperti pekerjaan Bangunan air: bendungan dsb).
Yang paling ribet pada kerja praktek sebenarnya bukan kerja prakteknya sendiri, tetapi birokrasinya. Sebelum kerja praktek dilakukan, ada berbagai prosedur-prosedur yang harus dilakukan. Surat menyurat dan tanda-tangan ini itu. Belum lagi dosen yang dimintain tanda tangan susah dicari dan jual mahal. (ampuni saya pak/ibu dosen!!!).
Pada saat kerja praktek berlangsung di lapangan, mahasiswa bertugas selayaknya pengawas lapangan. Datang ke proyek, melihat-lihat pekerja yang bekerja. Tetapi pengawas di sini bukan mengawasi, karena masih newbie, mahasiswa banyak tanya-tanya. Dan tukang sebenarnya lebih pintar daripada mahasiswa tersebut dalam hal di lapangan.
Kebanyakan yang kerja praktek, hanya sekedar datang, absen, pulang dan minta nilai bagus.
Apakah Anda mendapatkan manfaat dari kerja praktek? Silakan isi komentar!

Download Proposal Kerja Praktek selangkapnya DISINI!
Temukan Blueprint Rahasia untuk Meraih Ribuan Dollar melalui Affiliate Marketing
Baca artikel lainnya…[archives limit=10]

0 thoughts on “Kerja Praktek penting atau tidak?”

  1. saya sekarang lagi menjalani masa kerja praktek ( KP )…
    bener bener menyiksa bagi saya,, antara kesulitan dengan beban sks gak sesuai…heheh mentok mentok nilai hanya dikasih pas pasan ( pas dibawah hahha )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *