Harga Borongan Plafon PVC Per Meter, Panduan Lengkap

5 min read

Harga borongan plafon PVC per meter menjadi pertimbangan penting dalam merencanakan renovasi atau pembangunan rumah. Material plafon PVC yang ringan dan tahan lama ini semakin populer karena harganya yang relatif terjangkau. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang harga borongan plafon PVC per meter, jenis-jenisnya, cara pemasangan, perawatan, dan pertimbangan penting lainnya.

Faktor-faktor yang memengaruhi harga plafon PVC per meter antara lain ketebalan, merek, dan jenis permukaan. Pasaran saat ini menawarkan berbagai pilihan jenis plafon PVC, seperti polos, bermotif, dan anti air. Tren harga plafon PVC per meter di tahun 2024 diprediksi akan tetap stabil dengan potensi kenaikan yang tidak signifikan.

Harga Borongan Plafon PVC Per Meter

Harga borongan plafon pvc per meter

Harga borongan plafon PVC per meter bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti jenis PVC, ketebalan, dan merek. Artikel ini akan membahas faktor-faktor yang memengaruhi harga, membandingkan harga berbagai jenis dan merek, serta memberikan informasi tentang tren harga terbaru.

Faktor-faktor yang Memengaruhi Harga

  • Jenis PVC:PVC tersedia dalam berbagai jenis, seperti PVC solid, PVC berlubang, dan PVC anti api. PVC solid lebih mahal daripada PVC berlubang, sedangkan PVC anti api memiliki harga tertinggi.
  • Ketebalan:Ketebalan PVC juga memengaruhi harga. Semakin tebal PVC, semakin mahal harganya.
  • Merek:Merek juga dapat memengaruhi harga. Merek-merek ternama biasanya lebih mahal daripada merek-merek yang kurang dikenal.
  • Biaya Pemasangan:Biaya pemasangan plafon PVC juga dapat bervariasi tergantung pada kerumitan pemasangan dan biaya tenaga kerja di daerah tersebut.

Perbandingan Harga Berbagai Jenis dan Merek

Harga borongan plafon PVC per meter bervariasi tergantung pada jenis dan merek. Berikut perbandingan harga beberapa jenis dan merek populer:

Jenis PVC Ketebalan (mm) Merek Harga (Rp/m2)
PVC Solid 8 Aplafon 120.000

150.000

PVC Berlubang 6 Wilton 90.000

Harga borongan plafon PVC per meter bervariasi tergantung jenis dan ketebalan bahan. Namun, rata-rata berkisar antara Rp 40.000 hingga Rp 80.000. Di sisi lain, harga borongan plester aci juga beragam, tergantung jenis acian dan tingkat kesulitan pekerjaan. Meski begitu, plafon PVC umumnya lebih mahal dibandingkan plester aci, karena membutuhkan material dan keahlian khusus.

120.000

PVC Anti Api 10 Gypsum 180.000

220.000

Tren Harga Terbaru

Tren harga plafon PVC per meter menunjukkan kenaikan yang stabil dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya permintaan dan terbatasnya pasokan bahan baku. Diperkirakan tren ini akan terus berlanjut di tahun 2024.

Jenis Plafon PVC: Harga Borongan Plafon Pvc Per Meter

Harga borongan plafon pvc per meter

Plafon PVC hadir dalam berbagai jenis, masing-masing dengan karakteristik dan keunggulan unik. Memilih jenis plafon PVC yang tepat sangat penting untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi spesifik.

Tipe Plafon PVC

  • PVC Biasa: Jenis plafon PVC yang paling umum dan ekonomis, dengan permukaan polos dan halus. Menawarkan daya tahan yang baik dan mudah dipasang.
  • PVC Anti Rayap: Plafon PVC yang diformulasikan dengan bahan anti rayap, memberikan perlindungan tambahan dari serangan hama. Ideal untuk area yang rentan terhadap rayap.
  • PVC Akustik: Plafon PVC dengan desain berlubang atau bertekstur yang menyerap suara. Membantu mengurangi kebisingan dan menciptakan lingkungan yang lebih tenang.
  • PVC Glossy: Plafon PVC dengan permukaan mengkilap yang memantulkan cahaya. Menciptakan tampilan yang mewah dan modern, cocok untuk area yang membutuhkan pencahayaan lebih terang.
  • PVC Doff: Plafon PVC dengan permukaan matte yang menyerap cahaya. Menciptakan suasana yang lebih hangat dan nyaman, cocok untuk kamar tidur atau ruang tamu.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon PVC

Kelebihan:

Harga borongan plafon PVC per meter bervariasi tergantung jenis dan ketebalannya. Namun, umumnya berkisar antara Rp25.000 hingga Rp50.000. Sementara itu, untuk pekerjaan cor beton manual, harga borongannya juga bervariasi berdasarkan lokasi dan jenis beton yang digunakan. Seperti yang dilansir harga borongan cor beton manual , biaya pengerjaannya sekitar Rp150.000

hingga Rp250.000 per meter kubik. Kembali ke harga borongan plafon PVC, faktor yang memengaruhi harga adalah biaya material dan upah tukang.

  • Tahan air dan kelembaban
  • Tahan rayap dan hama
  • Ringan dan mudah dipasang
  • Tersedia dalam berbagai warna dan desain
  • Harga terjangkau

Kekurangan:

  • Dapat melengkung atau berubah bentuk jika terpapar panas berlebihan
  • Beberapa jenis plafon PVC dapat menguning seiring waktu
  • Kurang tahan api dibandingkan bahan plafon lainnya

Memilih Jenis Plafon PVC yang Tepat

Saat memilih jenis plafon PVC, pertimbangkan faktor-faktor berikut:

  • Area Penggunaan: Pertimbangkan area di mana plafon akan dipasang, apakah area tersebut lembab, rentan terhadap rayap, atau membutuhkan pengurangan kebisingan.
  • Desain Interior: Sesuaikan jenis plafon PVC dengan gaya dan skema warna interior yang ada.
  • Anggaran: Pertimbangkan biaya material dan pemasangan untuk setiap jenis plafon PVC.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, Anda dapat memilih jenis plafon PVC yang memenuhi kebutuhan dan preferensi spesifik Anda.

Harga borongan plafon PVC per meter berkisar antara Rp30.000 hingga Rp50.000. Biaya ini dipengaruhi oleh jenis dan ketebalan bahan yang digunakan. Sebagai perbandingan, harga borongan cor dak plus material berkisar antara Rp400.000 hingga Rp600.000

per meter persegi. Meski lebih mahal, cor dak memiliki keunggulan dalam hal kekuatan dan daya tahan yang lebih baik dibandingkan plafon PVC.

Cara Memasang Plafon PVC

Memasang plafon PVC merupakan solusi praktis untuk mempercantik hunian dengan tampilan yang modern dan rapi. Material PVC yang ringan dan mudah dibentuk memungkinkan pemasangan yang cepat dan efisien.

Berikut langkah-langkah yang perlu diikuti untuk memasang plafon PVC:

Alat dan Bahan

  • Plafon PVC
  • Rangka hollow
  • Skrup
  • Paku beton
  • Gergaji besi
  • Obeng
  • Palang

Pemasangan Rangka

Pasang rangka hollow pada langit-langit menggunakan paku beton. Jarak antar rangka sekitar 40-60 cm.

Harga borongan plafon PVC per meter terbilang terjangkau, berkisar antara Rp35.000 hingga Rp50.000. Beralih ke bagian atas bangunan, harga borongan cor dak bondek per m2 mencapai Rp250.000 hingga Rp350.000. Meskipun lebih tinggi, namun dak bondek menawarkan ketahanan dan kekuatan struktural yang mumpuni.

Kembali ke plafon, pemasangan plafon PVC menawarkan estetika modern dan mudah perawatan, menjadikannya pilihan populer untuk rumah maupun bangunan komersial.

Pemasangan Plafon PVC

Potong plafon PVC sesuai ukuran yang dibutuhkan menggunakan gergaji besi. Pasang plafon PVC pada rangka hollow menggunakan skrup. Pastikan jarak antar skrup sekitar 20-30 cm.

Harga borongan plafon PVC per meter saat ini berada di kisaran Rp50.000 hingga Rp75.000, tergantung jenis dan ketebalannya. Namun, jika Anda berencana membangun rumah 2 lantai, perhitungan biaya per meter persegi (m2) menjadi lebih kompleks. Harga borongan rumah 2 lantai per m2 bisa sangat bervariasi tergantung pada lokasi, ukuran, dan spesifikasi bangunan.

Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan kontraktor yang berpengalaman untuk mendapatkan perkiraan biaya yang akurat, termasuk biaya plafon PVC yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Finishing

Setelah semua plafon PVC terpasang, lakukan finishing dengan menutupi sambungan menggunakan palang. Palang dapat dipasang menggunakan paku atau lem.

Perawatan Plafon PVC

Perawatan yang tepat dapat memperpanjang umur plafon PVC dan menjaga tampilannya tetap menarik. Berikut adalah panduan untuk membersihkan dan merawat plafon PVC:

Pembersihan

  • Gunakan kain lembut atau spons yang sedikit dibasahi dengan air hangat.
  • Hindari penggunaan bahan kimia keras atau deterjen karena dapat merusak permukaan PVC.
  • Untuk noda membandel, gunakan larutan pembersih ringan seperti cuka putih atau alkohol gosok.

Perawatan

Selain pembersihan rutin, ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan untuk merawat plafon PVC:

  • Hindari paparan sinar matahari langsung yang berlebihan, karena dapat menyebabkan perubahan warna.
  • Periksa plafon secara teratur untuk mencari tanda-tanda kerusakan atau retakan, dan perbaiki segera.
  • Jika plafon PVC mengalami kerusakan, segera hubungi ahli perbaikan profesional untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Masalah Umum dan Solusinya

  • Perubahan warna:Paparan sinar matahari langsung atau bahan kimia tertentu dapat menyebabkan perubahan warna. Gunakan cat khusus PVC untuk memperbaiki masalah ini.
  • Retakan:Retakan kecil dapat diperbaiki menggunakan lem khusus PVC. Untuk retakan yang lebih besar, diperlukan penggantian panel.
  • Noda:Noda yang membandel dapat dihilangkan menggunakan larutan pembersih yang lebih kuat, seperti aseton atau alkohol isopropil.

Memperpanjang Umur Plafon PVC, Harga borongan plafon pvc per meter

Dengan perawatan dan pemeliharaan yang tepat, plafon PVC dapat bertahan selama bertahun-tahun. Berikut adalah beberapa tips untuk memperpanjang umur plafon PVC:

  • Bersihkan plafon secara teratur untuk menghilangkan debu dan kotoran.
  • Periksa plafon secara teratur untuk mencari tanda-tanda kerusakan dan perbaiki segera.
  • Hindari paparan sinar matahari langsung yang berlebihan dan gunakan penutup atau tirai untuk melindungi plafon.

Pertimbangan Penting

Sebelum menentukan pemasok plafon PVC, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor berikut:

Perbandingan Harga

Membandingkan harga dari berbagai pemasok dapat membantu Anda mendapatkan penawaran terbaik. Pertimbangkan faktor-faktor seperti jenis plafon PVC, ketebalan, dan ukuran. Anda dapat membuat tabel untuk membandingkan harga secara lebih mudah.

Kualitas dan Reputasi

Pastikan untuk memilih pemasok yang menawarkan plafon PVC berkualitas tinggi. Periksa reputasi mereka dengan membaca ulasan atau meminta referensi. Reputasi yang baik mengindikasikan bahwa pemasok tersebut dapat diandalkan dan menyediakan produk berkualitas.

Garansi dan Dukungan

Garansi memberikan ketenangan pikiran dan perlindungan dari cacat produksi. Pilih pemasok yang menawarkan garansi komprehensif. Dukungan pelanggan yang baik juga penting untuk memastikan bahwa Anda dapat memperoleh bantuan jika diperlukan.

Pengalaman dan Keahlian

Pemasok yang berpengalaman dan ahli dalam bidang plafon PVC akan dapat memberikan saran yang tepat dan memastikan pemasangan yang profesional. Carilah pemasok yang memiliki pengalaman terbukti dan memahami kebutuhan spesifik Anda.

Tips Mendapatkan Penawaran Terbaik

  • Dapatkan penawaran dari beberapa pemasok.
  • Negosiasikan harga dan persyaratan.
  • Pertimbangkan pembelian dalam jumlah besar untuk mendapatkan diskon.
  • Manfaatkan penawaran dan promosi.

Penutupan Akhir

Memilih jenis plafon PVC yang tepat, memasang dengan benar, dan melakukan perawatan rutin akan memastikan plafon PVC bertahan lama dan mempercantik hunian Anda. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang memengaruhi harga, membandingkan penawaran dari berbagai pemasok, dan mendapatkan penawaran terbaik, Anda dapat menghemat biaya dan mendapatkan plafon PVC yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Informasi Penting & FAQ

Berapa kisaran harga borongan plafon PVC per meter?

Harga borongan plafon PVC per meter bervariasi tergantung faktor-faktor seperti ketebalan, merek, dan jenis permukaan. Umumnya, harga berkisar antara Rp25.000 hingga Rp50.000 per meter.

Apa jenis plafon PVC yang paling mahal?

Plafon PVC anti air cenderung lebih mahal karena memiliki lapisan tambahan yang membuatnya tahan terhadap air dan kelembapan.

Apakah plafon PVC memerlukan perawatan khusus?

Tidak, plafon PVC cukup mudah dibersihkan dan dirawat. Cukup lap dengan kain lembap dan hindari menggunakan bahan kimia keras.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *