Permen PUPR Tentang Pembangunan Gedung Negara

1 min read

Hallo sobat Tekniksipil, sehat semua kan? Ada berita baru nih buat temen temen BIM engineer di seluruh tanah air. Sebagian dari kalian mungkin sudah tau, namun yang belum tahu ada baiknya mengunduh dan mempelajari Permen PUPR terbaru ini tentang pembangunan bangunan gedung milik negara.

Pembangunan infrastruktur merupakan bagian penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu peraturan yang mengatur pembangunan bangunan gedung negara di Indonesia adalah Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 22/PRT/M/2018.

Jika teman teman ingin mendownload berkas permen tersebut, bisa teman teman kunjungi official website Kementrian PUPR Disini, atau juga bisa mendowloadnya melalui tautan berikut : PermenPUPR22-2018

Peraturan ini, yang berlaku sejak tahun 2018, memiliki tujuan untuk mengatur prosedur, standar, dan persyaratan dalam pembangunan bangunan gedung negara.

permen PUPR 2018

Salah satu poin krusial yang diatur dalam peraturan ini adalah tahapan perencanaan pembangunan. Proses perencanaan yang matang menjadi dasar keberhasilan sebuah proyek pembangunan.

Oleh karena itu, peraturan ini mengharuskan adanya studi kelayakan yang menyeluruh sebelum memulai proyek. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa proyek tersebut sesuai dengan kebutuhan dan mampu memberikan manfaat maksimal kepada masyarakat.

Tipe Dokumen Peraturan Perundang-undangan
Judul Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 22/PRT/M/2018 Tahun 2018 tentangPeraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 22/PRT/M/2018 Tentang Pembangunan Bangunan Gedung Negara
T.E.U. Badan / Pengarang Indonesia.Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Nomor 22/PRT/M/2018
Jenis Peraturan Peraturan Menteri
Singkatan Jenis Permen
Tempat Penetapan
Tanggal Ditetapkan 14 September 2018
Tanggal Pengundangan 15 Oktober 2018
Sumber
Subjek
Status
Bahasa
Lokasi
Bidang Hukum
Abstrak

 

Keterangan Status
Status Mencabut
Nomor Peraturan 45/PRT/M/2007
Tentang Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 45/PRT/M/2007 Tahun 2007 tentangPedoman Teknis Pembangunan Bangunan Gedung Negara
Tanggal Pengundangan

Selain itu, peraturan PUPR ini juga menetapkan standar keamanan dan kualitas bangunan gedung negara. Standar ini mencakup segala aspek, mulai dari desain struktur bangunan hingga bahan konstruksi yang digunakan.

Penetapan standar ini bertujuan untuk memastikan bahwa bangunan yang dibangun memiliki ketahanan dan daya tahan yang optimal, sehingga dapat digunakan dengan aman dan nyaman oleh pengguna.

Aspek lingkungan juga menjadi perhatian dalam peraturan ini. Pembangunan yang ramah lingkungan menjadi salah satu fokus utama, termasuk penerapan teknologi hijau dan pengelolaan limbah yang efisien.

Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan meminimalkan dampak negatif pembangunan terhadap ekosistem sekitar.

Baca Juga :
related Mengenal BIM (Building Information Modelling)
related Perpen Implementasi BIM di Proyek Negara

Seiring dengan perkembangan zaman, peraturan ini juga dapat mengalami perubahan. Oleh karena itu, penting untuk tetap mengikuti perkembangan informasi terkait peraturan pembangunan bangunan gedung negara agar dapat turut serta dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dengan pemahaman yang baik, diharapkan masyarakat dapat turut aktif dalam menjaga kualitas pembangunan infrastruktur negara demi masa depan yang lebih baik.

Sumber : https://jdih.pu.go.id/

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *