Tabel Baja (PDF) Lengkap untuk Perhitungan Struktur

10 min read

⏩ Download tabel baja pdf terlengkap disini⭐ Daftar tabel baja berbagai jenis dan ukuran untuk perhitungan struktur⭐

Apakah Anda sedang merencanakan untuk membangun struktur baja? Pada artikel ini, Anda akan menemukan informasi yang sangat berguna tentang tabel baja lengkap yang mencakup profil dan berat jenis baja sesuai dengan standar SNI. Informasi ini akan membantu Anda dalam mengetahui karakteristik dan spesifikasi baja yang tepat untuk konstruksi.

Baja adalah salah satu bahan konstruksi yang paling umum digunakan dalam pembangunan struktur, baik itu gedung, jembatan, maupun konstruksi lainnya. Untuk memastikan kekuatan dan kestabilan struktur bangunan, pilihan baja yang tepat sangat penting.

Pada tabel baja lengkap ini, Anda akan menemukan berbagai jenis profil baja dan berat jenisnya. Selain itu, informasi tentang spesifikasi baja yang sering digunakan dalam konstruksi juga tersedia lengkap.

Dengan memahami informasi dalam tabel baja lengkap ini, Anda akan mudah memilih baja yang tepat sesuai dengan kebutuhan konstruksi Anda.

tabel baja
Contoh tabel baja

Pokok Pembahasan:

  • Tabel baja lengkap mencakup profil dan berat jenis baja sesuai dengan standar SNI.
  • Memilih baja yang tepat sangat penting untuk memastikan kekuatan dan kestabilan struktur bangunan.
  • Tabel baja lengkap membantu Anda dalam memilih baja yang tepat sesuai dengan kebutuhan konstruksi Anda.
  • Informasi tentang spesifikasi baja yang sering digunakan dalam konstruksi juga tersedia dalam tabel.
  • Dengan memahami informasi dalam tabel baja lengkap, Anda akan mudah memilih baja yang tepat dan sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Tabel Baja Konstruksi Lengkap

Bagian ini berisi tabel baja lengkap yang mencakup profil dan berat jenis baja sesuai dengan standar SNI. Informasi ini sangat berguna untuk mengetahui karakteristik dan spesifikasi baja yang digunakan dalam konstruksi.

Nama Baja Profil Berat Jenis Spesifikasi
Baja Ringan Wan IWF, H-Beam, Pipa Baja 7.85 g/cm³ SN 490 A/B/C, G3101 SS490, A572 Gr.50
Baja Sedang Wan IWF, H-Beam, Pipa Baja, CNP, UNP 7.85 g/cm³ SN 490 A/B/C, G3101 SS490, A572 Gr.50
Baja Berat Wan IWF, H-Beam, Pipa Baja, CNP, UNP 7.85 g/cm³ SN 490 A/B/C, G3101 SS490, A572 Gr.50
Baja Beton Besi Beton Polos, Beton Ulir 7.85 g/cm³ Baja Tulangan, G3101 SS400, A615 Gr.40/60

Daftar tabel diatas hanyalah gambaran kecil dari tabel baja konstruksi yang ada, jika anda ingin memilikinya secara lengkap, anda bisa mendownloadnya melalui tautan berikut ini : Download Tabel Baja Pdf.

Disclaimer: Tabel baja pdf diatas merupakan arsip yang dibuat oleh bapak Benyamin Ndu Ufi yang memiliki website di www.nduufi.wordpress.com yang kebetulan disebarluaskan secara gratis di internet dan kebetulan website beliau sedang tidak aktif sehingga kami berusaha mempublikasikan ulang karya beliau dengan meminta izin kepada beliau melalui alamat email pribadinya.

Perlu diingat bahwa profil dan spesifikasi baja yang digunakan dalam konstruksi harus memenuhi standar dan persyaratan yang ditetapkan. Tabel baja lengkap diatas dapat membantu Anda dalam memilih baja yang tepat untuk kebutuhan konstruksi Anda.

Cara Membaca Tabel Baja Untuk Perhitungan Struktur

cara membaca tabel baja

Tabel baja seringkali menyajikan informasi penting tentang dimensi, panjang, berat, dan spesifikasi baja yang tersedia di pasaran. Dibawah ini akan coba kami sajikan panduan langkah demi langkah tentang cara membaca tabel baja, beserta contoh ilustrasinya:

  • Langkah 1: Identifikasi Profil Baja

Pertama-tama, perhatikan profil baja yang terdaftar di tabel. Profil biasanya ditandai dengan huruf dan angka. Contoh “WF 100 x 50 x 5 x 7” menunjukkan profil “WF,” yang mengindikasikan bahwa baja tersebut memiliki bentuk W dan F yang sesuai dengan spesifikasi tertentu.

  • Langkah 2: Ukuran Baja

Langkah berikutnya adalah memahami dimensi baja. Angka-angka pertama mengacu pada tinggi dan lebar baja. Misalnya, dalam “WF 100 x 50,” “100” adalah tinggi baja, dan “50” adalah lebarnya. Ini membantu Anda memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan konstruksi Anda.

  • Langkah 3: Ketebalan Baja

Angka berikutnya dalam “WF 100 x 50 x 5 x 7” adalah ketebalan baja. Dalam contoh ini, “5” mengindikasikan ketebalan baja. Ketebalan ini adalah faktor penting dalam menentukan kekuatan dan daya tahan baja dalam aplikasi tertentu.

  • Langkah 4: Tebal Sayap

Terkahir, angka terakhir, dalam kasus ini “7,” mengacu pada tebal sayap baja. Informasi ini berguna untuk menentukan stabilitas dan daya dukung baja dalam konstruksi.

  • Contoh Ilustrasi: Mari kita ambil contoh dari tabel baja:

Profil Baja: WF 100 x 50 x 5 x 7

Ukuran Baja: Tinggi = 100 mm, Lebar = 50 mm

Ketebalan Baja: 5 mm

Tebal Sayap Baja: 7 mm

Spesifikasi Baja untuk Konstruksi Bangunan

baja konstruksi

Dalam konstruksi bangunan, spesifikasi baja yang digunakan harus memenuhi standar yang ditetapkan untuk memastikan kekuatan dan kestabilan struktur. Jenis baja struktural yang sering digunakan meliputi baja WF, H-beam, dan plat.

Baja WF mempunyai bentuk menyerupai huruf “W” dengan bervariasi ukuran dan ketebalan. Jenis baja ini sangat populer karena kekuatan dan kestabilannya dalam berbagai aplikasi.

H-beam adalah jenis baja struktural dengan bentuk menyerupai huruf “H”. Baja ini sangat umum digunakan dalam konstruksi bangunan karena keamanan dan kehandalannya.

Plat baja merupakan jenis baja struktural yang paling sering digunakan dalam konstruksi. Jenis baja ini terbuat dari bahan plat dan tersedia dalam berbagai jenis dan ketebalan yang berbeda.

  • Spesifikasi Baja WF
Ukuran (mm) Teori Berat (kg/m) Area Penampang (cm2)
200 x 100 x 5,7 x 8 24,8 31,7
250 x 125 x 6,9 x 9 37,3 47,7
300 x 150 x 7,1 x 10,6 52,4 67,1
  • Spesifikasi Baja H-Beam
Ukuran (mm) Teori Berat (kg/m) Area Penampang (cm2)
200 x 200 x 8 x 12 50,5 64,3
300 x 300 x 10 x 15 94,5 120,6
400 x 400 x 13 x 21 172 219,6
  • Spesifikasi Plat Baja
Ketebalan (mm) Ukuran (mm) Berat (kg/m2)
5 1200 x 2400 117
6 1200 x 2400 141
8 1200 x 2400 188

Berdasarkan spesifikasi baja yang telah disebutkan, banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih jenis baja struktural yang tepat untuk konstruksi bangunan. Dalam hal ini, pastikan Anda memilih baja struktural yang memenuhi standar dan spesifikasi yang ditetapkan.

Berat Jenis Baja untuk Konstruksi Bangunan

Berat jenis baja merupakan faktor penting dalam konstruksi bangunan. Berat jenis yang tepat akan memastikan kestabilan dan kekuatan struktur bangunan. Berikut adalah tabel berat jenis baja untuk beberapa jenis baja struktural yang sering digunakan dalam konstruksi:

Baja Struktural Berat Jenis (kg/m3)
Baja Canai Panas 7.850
Baja Canai Dingin 7.800
Baja Karbon 7.850
Baja Tahan Karat 7.900

Perlu diperhatikan bahwa harga baja juga dapat dipengaruhi oleh berat jenisnya. Oleh karena itu, pemilihan berat jenis baja yang tepat dapat membantu mengoptimalkan anggaran konstruksi Anda.

Jenis Baja Struktural Populer untuk Konstruksi Bangunan

Beberapa jenis baja struktural sangat populer dalam konstruksi bangunan. Berikut adalah beberapa jenis baja struktural dan spesifikasinya yang paling sering digunakan:

  • Baja Canai Panas (Hot Rolled Steel) – baja ini dihasilkan dari proses pemanasan dan pembentukan ulang logam pada suhu tinggi, memiliki kekuatan yang baik dan relatif murah.
  • Baja Canai Dingin (Cold Rolled Steel) – baja ini dihasilkan dari proses penggulungan ulang logam pada suhu kamar, sehingga memiliki toleransi dimensi yang baik dan permukaan yang lebih mulus.
  • Baja Karbon (Carbon Steel) – baja ini mengandung karbon dalam jumlah tertentu, memiliki kekuatan tarik yang tinggi dan mudah dibentuk.
  • Baja Tahan Karat (Stainless Steel) – baja ini mengandung minimal 10,5 persen kromium dan tahan korosi, sangat ideal untuk penggunaan di lingkungan dengan paparan air atau kelembaban tinggi.

Memilih jenis baja yang tepat untuk konstruksi bangunan sangat penting untuk memastikan kekuatan dan kestabilan struktur. Pastikan Anda mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk berat jenis dan spesifikasi baja profil harga untuk memilih baja yang terbaik untuk kebutuhan konstruksi Anda.

Berat Jenis Baja dan Pengaruhnya pada Konstruksi

Berat jenis baja merupakan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam konstruksi bangunan. Berat jenis baja menunjukkan berapa banyak massa baja per unit volume, dan pengaruhnya pada kekuatan dan kestabilan struktur bangunan. Oleh karena itu, penting untuk memilih jenis baja dengan berat jenis yang sesuai dengan kebutuhan konstruksi Anda.

Spesifikasi Baja Struktural yang Sering Digunakan

Berikut adalah spesifikasi baja struktural yang sering digunakan dalam konstruksi bangunan:

Jenis Baja Struktural Spesifikasi
SNI 07-2052 Baja profil bulat (round bar), baja profil kotak (square bar), baja kotak (hollow section), dan lain-lain.
SNI 2052-2010 Baja profil I (I-beam), baja profil WF (wide flange), baja profil H (H-beam), dan lain-lain.
SNI 2052-2014 Baja profil CNP (lip channel), baja profil UNP (U-channel), baja plat (plate), dan lain-lain.

Memiliki pengetahuan tentang spesifikasi baja struktural yang sering digunakan sangat penting dalam memilih baja yang tepat untuk konstruksi bangunan.

Jenis baja struktural yang tersedia di pasaran memiliki berbagai macam berat jenis. Contoh beberapa jenis baja struktural dan berat jenisnya adalah sebagai berikut:

Jenis Baja Berat Jenis (kg/m3)
Baja Karbon 7850
Baja Paduan 7850
Baja Stainless 7900
Baja Galvanis 7850

Selain itu, keuntungan dan kerugian dari berbagai jenis baja struktural terkait dengan berat jenisnya. Misalnya, baja karbon memiliki berat jenis yang relatif rendah, sehingga cocok digunakan pada konstruksi bangunan yang memerlukan bahan dengan kekuatan tinggi dan berat yang ringan. Sebaliknya, baja stainless memiliki berat jenis yang lebih tinggi daripada baja karbon, namun memiliki ketahanan korosi yang lebih baik.

Ketika memilih baja untuk konstruksi bangunan, selain mempertimbangkan berat jenis, Anda juga harus memperhatikan profil baja dan spesifikasi baja. Profil baja dan spesifikasi baja yang sesuai dapat membantu memastikan kekuatan dan kestabilan struktur bangunan yang diinginkan.

Selain itu, faktor harga baja atau profil baja juga perlu diperhatikan agar sesuai dengan anggaran konstruksi yang tersedia.

Perbandingan Profil Baja untuk Keperluan Konstruksi

Dalam memilih profil baja untuk konstruksi, sangat penting untuk memperhatikan spesifikasi dan penggunaan yang direkomendasikan untuk setiap jenis profil. Berikut adalah perbandingan profil baja yang akan membantu Anda dalam memilih profil baja yang sesuai dengan kebutuhan konstruksi Anda:

Profil Baja Spesifikasi Penggunaan
WF Ketinggian 300-700mm, lebar 100-200mm Bangunan tinggi dan luas
H-beam Ketinggian 100-500mm, lebar 100-300mm Bangunan dengan beban berat seperti jembatan dan pelabuhan
CNP Dimensi 40x20mm – 200x100mm, ketebalan 1.6mm – 7.0mm Bangunan ringan seperti atap dan rangka plafon
UNP Ketinggian 50-400mm, lebar 38-100mm Bangunan dengan beban sedang seperti tangki air dan konstruksi atap

Dari tabel di atas, dapat dilihat bahwa setiap profil baja memiliki spesifikasi dan penggunaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami spesifikasi dan kebutuhan konstruksi sebelum memilih profil baja. Selain itu, harga baja juga perlu dipertimbangkan agar sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Mengapa Profil Baja Penting dalam Konstruksi

Profil baja adalah salah satu faktor penting dalam konstruksi. Profil baja merujuk pada bentuk dan dimensi baja, seperti persegi, bulat, I-beam, dan lainnya. Profil baja memiliki peran yang signifikan dalam menentukan kekuatan dan kestabilan struktur bangunan.

Baja struktural merupakan jenis baja yang digunakan dalam konstruksi bangunan. Spesifikasi baja struktural harus sesuai dengan standar yang ditetapkan agar memenuhi persyaratan keamanan dan kestabilan bangunan. Beberapa spesifikasi baja struktural yang sering digunakan dalam konstruksi bangunan antara lain SNI 07-2052, SNI 2052-2010, dan SNI 2052-2014.

Pentingnya Memilih Profil Baja yang Tepat

Menggunakan profil baja yang tepat adalah penting untuk memastikan kekuatan dan kestabilan bangunan. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih profil baja yang tepat antara lain:

  • Kekuatan Baja: Profil baja harus memiliki kekuatan yang cukup untuk menahan beban yang diterapkan pada bangunan.
  • Kestabilan Baja: Profil baja harus stabil dan tidak mudah bengkok atau melengkung saat digunakan dalam konstruksi.
  • Ukuran: Ukuran profil baja harus sesuai dengan konstruksi yang akan dilakukan.

Tips Memilih Baja yang Tepat untuk Konstruksi

memilih baja yang bagus

Dalam memilih baja untuk konstruksi, terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk memastikan kekuatan dan kestabilan struktur bangunan. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih baja yang tepat:

1. Perhatikan Spesifikasi Baja

Sesuaikan spesifikasi baja dengan kebutuhan konstruksi Anda. Pastikan bahwa baja yang Anda pilih sudah sesuai dengan standar SNI dan memiliki sertifikat keamanan. Jangan memilih baja yang lebih murah namun tidak memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.

2. Perhatikan Harga Baja Profil

Berbagai jenis baja profil memiliki harga yang berbeda-beda. Namun, jangan hanya memilih baja dengan harga paling murah. Pastikan bahwa bajanya memenuhi spesifikasi yang Anda butuhkan dan dapat menghasilkan struktur bangunan yang kuat dan stabil dalam jangka panjang.

3. Pilih Jenis Baja Struktural yang Sesuai

Pastikan Anda memilih jenis baja struktural yang sesuai dengan kebutuhan konstruksi Anda. Ada berbagai jenis baja struktural yang tersedia di pasaran, seperti baja WF, H-beam, dan IWF. Pilih jenis baja yang memiliki karakteristik sesuai dengan tujuan konstruksi Anda.

4. Pertimbangkan Berat Jenis Baja

Berat jenis baja dapat memengaruhi kekuatan dan kestabilan struktur bangunan. Pastikan Anda memilih berat jenis baja yang sesuai dengan beban dan kekuatan yang diperlukan untuk konstruksi Anda. Namun, jangan hanya memilih baja dengan berat jenis paling ringan karena hal ini juga dapat memengaruhi kekuatan struktur secara keseluruhan.

5. Gunakan Jasa Konsultan Konstruksi Profesional

Jika Anda tidak yakin dengan pemilihan baja yang tepat, lebih baik menggunakan jasa konsultan konstruksi profesional. Mereka akan membantu Anda dalam memilih baja yang sesuai dengan kebutuhan konstruksi Anda dan memastikan struktur bangunan yang kokoh dan aman.

Faktor Lain yang Perlu Diperhatikan dalam Konstruksi Baja

Selain profil dan berat jenis baja, ada beberapa faktor lain yang perlu diperhatikan dalam konstruksi baja. Faktor-faktor ini sangat penting karena dapat mempengaruhi kekuatan dan kestabilan struktur bangunan Anda.

  • Kekerasan Baja

Kekerasan baja mengacu pada kemampuan baja untuk menahan goresan dan penetrasi. Semakin tinggi kekerasan baja, semakin tahan terhadap goresan dan penetrasi, namun juga semakin rapuh. Oleh karena itu, dalam konstruksi bangunan, kekerasan baja harus disesuaikan dengan kebutuhan sehingga tidak terlalu rapuh dan tetap kuat.

  • Kekuatan Baja

Kekuatan baja mengacu pada kemampuan baja untuk menahan beban. Semakin tinggi kekuatan baja, semakin besar beban yang dapat ditahan oleh struktur bangunan. Namun, kekuatan baja dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti temperatur dan waktu pemuatan.

  • Pengaruh Temperatur

Suhu dapat mempengaruhi performa baja dalam konstruksi bangunan. Ketika baja terpapar suhu tinggi, kekuatan dan kekerasan baja dapat berkurang. Oleh karena itu, dalam memilih baja untuk konstruksi, perlu dipertimbangkan temperatur maksimum yang akan terjadi pada struktur bangunan.

  • Pengaruh Waktu Pemuatan

Waktu pemuatan dapat mempengaruhi performa baja dalam konstruksi. Jika beban yang diterima oleh struktur bangunan terus-menerus, dapat terjadi pergeseran atau deformasi pada baja. Oleh karena itu, dalam konstruksi bangunan, perlu dipertimbangkan waktu beban dan kemampuan baja untuk menahan beban dalam jangka waktu yang lama.

  • Pemilihan Baja yang Tepat

Memilih baja yang tepat untuk konstruksi adalah langkah penting dalam memastikan kekuatan dan kestabilan bangunan. Selain mempertimbangkan profil, berat jenis, kekerasan, kekuatan, temperatur, dan waktu pemuatan, penting juga untuk memperhatikan spesifikasi baja yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan anggaran konstruksi.

Pastikan untuk memilih baja dengan kualitas yang baik untuk memastikan struktur bangunan aman dan kokoh.

FAQ (Pertanyaan Umum)

1. Apa yang dimaksud dengan tabel baja?

Tabel baja adalah sebuyah tabel yang berisi daftar profil dan berat jenis baja konstruksi sesuai dengan standar SNI. Informasi ini berguna untuk mengetahui karakteristik dan spesifikasi baja yang digunakan dalam konstruksi.

2. Mengapa profil baja penting dalam konstruksi?

Profil baja memiliki peran yang signifikan dalam menentukan kekuatan dan kestabilan struktur bangunan. Informasi tentang spesifikasi baja yang sering digunakan dalam konstruksi juga akan ditemukan di sini.

3. Apa pengaruh berat jenis baja pada konstruksi?

Berat jenis baja mempengaruhi kekuatan dan kestabilan struktur bangunan. Bagian ini akan memberikan informasi tentang berat jenis baja untuk berbagai jenis baja struktural yang tersedia di pasaran, serta informasi tentang harga baja profil yang harus diperhatikan.

4. Apa isi tabel baja lengkap – profil dan spesifikasi baja SNI?

Tabel ini mencantumkan profil dan spesifikasi baja SNI yang penting untuk memilih baja yang tepat sesuai dengan kebutuhan konstruksi Anda. Tabel ini mencakup berbagai jenis profil baja, spesifikasinya, dan penggunaan yang direkomendasikan.

5. Apa saja spesifikasi baja untuk konstruksi bangunan?

Dalam bagian ini, Anda akan menemukan spesifikasi baja yang diperlukan untuk konstruksi bangunan. Anda akan mempelajari jenis-jenis baja struktural yang sering digunakan dalam konstruksi, serta spesifikasinya yang harus sesuai dengan standar yang ditetapkan.

6. Bagaimana berat jenis baja mempengaruhi konstruksi bangunan?

Berat jenis baja merupakan faktor kunci dalam menentukan stabilitas dan beban pada konstruksi bangunan. Bagian ini akan memberikan informasi tentang berat jenis baja untuk berbagai jenis baja struktural yang sering digunakan dalam konstruksi bangunan. Anda juga akan mendapatkan informasi tentang harga baja lengkap yang perlu dipertimbangkan.

7. Apa yang dimaksud dengan perbandingan profil baja?

Dalam bagian ini, Anda akan menemukan perbandingan profil baja untuk keperluan konstruksi. Anda akan mempelajari spesifikasi dan penggunaan yang direkomendasikan untuk masing-masing profil baja.

8. Apa tips memilih baja yang tepat untuk konstruksi?

Memilih baja yang tepat untuk konstruksi merupakan langkah penting dalam memastikan kekuatan dan kestabilan bangunan. Bagian ini akan memberikan tips dan panduan dalam memilih spesifikasi baja yang sesuai dengan kebutuhan konstruksi Anda, serta mempertimbangkan harga baja profil yang cocok dengan anggaran yang tersedia.

9. Apa saja faktor lain yang perlu diperhatikan dalam konstruksi baja?

Selain profil dan berat jenis baja, terdapat faktor-faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan dalam konstruksi baja. Bagian ini akan menjelaskan faktor-faktor tersebut, seperti kekerasan dan kekuatan baja, serta pengaruhnya terhadap konstruksi bangunan.

Baca Juga :
related Mengenal Lebih dalam Apa yang dimaksud dengan ‘Konstruksi’
related Belajar Apa itu BIM (Building Information Modeling) dalam Dunia Konstruksi

Demikianlah serangkaian artikel mengenai tabel baja SNI lengkap yang bisa Tekniksipil.id ulas untuk anda semuanya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, memilih baja yang tepat sangat penting dalam konstruksi bangunan.

Dari tabel baja lengkap yang mencakup profil dan berat jenis baja sesuai dengan standar SNI, Anda dapat mengetahui karakteristik dan spesifikasi baja yang digunakan dalam konstruksi.

Profil baja menjadi faktor penting dalam menentukan kekuatan dan kestabilan struktur bangunan. Selain itu, berat jenis baja juga perlu dipertimbangkan untuk menjamin stabilitas dan beban pada konstruksi.

Spesifikasi baja yang diperlukan untuk konstruksi bangunan termasuk jenis-jenis baja struktural yang sering digunakan, dan harus sesuai dengan standar yang ditetapkan. Anda juga harus mempertimbangkan harga baja profil yang sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Faktor-faktor lain seperti kekerasan dan kekuatan baja juga perlu Anda pertimbangkan dalam konstruksi baja.

Untuk memilih baja yang tepat untuk konstruksi, ada beberapa tips dan panduan yang dapat Anda ikuti, seperti mempertimbangkan spesifikasi baja dan harga baja profil.

Dengan memahami informasi penting ini, Anda akan dapat memilih baja yang tepat untuk konstruksi bangunan Anda, dan memastikan kekuatan dan kestabilan struktur bangunan terjamin dengan baik.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

7 Replies to “Tabel Baja (PDF) Lengkap untuk Perhitungan Struktur”

  1. Nemu juga tabel yang lengkap dan akurat. Sudah saya download PDF nya kak. Sangat membantu sekali untuk menyelesaikan laporan PKL saya. Sehat2 y kak azka

  2. Wow, mantap kak. Lengkap tabelnya. Super duper helpfully. Ty kak azka. sehat sehat ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *