Cara Menyambungkan Besi Hollow dengan/ Tanpa Las

3 min read

Dalam menjalankan proyek konstruksi atau tata letak bangunan, menyambungkan besi hollow menjadi langkah krusial yang memerlukan perhatian khusus.

Dalam artikel ini, Tekniksipil.id akan mencoba untuk mengulas bagaimana cara praktis dalam menyambungkan besi hollow menggunakan mesin las maupun tanpa mesin las.

Sebelum memasuki langkah-langkah teknis menyambungkan besi hollow, penting untuk memahami bahwa kualitas hasil akhir sangat dipengaruhi oleh kualitas penyambungan.

Kita perlu mengutamakan hasil akhir yang kuat dan kokoh. Oleh karena itu, langkah pertama kita adalah memastikan bahwa penyambungan besi hollow dilakukan dengan baik untuk mencapai struktur yang kokoh dan tahan lama. Berikut untuk langkah langkahnya.

Cara Menyambung Besi Hollow dengan Mesin Las

cara menyambung besi hollow

Pengelasan adalah salah satu metode penyambungan besi hollow yang umum digunakan untuk menciptakan sambungan yang kokoh dan tahan lama. Berikut adalah langkah-langkah mendetail untuk melakukan penyambungan besi hollow dengan pengelasan:

a. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai proses pengelasan, pastikan Anda memiliki peralatan dan bahan yang diperlukan:

  • Mesin las yang sesuai dengan jenis besi hollow dan ketebalan material.
  • Elektroda pengelasan yang cocok dengan jenis besi yang digunakan.
  • Sarung tangan, helm pengelasan, dan pakaian pelindung untuk keamanan.

b. Pemotongan dan Persiapan Ujung Besi Hollow

Potong ujung besi hollow sesuai dengan kebutuhan dan persiapkan permukaannya dengan membersihkannya dari karat dan kotoran menggunakan alat gerinda. Pastikan permukaan yang akan dielas bersih untuk memastikan hasil pengelasan yang optimal.

c. Pengaturan Mesin Las

Atur mesin las sesuai dengan spesifikasi besi hollow dan elektroda yang digunakan. Pilih arus pengelasan yang tepat dan pastikan semua pengaturan mesin sesuai dengan ketebalan besi.

d. Pengelasan Permukaan Besi Hollow

Tempatkan besi hollow dalam posisi yang tepat untuk pengelasan. Mulailah dengan memberikan titik las pada titik awal sambungan. Lanjutkan dengan membentuk jahitan las secara merata sepanjang sisi sambungan. Pastikan bahwa setiap titik las memiliki penetrasi yang cukup untuk memastikan sambungan yang kuat.

e. Pengujian dan Penyelesaian

Setelah proses pengelasan selesai, lakukan pengujian kekuatan pada sambungan dengan memberikan tekanan dan beban yang bertahap. Perhatikan apakah ada retak atau kelemahan pada sambungan. Jika ditemukan kekurangan, perbaiki dengan melakukan pengelasan tambahan.

f. Penyegelan dan Proteksi

Setelah sambungan dianggap memadai, aplikasikan bahan penyegel pada area pengelasan untuk melindungi sambungan dari korosi dan faktor lingkungan lainnya. Ini penting untuk menjaga kekuatan dan daya tahan sambungan dalam jangka waktu yang panjang.

g. Keselamatan dan Lingkungan

Selama seluruh proses pengelasan, pastikan untuk mematuhi prosedur keamanan pengelasan. Gunakan perlengkapan pelindung seperti helm dan sarung tangan pengelasan. Selain itu, pastikan area kerja bebas dari bahan mudah terbakar dan ventilasi yang memadai untuk menghindari dampak buruk dari gas pengelasan.

h. Penilaian Akhir dan Penggunaan Sambungan

Setelah penyambungan selesai, lakukan penilaian akhir terhadap sambungan. Pastikan bahwa hasil pengelasan memenuhi standar keamanan dan kualitas yang diharapkan. Gunakan sambungan ini sesuai dengan tujuan awalnya, dan pastikan bahwa struktur yang melibatkannya memenuhi persyaratan desain dan kekuatan yang dibutuhkan.

Video Penunjang:

Sumber : Youtube.com Via Channel Bengkel Las Anugrah

Cara Menyambung Besi Hollow Tanpa Mesin Las

Meskipun memiliki keterbatasan dalam hal peralatan, menyambung besi hollow tanpa mesin las dapat dilakukan dengan menggunakan metode alternatif yang tetap aman dan kuat. Berikut adalah langkah-langkah rinci untuk menyambung besi hollow tanpa mesin las:

1. Persiapan Bahan dan Peralatan

Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki peralatan dan bahan yang diperlukan, termasuk:

  • Besi hollow yang akan disambungkan.
  • Gerinda untuk membersihkan permukaan besi.
  • Bor dan bor bit besi.
  • Baut dan mur yang sesuai dengan ukuran besi hollow.
  • Alat pengukur dan pena untuk tanda-tanda pemotongan.

2. Pemotongan dan Persiapan Ujung Besi Hollow

Potong ujung besi hollow dengan hati-hati menggunakan gergaji besi. Pastikan potongan rata dan bersih (tidak miring) untuk memastikan sambungan yang baik. Setelah dipotong, bersihkan tepi potongan dengan gerinda untuk menghilangkan tepi yang tajam dan karat.

3. Penyambungan dengan Baut dan Mur

  • Tanda-tanda Pemotongan dan Pengeboran

Tandai area pemotongan pada kedua ujung besi hollow dengan alat pengukur dan pena. Selanjutnya, tentukan lokasi pengeboran untuk baut dan mur pada setiap ujung.

  • Pengeboran Lubang

Bor lubang pada titik yang telah ditandai dengan menggunakan bor dan bit besi yang sesuai. Pastikan lubang memiliki diameter yang pas dengan baut yang akan digunakan. Lakukan pengeboran dengan hati-hati untuk memastikan presisi.

  • Pemasangan Baut dan Mur

Setelah lubang terbentuk, pasang baut dan mur pada setiap ujung besi hollow. Pastikan baut dan mur pas dengan erat untuk menciptakan sambungan yang kuat. Gunakan kunci pas untuk mengetatkan baut.

4. Penyegelan Sambungan

Setelah baut dan mur terpasang dengan rapat, lapisilah sambungan dengan bahan penyegel yang tahan karat. Ini membantu mencegah korosi dan menjaga kekuatan sambungan.

5. Pengujian Kekuatan Sambungan

Sebelum mengintegrasikan besi hollow ke dalam struktur utama, lakukan pengujian kekuatan sambungan dengan memberikan beban pada bagian yang disambungkan. Pastikan sambungan mampu menahan tekanan dan beban yang diberikan.

Meskipun tanpa mesin las, menyambung besi hollow dengan baut dan mur dapat menjadi alternatif yang aman dan efektif. Pastikan untuk memilih bahan yang tepat dan mengikuti langkah-langkah dengan cermat.

Video Penunjang:

Sumber : Youtube.com Via Channel Tukang Jadi Jadian

Dengan melakukan proses diatas secara benar, Anda dapat mencapai sambungan besi hollow yang kokoh dan dapat diandalkan untuk berbagai proyek konstruksi. Ingatlah untuk selalu memprioritaskan keselamatan dan keamanan dalam setiap langkah yang diambil.

Demikianlah serangkaian tutorial mengenai cara menyambung besi hollow dengan mesin las atau tanpa mesin las yang bisa kami paparkan untuk anda.

Dalam merangkai fondasi bangunan, setiap penyambungan besi hollow memegang peranan penting. Dengan mengikuti langkah-langkah praktis di atas dan memperhatikan kualitas hasil akhir, Anda dapat memastikan bahwa struktur yang Anda bangun akan kokoh dan aman.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *