Harga Borongan Pasang Keramik 60×60, Penting Diketahui!

5 min read

Harga borongan pasang keramik 60×60 menjadi pertimbangan penting bagi Anda yang berencana merenovasi rumah. Dengan mengetahui biaya yang diperlukan, Anda dapat merencanakan anggaran dengan lebih baik.

Harga borongan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti jenis keramik, luas area yang akan dipasang, dan lokasi pemasangan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset dan membandingkan harga dari berbagai penyedia jasa sebelum menentukan pilihan.

Harga Borongan Pasang Keramik 60×60

Harga borongan pasang keramik 60x60Harga borongan pasang keramik 60x60

Harga borongan pasang keramik 60×60 per meter persegi bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis keramik, luas area, dan lokasi. Secara umum, harga berkisar antara Rp 60.000 hingga Rp 100.000 per meter persegi.

Jenis Keramik

  • Keramik lokal: Rp 60.000 – Rp 75.000 per meter persegi
  • Keramik impor: Rp 75.000 – Rp 100.000 per meter persegi
  • Granit: Rp 80.000 – Rp 120.000 per meter persegi

Luas Area

Semakin luas area yang dipasang keramik, semakin rendah harga per meter persegi. Hal ini karena biaya material dan tenaga kerja dapat dibagi ke lebih banyak meter persegi.

Lokasi

Lokasi juga dapat memengaruhi harga borongan pasang keramik. Biaya tenaga kerja di daerah perkotaan umumnya lebih tinggi dibandingkan di daerah pedesaan.

Perbandingan Harga

Berikut adalah perbandingan harga borongan pasang keramik 60×60 dari beberapa penyedia jasa:

Penyedia Jasa Harga per Meter Persegi
Kontraktor A Rp 65.000
Kontraktor B Rp 70.000
Kontraktor C Rp 80.000

Penting untuk membandingkan harga dari beberapa penyedia jasa sebelum memutuskan untuk memilih satu.

Jenis-jenis Keramik 60×60

Keramik 60×60 hadir dalam berbagai jenis, tergantung pada bahan, tekstur, dan motifnya.

Jenis Bahan

Keramik 60×60 dapat dibuat dari berbagai bahan, meliputi:

Porselen

Jenis keramik berkualitas tinggi yang padat dan tahan lama.

Keramik

Keramik standar yang lebih murah dan kurang tahan lama dibandingkan porselen.

Granit

Harga borongan pasang keramik 60×60 mengalami fluktuasi tergantung lokasi dan kualitas material. Di sisi lain, harga borongan cor dak plus material juga menunjukkan tren yang serupa, dipengaruhi oleh faktor yang sama. Meski demikian, harga borongan pasang keramik 60×60 masih relatif terjangkau, menjadikannya pilihan populer untuk renovasi dan pembangunan rumah.

Keramik yang kuat dan tahan lama, cocok untuk area dengan lalu lintas tinggi.

Tekstur

Keramik 60×60 juga tersedia dalam berbagai tekstur, seperti:

Glossy

Permukaan mengkilap yang memantulkan cahaya.

Matte

Permukaan tidak mengkilap yang memberikan tampilan lebih lembut.

Timbul

Permukaan dengan pola atau tekstur tiga dimensi.

Motif

Motif keramik 60×60 sangat beragam, meliputi:

Polos

Keramik dengan warna solid tanpa motif.

Harga borongan pasang keramik berukuran 60×60 saat ini berkisar antara Rp35.000 hingga Rp45.000 per meter persegi. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada tingkat kesulitan dan lokasi pemasangan. Sebagai perbandingan, harga borongan cor beton manual berada pada kisaran Rp180.000

hingga Rp220.000 per meter kubik. Namun, kembali ke topik harga borongan pasang keramik 60×60, perlu diperhatikan bahwa harga ini belum termasuk biaya bahan material keramik itu sendiri.

Bercorak

Keramik dengan pola atau desain yang dicetak.

Marmer

Keramik yang meniru tampilan marmer alami.

Cara Memilih Keramik 60×60

Pemilihan keramik 60×60 yang tepat dapat meningkatkan estetika dan nilai properti Anda. Berikut beberapa tips untuk memilih keramik 60×60 yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya rumah Anda:

Pertimbangan Penting:

  • Warna:Pilih warna yang melengkapi skema warna rumah Anda dan menciptakan suasana yang diinginkan.
  • Pola:Pertimbangkan pola yang dapat menambah tekstur dan visual yang menarik pada ruangan.
  • Ukuran:Ukuran 60×60 sangat ideal untuk ruangan yang lebih besar, memberikan tampilan yang lapang dan modern.
  • Tekstur:Pilih tekstur yang sesuai dengan gaya rumah Anda, dari yang halus hingga kasar.
  • Bahan:Keramik tersedia dalam berbagai bahan, seperti porselen dan batu alam, masing-masing dengan karakteristik dan daya tahan yang unik.

Contoh Pemasangan:

  • Ruang Tamu:Keramik 60×60 berwarna netral dengan pola halus dapat menciptakan suasana yang elegan dan mengundang.
  • Dapur:Keramik 60×60 dengan tekstur matte dan warna terang dapat memberikan tampilan modern dan bersih yang mudah dibersihkan.
  • Kamar Mandi:Keramik 60×60 dengan tekstur anti selip dan pola yang menarik dapat meningkatkan keamanan dan estetika kamar mandi.

Harga Borongan Pasang Keramik 60×60

Harga borongan pasang keramik 60x60Harga borongan pasang keramik 60x60

Harga borongan pasang keramik 60×60 umumnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti lokasi, luas area yang akan dipasang, dan jenis keramik yang digunakan. Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang faktor-faktor yang memengaruhi harga tersebut:

Lokasi

Lokasi pemasangan keramik 60×60 dapat memengaruhi harga borongan karena adanya perbedaan biaya transportasi dan upah pekerja di setiap daerah. Biasanya, harga borongan di daerah perkotaan lebih tinggi dibandingkan dengan daerah pedesaan.

Luas Area

Luas area yang akan dipasang keramik 60×60 juga memengaruhi harga borongan. Semakin luas area yang dipasang, semakin tinggi pula harga borongannya. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan material dan waktu pengerjaan yang lebih banyak.

Jenis Keramik

Jenis keramik yang digunakan juga menjadi faktor penentu harga borongan pasang keramik 60×60. Keramik dengan kualitas dan motif yang berbeda memiliki harga yang bervariasi. Keramik dengan kualitas tinggi dan motif yang rumit biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal.

Faktor Tambahan

Selain faktor-faktor di atas, ada beberapa faktor tambahan yang dapat memengaruhi harga borongan pasang keramik 60×60, antara lain:

  • Ketersediaan tukang pasang keramik
  • Waktu pengerjaan
  • Kebutuhan tambahan, seperti pemasangan lis keramik atau nat

Tips Perawatan Keramik 60×60

Harga borongan pasang keramik 60x60

Merawat keramik 60×60 dengan benar sangat penting untuk menjaga tampilan dan daya tahannya. Berikut adalah beberapa tips perawatan yang dapat diikuti:

Pembersihan Rutin

Bersihkan keramik secara rutin menggunakan kain pel yang lembut dan deterjen khusus keramik. Hindari menggunakan bahan pembersih yang keras atau abrasif, karena dapat menggores permukaan keramik.

Penggunaan Jenis Pembersih

Gunakan pembersih khusus keramik yang memiliki pH netral. Pembersih asam atau basa dapat merusak permukaan keramik.

Frekuensi Pembersihan, Harga borongan pasang keramik 60×60

Frekuensi pembersihan tergantung pada intensitas penggunaan keramik. Untuk area dengan lalu lintas tinggi, bersihkan setiap hari. Untuk area dengan lalu lintas rendah, bersihkan beberapa kali seminggu.

Penanganan Noda

Jika terjadi noda, segera bersihkan menggunakan kain lembut dan air. Jika noda membandel, gunakan pembersih khusus noda keramik. Hindari menggunakan pemutih atau bahan kimia keras.

Kerusakan Keramik

Jika keramik rusak, segera perbaiki untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Gunakan lem khusus keramik atau epoxy untuk memperbaiki retak atau pecahan. Jika kerusakan parah, mungkin perlu mengganti keramik.

Tren Terbaru Pasang Keramik 60×60

Pasang keramik 60×60 terus berkembang, menampilkan teknik dan gaya baru yang memenuhi kebutuhan estetika dan fungsional yang beragam. Tren terbaru ini menggabungkan inovasi teknologi dengan pendekatan desain kontemporer, menghasilkan hasil yang menakjubkan dan tahan lama.

Harga borongan pasang keramik 60×60 berkisar antara Rp 60.000 hingga Rp 80.000 per meter persegi, tergantung pada jenis keramik dan tingkat kesulitan pemasangan. Sementara itu, harga borongan cor dak bondek per m2 berada di kisaran Rp 200.000 hingga Rp 250.000, dipengaruhi oleh ketebalan dak dan jenis bondek yang digunakan.

Kembali ke harga borongan pasang keramik 60×60, harga tersebut sudah termasuk biaya material dan jasa pemasangan.

Salah satu tren yang sedang naik daun adalah penggunaan pola geometris yang rumit. Keramik 60×60 memungkinkan terciptanya pola yang lebih besar dan lebih kompleks, memberikan kesan visual yang dinamis dan modern. Teknik pemasangan herringbone dan chevron juga menjadi populer, menambahkan sentuhan keanggunan dan kemewahan pada ruang.

Teknik Pemasangan Tanpa Nat

Tren penting lainnya adalah teknik pemasangan tanpa nat. Metode ini menghilangkan garis nat tradisional, menciptakan permukaan keramik yang mulus dan tidak terputus. Hal ini tidak hanya memberikan tampilan yang lebih bersih dan estetis tetapi juga meningkatkan kebersihan dan kemudahan perawatan.

Untuk mempercantik hunian, pemasangan keramik berukuran 60×60 dapat menjadi pilihan. Harga borongan pasang keramik jenis ini berkisar antara Rp60.000 hingga Rp80.000 per meter persegi. Jika ingin membangun rumah secara borongan, harga borongan rumah per meter terima kunci berkisar antara Rp1,5 juta hingga Rp2,5 juta.

Sementara itu, untuk pasang keramik 60×60 dengan jasa tukang berpengalaman, harga borongan yang ditawarkan umumnya mulai dari Rp75.000 per meter persegi.

Permukaan Keramik Bertekstur

Permukaan keramik bertekstur menjadi pilihan populer karena menambah kedalaman dan karakter pada ruang. Tekstur alami seperti kayu atau batu dapat ditiru dengan keramik 60×60, menciptakan ilusi material alami dengan daya tahan dan kemudahan perawatan keramik.

Harga borongan pasang keramik 60×60 berkisar antara Rp 60.000 hingga Rp 100.000 per meter persegi. Harga ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk kerumitan desain, lokasi pemasangan, dan harga borongan tenaga tukang per meter . Biaya tenaga tukang biasanya berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 60.000 per meter persegi.

Dengan demikian, harga total pasang keramik 60×60 dapat bervariasi tergantung pada kondisi spesifik proyek.

Warna-Warna Netral dan Bersahaja

Dalam hal warna, warna-warna netral dan bersahaja seperti putih, abu-abu, dan krem mendominasi tren. Warna-warna ini menciptakan kanvas yang serbaguna untuk berbagai gaya dekorasi dan memungkinkan penambahan aksen warna yang lebih cerah.

Ukuran Keramik yang Lebih Besar

Tren terakhir yang patut diperhatikan adalah penggunaan ukuran keramik yang lebih besar. Keramik 60×60 memberikan ilusi ruang yang lebih luas dan mengurangi jumlah garis nat, menghasilkan tampilan yang lebih kohesif dan elegan.

Harga Terbaru 2024: Harga Borongan Pasang Keramik 60×60

Harga borongan pasang keramik 60×60 mengalami penyesuaian pada tahun 2024. Biaya pemasangan dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk jenis keramik, luas area yang akan dipasang, dan tingkat kesulitan pemasangan.

Jenis Keramik

  • Keramik polos: Rp 30.000 – Rp 40.000 per meter persegi
  • Keramik motif: Rp 35.000 – Rp 45.000 per meter persegi
  • Keramik granite: Rp 40.000 – Rp 50.000 per meter persegi

Luas Area Pemasangan

Luas area pemasangan juga berpengaruh pada harga borongan. Semakin luas area yang akan dipasang, maka harga per meter persegi cenderung lebih murah.

Tingkat Kesulitan Pemasangan

Tingkat kesulitan pemasangan keramik juga mempengaruhi harga. Pemasangan pada area yang sulit, seperti dinding yang tidak rata atau area yang sempit, akan dikenakan biaya tambahan.

Catatan

Harga yang tertera di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada lokasi, ketersediaan bahan, dan tukang yang digunakan.

Pemungkas

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, Anda dapat memperoleh harga borongan pasang keramik 60×60 yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan penyedia jasa yang terpercaya untuk mendapatkan informasi dan penawaran terbaik.

FAQ dan Informasi Bermanfaat

Apakah ada perbedaan harga untuk jenis keramik yang berbeda?

Ya, jenis keramik yang berbeda dapat memengaruhi harga borongan. Keramik porselen dan granit umumnya lebih mahal dibandingkan keramik biasa.

Bagaimana cara menghemat biaya pemasangan keramik?

Salah satu cara menghemat biaya adalah dengan membeli keramik dalam jumlah besar. Anda juga dapat bernegosiasi dengan penyedia jasa untuk mendapatkan harga yang lebih baik.

Apa saja hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang keramik?

Sebelum memasang keramik, pastikan permukaan yang akan dipasang sudah rata dan bersih. Anda juga perlu menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan, seperti lem keramik, nat, dan alat potong.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *