Software Hanyalah Alat Bantu

Pernahkan anda mendengar istilah “Garbage in garbage out”? atau terjemahan bebasnya “sampah yang anda input maka sampah yang akan keluar (output)”

Di dunia teknik sipil, anda tentu tidak asing dengan berbagai software teknik seperti etabs, sanspro, SAP, bahkan Ms. Excel.

ya, software-software tersebut kita butuhkan dalam membantu pekerjaan kita.

Namun yang perlu anda ketahui, software tersebut adalah sebuah alat yang jujur. Mereka tidak bisa berbohong.

Anda sebagai operator menentukan hasil yang akan dikeluarkan oleh software.

Jika data yang anda masukkan salah, maka hasil yang keluar akan salah. Sebaliknya, jika data yang anda masukkan benar maka hasilnya juga akan benar.

Maka dari itu, berhati-hatilah Anda dalam melakukan pengolahan data. Ada baiknya anda paham apa maksud dari data yang anda masukkan tersebut.

Terlebih lagi jika itu adalah software struktur. Jika Anda percayakan semuanya pada sofware, Anda dalam posisi bahaya.

Pengertian dan pemahaman akan prinsip-prinsip perencanaan adalah sangat penting.

Anda harus paham apa yang anda inputkan ke dalam software.

Oleh karena itu, di setiap sofware struktur (seperti etabs, sanspro dan SAP) selalu ada disclaimer dari pembuatnya. Yang biasanya tertulis “pembuat software tidak bertanggungjawab terhadap hasil pekerjaan Anda”

Jika Anda kurang yakin dengan hasil software, sebaiknya Anda lakukan penyelidikan sendiri menggunakan rumus-rumus manual. Apakah hasil software sudah benar atau salah.

atau apabila anda memperoleh sofware yang berbentuk spreadsheet excel dari sumber lain, ada baiknya anda cek satu persatu rumus yang digunakan disana. Atau lebih baik lagi Anda buat software anda sendiri supaya lebih yakin.

(Visited 46 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *