Biaya Pasang Wall Moulding Gypsum Terbaru 2024

4 min read

Biaya borongan wall moulding gypsum – Ingin menambah estetika dinding rumah dengan wall moulding gypsum? Simak ulasan lengkap mengenai biaya borongan pemasangan wall moulding gypsum terbaru di tahun 2024, beserta faktor yang memengaruhinya dan tips menghemat biaya.

Wall moulding gypsum menjadi salah satu pilihan material populer untuk mempercantik dinding karena memiliki tampilan elegan dan mudah diaplikasikan. Yuk, ketahui lebih lanjut tentang biaya pemasangannya!

Pengertian Wall Moulding Gypsum

Moulding pekanbaru padang jasa wainscoting backdrop dinding

Wall moulding gypsum adalah profil dekoratif yang terbuat dari gypsum, digunakan untuk memperindah dinding interior.

Wall moulding gypsum berfungsi sebagai elemen estetika yang dapat memberikan kesan mewah, elegan, dan berkelas pada ruangan.

Fungsi Wall Moulding Gypsum

  • Menambah nilai estetika dan daya tarik visual pada dinding.
  • Membagi dinding secara vertikal atau horizontal, menciptakan ilusi ruang yang lebih tinggi atau lebih lebar.
  • Menyembunyikan ketidaksempurnaan dinding, seperti retakan atau sambungan.
  • Membuat bingkai untuk lukisan, foto, atau cermin, sehingga menjadi lebih menonjol.
  • Memberikan sentuhan akhir pada dekorasi interior, melengkapi gaya desain ruangan.

Biaya Borongan Wall Moulding Gypsum

Wall moulding gypsum merupakan elemen dekoratif yang semakin populer digunakan untuk mempercantik interior ruangan. Biaya borongan pemasangan wall moulding gypsum bervariasi tergantung jenis, ukuran, dan kerumitan desain.

Biaya borongan wall moulding gypsum bervariasi tergantung pada jenis gypsum dan kerumitan desain. Sementara itu, biaya borongan pasang granit 80×80 juga menunjukkan tren serupa. Kembali pada biaya borongan wall moulding gypsum, faktor seperti ukuran ruangan dan jumlah moulding yang digunakan juga mempengaruhi harga akhir.

Tabel Biaya Borongan Wall Moulding Gypsum

Berikut ini adalah tabel biaya borongan wall moulding gypsum per meter persegi pada tahun 2024:

Jenis Wall Moulding Ukuran Harga Terbaru Keterangan
Polos 10 cm x 10 cm Rp 25.000

Rp 35.000

Desain sederhana tanpa ukiran atau motif
Ukiran Sederhana 15 cm x 15 cm Rp 35.000

Rp 45.000

Ukiran dengan motif dasar seperti garis atau bunga
Ukiran Rumit 20 cm x 20 cm Rp 45.000

Rp 60.000

Ukiran dengan detail yang kompleks dan banyak variasi

Catatan: Harga dapat berubah sewaktu-waktu dan berbeda di setiap daerah. terbaru

Faktor yang Mempengaruhi Biaya

Biaya borongan wall moulding gypsum dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, antara lain:

Jenis Wall Moulding

Terdapat berbagai jenis wall moulding gypsum, seperti coving, cornice, dan skirting. Setiap jenis memiliki profil dan ukuran yang berbeda, yang dapat memengaruhi harga.

Ukuran dan Panjang Wall Moulding

Ukuran dan panjang wall moulding akan menentukan jumlah material dan tenaga kerja yang dibutuhkan. Semakin besar dan panjang wall moulding, semakin tinggi biayanya.

Tinggi Pemasangan

Tinggi pemasangan wall moulding juga memengaruhi biaya. Pemasangan pada ketinggian yang lebih tinggi membutuhkan tangga dan peralatan khusus, sehingga meningkatkan biaya tenaga kerja.

Kondisi Dinding

Kondisi dinding tempat wall moulding dipasang juga dapat memengaruhi biaya. Dinding yang tidak rata atau rusak mungkin memerlukan persiapan tambahan, seperti pelurusan atau penambalan, yang dapat menambah biaya.

Lokasi Pemasangan

Lokasi pemasangan, seperti daerah terpencil atau gedung tinggi, dapat memengaruhi biaya transportasi dan tenaga kerja. Daerah terpencil mungkin memiliki biaya transportasi yang lebih tinggi, sementara gedung tinggi mungkin memerlukan peralatan khusus untuk pemasangan.

Tenaga Kerja

Biaya tenaga kerja juga dapat bervariasi tergantung pada keterampilan dan pengalaman pemasang. Pemasang yang lebih berpengalaman biasanya mengenakan biaya yang lebih tinggi.

Tips Menghemat Biaya

Biaya borongan wall moulding gypsum

Menghemat biaya pemasangan wall moulding gypsum bisa dilakukan dengan beberapa cara sederhana. Dengan perencanaan yang tepat dan bahan yang tepat, Anda dapat menghemat banyak uang tanpa mengorbankan kualitas.

Biaya borongan wall moulding gypsum bervariasi tergantung pada jenis dan ukurannya. Namun, umumnya berkisar antara Rp100.000 hingga Rp150.000 per meter lari. Sementara itu, untuk proyek konstruksi yang lebih besar, seperti pengecoran dak menggunakan bondek, biaya borongan bisa mencapai Rp300.000

hingga Rp500.000 per meter persegi. Biaya borongan cor dak bondek per m2 ini mencakup material dan jasa pemasangan. Kembali ke biaya borongan wall moulding gypsum, perlu diingat bahwa harga dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti lokasi dan kerumitan desain.

  • Gunakan bahan berkualitas tinggi: Meskipun mungkin tergoda untuk memilih bahan yang lebih murah, menggunakan bahan berkualitas tinggi pada akhirnya akan menghemat uang Anda dalam jangka panjang. Bahan yang lebih murah lebih rentan terhadap kerusakan, yang berarti Anda harus menggantinya lebih sering.

  • Belanja perbandingan: Jangan hanya berbelanja di satu toko. Luangkan waktu untuk membandingkan harga dari beberapa toko berbeda untuk mendapatkan penawaran terbaik. Anda mungkin juga bisa mendapatkan diskon jika membeli dalam jumlah banyak.
  • Pasang sendiri: Jika Anda merasa percaya diri, Anda bisa memasang wall moulding gypsum sendiri. Ini bisa menghemat banyak uang untuk biaya tenaga kerja. Namun, pastikan Anda memiliki keterampilan dan peralatan yang tepat sebelum Anda mulai.

Cara Pemasangan Wall Moulding Gypsum: Biaya Borongan Wall Moulding Gypsum

Biaya borongan wall moulding gypsum

Pemasangan wall moulding gypsum memerlukan ketelitian dan teknik yang tepat. Berikut langkah-langkah pemasangannya:

Persiapan Permukaan, Biaya borongan wall moulding gypsum

Bersihkan permukaan dinding dari kotoran, debu, dan minyak. Pastikan permukaan rata dan bebas dari retakan atau lubang.

Biaya borongan wall moulding gypsum bervariasi tergantung ukuran dan kerumitan desain. Di sisi lain, biaya borongan profil lisplang juga memiliki rentang harga yang beragam, dipengaruhi oleh jenis bahan dan panjang profil. Kembali ke topik biaya borongan wall moulding gypsum, harga yang kompetitif dan pengerjaan yang berkualitas menjadi pertimbangan penting dalam memilih kontraktor yang tepat untuk proyek konstruksi.

Penandaan Posisi

Tandai posisi pemasangan wall moulding pada dinding menggunakan meteran dan pensil. Gunakan level air untuk memastikan pemasangan yang rata.

Pemotongan Wall Moulding

Potong wall moulding sesuai panjang yang dibutuhkan menggunakan gergaji potong atau gergaji tangan.

Pengolesan Lem

Oleskan lem khusus gypsum pada bagian belakang wall moulding dan permukaan dinding yang akan ditempel.

Pemasangan Wall Moulding

Tempelkan wall moulding pada dinding sesuai tanda yang telah dibuat. Tekan dengan kuat dan pastikan terpasang dengan rata.

Pemasangan Sekrup

Untuk memperkuat pemasangan, pasang sekrup pada beberapa titik di sepanjang wall moulding.

Penyambungan

Jika panjang wall moulding tidak cukup, sambungkan menggunakan sambungan sudut atau sambungan tumpang tindih. Pastikan sambungan tertutup rapat.

Finishing

Setelah pemasangan selesai, bersihkan sisa lem yang menempel dan biarkan mengering. Anda dapat mengecat atau melapisi wall moulding sesuai keinginan.

Tips Perawatan

Merawat wall moulding gypsum tidaklah sulit, tetapi beberapa tips sederhana dapat membantu memastikan umur panjang dan penampilannya yang indah.

Berikut beberapa tips perawatan untuk wall moulding gypsum:

Bersihkan Secara Teratur

  • Bersihkan wall moulding gypsum secara teratur dengan kain lembut dan sedikit air sabun.
  • Hindari penggunaan bahan pembersih yang keras atau abrasif, karena dapat merusak permukaan.

Hindari Kelembapan Berlebih

Kelembapan berlebih dapat merusak wall moulding gypsum, jadi pastikan untuk menjaga area tetap kering.

Biaya borongan wall moulding gypsum relatif terjangkau, tergantung pada jenis bahan dan tingkat kesulitan pemasangan. Namun, jika Anda berencana melakukan renovasi atap, pertimbangkan juga biaya borongan bongkar atap genteng . Ini karena pembongkaran atap genteng yang lama perlu dilakukan sebelum pemasangan wall moulding gypsum yang baru.

Setelah atap genteng dibongkar, Anda dapat melanjutkan pemasangan wall moulding gypsum untuk mempercantik tampilan interior rumah Anda.

Jika ada kelembapan berlebih, gunakan dehumidifier atau buka jendela untuk meningkatkan sirkulasi udara.

Perbaiki Kerusakan Segera

Jika wall moulding gypsum rusak, segera perbaiki untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Gunakan tambalan gypsum atau senyawa tambal untuk mengisi lubang atau retakan.

Cat Ulang Secara Berkala

Mengecat ulang wall moulding gypsum secara berkala dapat membantu melindungi permukaannya dan menyegarkan tampilannya.

Biaya borongan wall moulding gypsum bervariasi tergantung pada kompleksitas desain dan bahan yang digunakan. Namun, untuk perkiraan umum, biayanya berkisar antara Rp50.000 hingga Rp100.000 per meter lari. Bagi yang ingin mempercantik dinding rumah, biaya borongan cat tembok juga perlu dipertimbangkan.

Tarifnya biasanya sekitar Rp20.000 hingga Rp35.000 per meter persegi. Kembali ke wall moulding gypsum, perlu diketahui bahwa biaya pemasangan juga termasuk dalam perhitungan keseluruhan, sehingga penting untuk berkonsultasi dengan kontraktor untuk mendapatkan estimasi yang akurat.

Gunakan cat berbahan dasar lateks untuk hasil terbaik.

Penutupan Akhir

Pemasangan wall moulding gypsum menjadi solusi tepat untuk mempercantik dinding rumah dengan biaya yang terjangkau. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang memengaruhi biaya dan mengikuti tips menghemat biaya, Anda dapat memiliki dinding yang estetik tanpa menguras kantong.

Pertanyaan yang Sering Muncul

Berapa harga wall moulding gypsum per meter?

Harga wall moulding gypsum bervariasi tergantung jenis, ukuran, dan daerah. Untuk kisaran harga terbaru di tahun 2024, silakan cek tabel di atas.

Apakah wall moulding gypsum mudah dipasang?

Ya, pemasangan wall moulding gypsum relatif mudah dan dapat dilakukan sendiri dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat.

Bagaimana cara merawat wall moulding gypsum?

Untuk menjaga keindahan dan keawetan wall moulding gypsum, bersihkan secara teratur dengan kain lembap dan hindari penggunaan bahan kimia keras.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *