Pekerjaan Kamprotan: Hal Penting yang Perlu Kamu Kerjakan Sebelum Plesteran Bata Hebel

1 min read

Sebagai seorang profesional di bidang konstruksi, pekerjaan plesteran pada bata ringan merupakan hal yang seringkali ditemui. Namun, sebelum kita melangkah ke tahap plesteran, ada satu tahapan penting yang perlu dilakukan terlebih dahulu, yaitu pekerjaan kamprotan.

Dalam artikel ini, Tekniksipil akan membahas secara detail tentang tahapan kamprotan sebelum melakukan plesteran pada bata ringan.

Kamprotan: Dasar Sebelum Plesteran Hebel

Pekerjaan Kamprotan hebel

Sebelum kita mengaplikasikan lapisan plesteran, langkah awal yang harus kita lakukan adalah pekerjaan kamprotan. Kamprotan adalah proses pemberian lapisan tipis campuran semen dan pasir pada permukaan bata ringan.

Tujuannya adalah untuk memberikan dasar yang kokoh dan rata sehingga plesteran yang dilakukan dapat menempel dengan baik.

Proses ini juga memungkinkan kita untuk menyesuaikan ketebalan plesteran sesuai kebutuhan.

Penting untuk diingat bahwa bata ringan memiliki permukaan yang halus, sehingga kamprotan menjadi langkah yang krusial untuk memastikan hasil akhir yang baik.

Proses Pengerjaan Kamprotan

Langkah pertama dalam pengerjaan kamprotan adalah menyiapkan campuran semen dan pasir dengan perbandingan yang tepat.

Perbandingan yang umum digunakan adalah 1 banding 4 atau 1 banding 6, namun yang terpenting adalah menjaga konsistensi campuran agar cukup encer untuk dapat disebar dengan mudah.

Setelah campuran siap, aplikasikan secara merata pada permukaan bata ringan dengan menggunakan alat yang sesuai. Pastikan untuk memberikan waktu penyusutan yang cukup sebelum melanjutkan tahap selanjutnya, biasanya satu hari adalah waktu yang cukup.

Pekerjaan kamprotan adalah langkah penting sebelum melakukan plesteran pada bata ringan. Dengan melakukan kamprotan dengan benar, kita dapat memastikan bahwa plesteran yang kita lakukan akan menempel dengan baik dan memberikan hasil akhir yang kuat dan rapi.

Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda yang tengah melakukan atau merencanakan proyek konstruksi menggunakan bata ringan. Jangan ragu untuk mengaplikasikan teknik ini dalam pekerjaan Anda untuk hasil yang maksimal dan memuaskan.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *