Biaya Borongan Baja Ringan Plus Material dan Tenaga per Meter

4 min read

Membangun atap baja ringan menjadi pilihan populer karena ketahanannya dan biaya yang relatif terjangkau. Biaya borongan baja ringan plus material dan tenaga per meter menjadi faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Artikel ini menyajikan informasi komprehensif tentang biaya dan faktor-faktor yang memengaruhinya.

Biaya borongan baja ringan biasanya mencakup material, tenaga kerja, dan biaya pemasangan per meter. Jenis baja ringan, ukuran, ketebalan, dan kerumitan pemasangan dapat memengaruhi biaya secara signifikan.

Biaya Borongan Baja Ringan Plus Material dan Tenaga per Meter

Biaya pembangunan menggunakan rangka baja ringan menjadi salah satu pilihan populer saat ini karena dinilai lebih ekonomis dan praktis. Berikut adalah rincian biaya borongan baja ringan plus material dan tenaga per meter yang berlaku pada tahun 2024:

Rincian Biaya

Komponen Harga per Meter
Material Baja Ringan Rp. 60.000Rp. 80.000
Tenaga Kerja Pemasangan Rp. 40.000Rp. 60.000
Atap Metal (Spandek) Rp. 50.000Rp. 70.000
Biaya Tambahan (Pengiriman, Aksesoris) Rp. 10.000Rp. 20.000

Catatan: Harga dapat berubah sewaktu-waktu dan berbeda di setiap daerah.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi biaya borongan baja ringan antara lain:

  • Luas Bangunan
  • Tingkat Kerumitan Desain
  • Jenis Atap Metal
  • Lokasi Proyek
  • Biaya Tenaga Kerja Lokal

Untuk mendapatkan estimasi biaya yang lebih akurat, disarankan untuk berkonsultasi dengan kontraktor baja ringan terpercaya.

Jenis Baja Ringan yang Digunakan

Pemilihan jenis baja ringan untuk rangka atap sangat penting untuk memastikan kekuatan dan daya tahan struktur. Ada beberapa jenis baja ringan yang umum digunakan, masing-masing dengan keunggulan dan kelemahannya sendiri.

Biaya borongan baja ringan plus material dan tenaga per meter memang perlu diperhitungkan matang-matang. Sebagai referensi, Anda bisa membaca artikel Harga Pasang Batako per Meter Persegi: Faktor Tren dan Tips Hemat untuk perbandingan harga. Dengan perencanaan yang tepat, Anda dapat meminimalkan biaya borongan baja ringan sekaligus memastikan kualitas bangunan yang baik.

Baja Ringan Galvanis

Baja ringan galvanis dilapisi dengan lapisan seng untuk melindungi dari korosi. Jenis ini paling umum digunakan untuk rangka atap karena tahan lama, ringan, dan relatif murah. Namun, kekuatannya lebih rendah dibandingkan jenis baja ringan lainnya.

Baja Ringan Galvalume

Baja ringan galvalume dilapisi dengan lapisan seng dan aluminium. Jenis ini lebih tahan korosi dan memiliki kekuatan lebih tinggi dibandingkan baja ringan galvanis. Namun, harganya juga lebih mahal.

Baja Ringan Zincalume

Baja ringan zincalume dilapisi dengan lapisan seng, aluminium, dan silikon. Jenis ini memiliki ketahanan korosi terbaik dan kekuatan tertinggi di antara jenis baja ringan lainnya. Namun, harganya juga paling mahal.

Bagi yang sedang mempertimbangkan pemasangan baja ringan, biaya borongan per meternya menjadi pertimbangan penting. Termasuk di dalamnya adalah biaya material dan tenaga kerja. Selain itu, jika membutuhkan pendinginan di kendaraan niaga, Anda bisa mempertimbangkan Harga Pasang AC Truk Canter: Panduan Lengkap . Kembali ke biaya borongan baja ringan, kisaran harganya bervariasi tergantung jenis dan ketebalan material yang digunakan, serta tingkat kesulitan pemasangan.

Ukuran dan Ketebalan Baja Ringan

Ukuran dan ketebalan baja ringan yang direkomendasikan untuk rangka atap tergantung pada bentang atap dan beban yang akan ditopang. Umumnya, untuk bentang atap hingga 6 meter, baja ringan dengan ketebalan 0,35 mm sudah cukup. Untuk bentang atap yang lebih panjang, ketebalan baja ringan yang digunakan harus lebih tebal.

Perhitungan Kebutuhan Baja Ringan

Biaya borongan baja ringan plus material dan tenaga per meter

Menentukan kebutuhan baja ringan sangat penting untuk memastikan konstruksi atap yang kokoh dan efisien. Berikut cara menghitungnya:

Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan

Kebutuhan baja ringan dihitung berdasarkan luas atap. Rumusnya adalah:

Kebutuhan Baja Ringan = Luas Atap x Faktor Koreksi

Biaya borongan baja ringan plus material dan tenaga per meter umumnya berkisar antara Rp50.000 hingga Rp80.000. Namun, perlu diketahui bahwa biaya tersebut dapat bervariasi tergantung pada spesifikasi material dan luas area yang akan dipasang. Selain itu, biaya borongan plafon pvc per meter juga perlu dipertimbangkan jika ingin sekaligus memasang plafon pada rangka baja ringan.

Dengan demikian, biaya keseluruhan proyek pemasangan baja ringan dan plafon pvc perlu diperhitungkan secara matang agar sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Faktor koreksi bervariasi tergantung kemiringan atap dan jarak antar kuda-kuda. Berikut rinciannya:

  • Kemiringan Atap 0-15 derajat: Faktor Koreksi 1,2
  • Kemiringan Atap 15-30 derajat: Faktor Koreksi 1,1
  • Kemiringan Atap 30-45 derajat: Faktor Koreksi 1,0

Jarak Antar Kuda-kuda:

  • Jarak 60 cm: Faktor Koreksi 1,2
  • Jarak 90 cm: Faktor Koreksi 1,1
  • Jarak 120 cm: Faktor Koreksi 1,0

Contoh Perhitungan

Misalnya, luas atap adalah 100 m2 dengan kemiringan 30 derajat dan jarak antar kuda-kuda 90 cm. Maka, kebutuhan baja ringan adalah:

Kebutuhan Baja Ringan = 100 m2 x 1,1 = 110 m2

Biaya borongan baja ringan plus material dan tenaga per meter memang bervariasi tergantung spesifikasi dan lokasi. Namun, perlu diketahui bahwa biaya ini umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan biaya borongan pasang keramik 60×60 yang dapat mencapai Rp100.000 hingga Rp150.000 per meter persegi . Meski begitu, biaya borongan baja ringan tetap menjadi pilihan yang ekonomis untuk konstruksi atap bangunan.

Dengan demikian, dibutuhkan 110 m2 baja ringan untuk konstruksi atap tersebut.

Proses Pemasangan Baja Ringan

Pemasangan baja ringan merupakan proses krusial yang menentukan keamanan dan daya tahan struktur bangunan. Proses ini melibatkan beberapa tahapan, dimulai dari persiapan hingga penyelesaian.

Biaya borongan baja ringan plus material dan tenaga per meter sangat bervariasi tergantung pada spesifikasi proyek. Untuk pertimbangan yang lebih komprehensif, perhatikan juga Harga Pasang Kitchen Set per Meter2: Pertimbangan dan Tips Hemat di sini . Dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti ukuran, bahan, dan desain, Anda dapat membuat keputusan yang tepat mengenai biaya borongan baja ringan untuk proyek Anda.

Persiapan

  • Periksa kondisi lahan dan pastikan kerataan tanah.
  • Tentukan titik-titik pemasangan rangka baja ringan.
  • Siapkan peralatan dan bahan yang diperlukan, seperti mesin bor, sekrup, dan sealant.

Pemasangan Rangka Utama

Rangka utama berfungsi sebagai penyangga utama struktur bangunan. Pemasangannya dilakukan dengan cara:

  1. Menempatkan kolom pada titik-titik yang telah ditentukan.
  2. Memasang balok di atas kolom untuk membentuk struktur rangka.
  3. Mengencangkan sambungan dengan sekrup dan baut.

Pemasangan Reng dan Genteng

Reng berfungsi sebagai dudukan genteng, sedangkan genteng melindungi bangunan dari cuaca. Pemasangannya dilakukan sebagai berikut:

  • Memasang reng secara horizontal pada rangka utama.
  • Menutup reng dengan lembaran genteng dan mengencangkannya dengan sekrup.
  • Memasang flashing untuk mencegah kebocoran air.

Finishing

Finishing meliputi tahap-tahap akhir seperti:

  • Memasang lisplang dan talang untuk memperindah tampilan dan mencegah air hujan masuk.
  • Melakukan pengecatan atau pelapisan antikarat untuk melindungi rangka baja ringan.
  • Membersihkan area pemasangan dan memastikan struktur bangunan aman dan rapi.

Tips Menghemat Biaya Pemasangan Baja Ringan

Biaya borongan baja ringan plus material dan tenaga per meter

Pemasangan baja ringan dapat menjadi investasi yang signifikan, namun ada beberapa tips yang dapat membantu Anda menghemat biaya.

Pilihan Bahan

  • Pilih baja ringan dengan ketebalan yang sesuai dengan kebutuhan struktural. Ketebalan yang lebih tipis akan lebih hemat biaya.
  • Pertimbangkan baja ringan galvanis untuk ketahanan korosi yang lebih baik, yang dapat mengurangi biaya perawatan di masa mendatang.

Teknik Pemasangan

  • Gunakan sistem pemasangan yang efisien, seperti sistem rangka portal, yang meminimalkan jumlah bahan yang dibutuhkan.
  • Perencanaan yang matang akan membantu menghindari pemborosan bahan dan tenaga kerja.

Negosiasi dengan Kontraktor

  • Dapatkan penawaran dari beberapa kontraktor untuk membandingkan harga dan layanan.
  • Negosiasikan harga bahan dan tenaga kerja secara terpisah untuk mendapatkan harga terbaik.

Sumber Daya Online, Biaya borongan baja ringan plus material dan tenaga per meter

Manfaatkan sumber daya online seperti tekniksipil.id untuk mendapatkan informasi tentang bahan dan teknik pemasangan baja ringan, serta untuk menemukan kontraktor yang bereputasi baik.

Ulasan Penutup

Dengan memahami biaya dan faktor-faktor yang memengaruhinya, pemilik rumah dan kontraktor dapat membuat keputusan yang tepat untuk memastikan pemasangan atap baja ringan yang hemat biaya dan berkualitas tinggi.

Pertanyaan Populer dan Jawabannya: Biaya Borongan Baja Ringan Plus Material Dan Tenaga Per Meter

Apa jenis baja ringan yang paling umum digunakan?

C75 dan C100 adalah jenis baja ringan yang umum digunakan untuk rangka atap karena kekuatan dan daya tahannya yang baik.

Bagaimana cara menghitung kebutuhan baja ringan?

Kebutuhan baja ringan dapat dihitung berdasarkan luas atap dan jarak antar kuda-kuda. Rumus umumnya adalah: Jumlah baja ringan = Luas atap / Jarak antar kuda-kuda x 1,2 (faktor keamanan).

Apa saja tips menghemat biaya pemasangan baja ringan?

Pilih jenis baja ringan yang sesuai dengan kebutuhan, negosiasikan harga dengan kontraktor, dan pertimbangkan teknik pemasangan yang efisien untuk menghemat biaya.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *