Harga Borongan HPL Per Meter Terbaru 2024: Panduan Lengkap

4 min read

Harga borongan hpl per meter terbaru – Untuk mewujudkan interior impian Anda, pemilihan material yang tepat sangat krusial. Salah satu opsi populer saat ini adalah HPL (High Pressure Laminate), bahan pelapis serbaguna yang menawarkan estetika menawan dan daya tahan tinggi. Dapatkan informasi terbaru mengenai harga borongan HPL per meter di tahun 2024 melalui artikel komprehensif ini.

Sebagai material modern, HPL dikenal dengan karakteristiknya yang luar biasa, seperti ketahanan terhadap goresan, panas, dan kelembapan. Keunggulan ini menjadikannya pilihan ideal untuk berbagai aplikasi, mulai dari dapur hingga ruang tamu.

Definisi HPL

High Pressure Laminate (HPL) merupakan material pelapis yang terdiri dari beberapa lapisan kertas kraft yang diresapi resin fenolik dan dipres pada suhu tinggi dan tekanan ekstrem.

Menilik harga borongan hpl per meter terbaru yang relatif terjangkau, pilihan material ini patut dipertimbangkan untuk hunian. Alternatif lain yang tak kalah menarik adalah borongan pasang bata merah plus material yang menawarkan nilai ekonomis. Dengan harga yang kompetitif, layanan ini dapat menghemat biaya konstruksi secara signifikan.

Menariknya, kedua pilihan ini saling melengkapi, dimana hpl dapat diaplikasikan sebagai pelapis dinding atau kitchen set, sementara bata merah menjadi bahan utama struktur bangunan. Dengan demikian, kebutuhan renovasi atau pembangunan dapat terpenuhi secara optimal dengan mempertimbangkan harga borongan hpl per meter terbaru dan harga borongan pasang bata merah plus material yang bersaing di pasaran.

HPL dikenal karena karakteristiknya yang tahan lama, tahan gores, tahan air, dan tahan bahan kimia, menjadikannya pilihan yang populer untuk aplikasi interior dan eksterior.

Komposisi HPL

  • Kertas Kraft:Lapisan dasar yang memberikan kekuatan dan stabilitas.
  • Resin Fenolik:Pengikat yang memberikan daya tahan dan sifat anti air.
  • Dekoratif Overlay:Lapisan atas yang memberikan tampilan estetika dan ketahanan.

Harga Borongan HPL per Meter Terbaru 2024

High-pressure laminate (HPL) adalah bahan pelapis permukaan yang banyak digunakan untuk berbagai aplikasi, termasuk furnitur, partisi, dan pelapis dinding. HPL dikenal karena daya tahan, ketahanan terhadap goresan, dan sifat tahan airnya.

Harga Borongan HPL per Meter Terbaru 2024

Harga borongan HPL per meter bervariasi tergantung pada jenis, ketebalan, dan lokasi pemasangan. Berikut adalah tabel harga borongan HPL per meter terbaru 2024:

Jenis HPL Tebal HPL Harga per Meter
Taco HPL 0,7 mm Rp 80.000

Rp 100.000

Wilsonart HPL 0,8 mm Rp 100.000

Harga borongan hpl per meter terbaru menunjukkan fluktuasi yang cukup signifikan, tergantung pada jenis dan kualitas bahan yang digunakan. Hal ini berbeda dengan harga borongan pagar batako per meter terbaru yang relatif stabil, karena bahan bakunya lebih standar. Namun, kedua jenis pekerjaan ini sama-sama penting dalam konstruksi, sehingga perlu diperhitungkan dengan cermat untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Harga borongan pagar batako per meter terbaru sendiri dapat bervariasi tergantung pada tinggi dan ketebalan pagar, serta kerumitan desain. Sementara itu, harga borongan hpl per meter terbaru dipengaruhi oleh ketebalan, motif, dan kualitas perekat yang digunakan.

Rp 120.000

Formica HPL 1 mm Rp 120.000

Rp 140.000

Harga di atas belum termasuk biaya pemasangan dan bahan pendukung seperti lem dan paku.

Harga borongan HPL per meter terbaru menunjukkan fluktuasi pasar yang signifikan. Di tengah pergerakan harga tersebut, penting juga untuk mempertimbangkan harga borongan peluran lantai terbaru. Seperti yang dibahas dalam artikel harga borongan peluran lantai terbaru , terdapat variasi harga tergantung pada jenis lantai dan metode peluran yang digunakan.

Fluktuasi ini tentunya berdampak pada perhitungan biaya renovasi secara keseluruhan, termasuk pemasangan HPL pada permukaan lantai atau dinding.

Faktor yang Mempengaruhi Harga HPL

Harga HPL (High Pressure Laminate) bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Faktor-faktor ini meliputi:

Jenis HPL

Jenis HPL menentukan harga dasarnya. Ada beberapa jenis HPL, seperti HPL standar, HPL tahan api, HPL anti gores, dan HPL dekoratif.

Tebal HPL

Tebal HPL juga memengaruhi harga. HPL yang lebih tebal umumnya lebih mahal karena membutuhkan lebih banyak bahan dan proses produksi yang lebih rumit.

Merek HPL

Merek HPL juga dapat memengaruhi harga. Merek HPL ternama biasanya memiliki harga lebih tinggi karena reputasi dan kualitas produknya.

Harga borongan hpl per meter terbaru bervariasi tergantung jenis dan kualitas bahan yang digunakan. Demikian pula dengan harga borongan pagar besi per meter terbaru , yang dipengaruhi oleh desain, ukuran, dan material yang dipilih. Namun, untuk harga borongan hpl per meter terbaru, kisarannya berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 250.000, tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan di atas.

Lokasi Pemasangan

Lokasi pemasangan HPL juga dapat memengaruhi harga. Harga HPL mungkin lebih tinggi di daerah terpencil atau daerah dengan biaya tenaga kerja tinggi.

Untuk mempercantik hunian, tak jarang kita membutuhkan jasa tukang untuk melakukan renovasi. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah harga borongan. Bagi Anda yang ingin melapisi dinding dengan HPL, perlu diketahui bahwa harga borongan HPL per meter terbaru berkisar antara Rp100.000 hingga Rp150.000.

Selain itu, untuk mengecat pintu kayu, harga borongan cat pintu kayu terbaru berkisar antara Rp50.000 hingga Rp100.000 per daun. Dengan mengetahui kisaran harga tersebut, Anda dapat mempersiapkan anggaran yang sesuai untuk merenovasi hunian Anda.

Tips Memilih HPL: Harga Borongan Hpl Per Meter Terbaru

Harga borongan hpl per meter terbaru

Memilih HPL yang tepat untuk kebutuhan Anda sangat penting untuk memastikan hasil yang tahan lama dan memuaskan. Berikut adalah beberapa tips yang perlu dipertimbangkan:

Pertimbangkan Jenis Ruangan yang Akan Dilapisi

Jenis ruangan yang akan dilapisi akan menentukan jenis HPL yang paling sesuai. Misalnya, untuk area dengan lalu lintas tinggi seperti dapur atau kamar mandi, pilih HPL yang tahan lama dan mudah dibersihkan.

Sesuaikan dengan Anggaran yang Tersedia

HPL tersedia dalam berbagai kisaran harga, dari yang terjangkau hingga yang premium. Sesuaikan pilihan Anda dengan anggaran yang tersedia untuk proyek Anda.

Pilih HPL yang Tahan Lama dan Mudah Dirawat

Pilih HPL yang tahan terhadap goresan, noda, dan panas. Pertimbangkan juga kemudahan perawatannya, karena Anda akan sering membersihkannya.

Contoh Penggunaan HPL

Harga borongan hpl per meter terbaru

High-pressure laminate (HPL) telah menjadi bahan yang populer untuk berbagai aplikasi interior karena daya tahan, estetika, dan perawatannya yang mudah. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan HPL:

Dapur

  • Pelapis meja dapur: HPL tahan terhadap panas, noda, dan goresan, menjadikannya pilihan ideal untuk permukaan kerja di dapur.
  • Lemari dapur: HPL dapat digunakan untuk membuat pintu dan laci lemari dapur yang tahan lama dan mudah dibersihkan.
  • Backsplash dapur: HPL memberikan perlindungan tahan air dan noda yang sangat baik untuk area di belakang kompor dan wastafel.

Kamar Mandi

  • Pelapis dinding: HPL tahan lembab dan tahan air, menjadikannya pilihan yang tepat untuk dinding kamar mandi.
  • Meja rias: HPL tahan terhadap kelembapan dan bahan kimia, sehingga cocok untuk meja rias kamar mandi.
  • Bak mandi dan shower: HPL dapat digunakan untuk membuat permukaan bak mandi dan shower yang tahan lama dan mudah dibersihkan.

Ruang Tamu, Harga borongan hpl per meter terbaru

  • Lantai: HPL dapat digunakan untuk membuat lantai yang tahan lama dan mudah dirawat di ruang tamu.
  • Furnitur: HPL dapat digunakan untuk membuat furnitur ruang tamu yang tahan goresan dan noda, seperti meja kopi dan meja samping.
  • Pelapis dinding: HPL dapat memberikan tekstur dan estetika yang menarik pada dinding ruang tamu.

Kantor

  • Meja kantor: HPL tahan terhadap goresan dan noda, menjadikannya pilihan yang baik untuk meja kantor.
  • Partisi kantor: HPL dapat digunakan untuk membuat partisi kantor yang tahan lama dan estetis.
  • Lantai: HPL dapat digunakan untuk membuat lantai kantor yang tahan lama dan mudah dibersihkan.

Ringkasan Akhir

Memilih HPL yang tepat untuk kebutuhan Anda melibatkan pertimbangan berbagai faktor, termasuk jenis ruangan, anggaran, dan preferensi desain. Dengan mempertimbangkan panduan dalam artikel ini, Anda dapat menemukan HPL yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan fungsional Anda. Jadi, mulailah ciptakan interior impian Anda hari ini dengan HPL, material serbaguna yang akan meningkatkan estetika dan daya tahan rumah Anda.

Pertanyaan Umum yang Sering Muncul

Apakah HPL tahan air?

Ya, HPL sangat tahan air, menjadikannya pilihan tepat untuk area lembap seperti dapur dan kamar mandi.

Berapa kisaran harga HPL per meter?

Harga HPL bervariasi tergantung pada jenis, ketebalan, dan merek, biasanya berkisar antara Rp100.000 hingga Rp300.000 per meter.

Bagaimana cara memasang HPL?

Pemasangan HPL membutuhkan keterampilan khusus dan sebaiknya dilakukan oleh profesional berpengalaman.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *