Tarif Tol Mojokerto-Surabaya: Informasi Lengkap dan Terbaru 2024

4 min read

Tarif tol mojokerto surabaya – Mulai tahun 2024, perjalanan darat dari Mojokerto ke Surabaya akan semakin nyaman dan efisien dengan beroperasinya jalan tol Mojokerto-Surabaya. Untuk memberikan informasi lengkap dan terkini bagi pengguna jalan, berikut kami sajikan rincian tarif tol Mojokerto-Surabaya.

Tarif tol Mojokerto-Surabaya telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1175/KPTS/M/2022. Struktur tarif ini berlaku untuk semua golongan kendaraan, mulai dari golongan I hingga V.

Informasi Tarif Tol Mojokerto-Surabaya

Tarif tol mojokerto surabaya

Pemerintah telah menetapkan tarif baru untuk ruas Tol Mojokerto-Surabaya (Moro Surabaya) guna meningkatkan efisiensi dan optimalisasi layanan. Tarif terbaru ini berlaku mulai tanggal [tanggal berlaku].

Tarif tol ruas Mojokerto-Surabaya mengalami penyesuaian sejak 1 Januari 2023. Penyesuaian ini mengacu pada Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1493/KPTS/M/2022. Meski tarif tol naik, namun proses pengelasan yang diterapkan pada konstruksi jalan tol ini tetap mengutamakan kualitas dan keamanan.

Seperti metode GTAW ( Gas Tungsten Arc Welding ) yang memastikan sambungan las yang kuat dan tahan lama, sehingga mampu menopang beban lalu lintas yang tinggi pada ruas tol Mojokerto-Surabaya.

Struktur Tarif

Tarif Tol Moro Surabaya bervariasi tergantung pada golongan kendaraan dan jarak tempuh yang dilalui. Berikut rincian tarif untuk masing-masing golongan kendaraan:

  • Golongan I (Sedan, Jip, Pick Up/Truk Kecil, dan Bus): Rp 21.000,-
  • Golongan II (Truk dengan 2 Gandar): Rp 31.500,-
  • Golongan III (Truk dengan 3 Gandar): Rp 42.000,-
  • Golongan IV (Truk dengan 4 Gandar): Rp 52.500,-
  • Golongan V (Truk dengan 5 Gandar): Rp 63.000,-

Perbandingan Tarif

Dibandingkan dengan rute tol sebanding lainnya, tarif Tol Moro Surabaya tergolong kompetitif. Misalnya, untuk jarak tempuh yang sama, tarif Tol Surabaya-Gempol lebih mahal sekitar 10%.

Dampak Tarif Baru

Penerapan tarif baru diharapkan dapat meningkatkan pendapatan tol dan digunakan untuk pemeliharaan dan peningkatan infrastruktur. Selain itu, tarif baru juga diharapkan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dan memperlancar perjalanan masyarakat.

Tarif tol ruas Mojokerto-Surabaya mengalami penyesuaian. Tarif baru tersebut berlaku sejak 13 September 2023. Penyesuaian tarif ini dilakukan untuk menyesuaikan biaya operasional dan pemeliharaan jalan tol. Selain itu, pihak pengelola jalan tol juga tengah mempersiapkan pengoperasian jalan tol baru di wilayah Jawa Timur.

Di sisi lain, kemajuan teknologi turut mendorong inovasi di berbagai bidang, salah satunya dalam dunia konstruksi. Salah satu mesin yang banyak digunakan dalam konstruksi jalan adalah mesin milling. Mengenal Mesin Milling: Fungsi Prinsip Kerja dan Aplikasi memberikan informasi lengkap mengenai fungsi, prinsip kerja, dan aplikasi mesin milling dalam konstruksi jalan.

Dengan adanya mesin milling, proses pembangunan dan pemeliharaan jalan menjadi lebih efisien dan efektif, sehingga berkontribusi pada kenyamanan dan keamanan pengguna jalan tol, termasuk di ruas Mojokerto-Surabaya.

Cara Pembayaran Tarif Tol

Untuk melintasi jalan tol Mojokerto-Surabaya, pengguna dapat memilih beberapa metode pembayaran berikut:

Kartu e-Toll

  • Tempatkan kartu e-Toll pada area sensor di gerbang tol.
  • Tunggu hingga lampu indikator menyala hijau dan palang pintu terbuka.

Aplikasi Pembayaran Elektronik

  • Buka aplikasi pembayaran elektronik yang terdaftar di gerbang tol.
  • Scan kode QR yang tersedia di gerbang tol.
  • Masukkan nominal pembayaran sesuai tarif tol.
  • Konfirmasi pembayaran dan tunggu hingga palang pintu terbuka.

Tunai

  • Siapkan uang tunai sesuai tarif tol.
  • Serahkan uang tunai kepada petugas di gerbang tol.
  • Petugas akan memberikan karcis dan kembalian jika ada.

Diskon dan Promosi Tarif Tol

Untuk memberikan kemudahan dan keringanan bagi pengguna jalan tol Mojokerto-Surabaya, terdapat beberapa diskon dan promosi yang berlaku. Diskon dan promosi ini diberikan oleh operator jalan tol, PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM), dengan ketentuan dan persyaratan tertentu.

Diskon Tarif Tol

Pengguna jalan tol Mojokerto-Surabaya dapat menikmati diskon tarif tol pada jam-jam tertentu. Diskon tarif tol ini berlaku untuk kendaraan golongan I (sedan, jip, pikap/truk kecil, dan bus).

  • Diskon 15% untuk kendaraan yang melintas pada pukul 00.00 – 05.00 WIB.
  • Diskon 10% untuk kendaraan yang melintas pada pukul 10.00 – 14.00 WIB.

Promosi Tarif Tol, Tarif tol mojokerto surabaya

Selain diskon tarif tol, PT JSM juga memberikan promosi tarif tol untuk pengguna jalan tol Mojokerto-Surabaya yang memenuhi syarat tertentu.

Pemerintah telah menetapkan tarif tol Mojokerto-Surabaya sebesar Rp 1.500 per kilometer. Tarif ini lebih tinggi dibandingkan tarif tol lainnya di Jawa Timur. Sementara itu, dalam dunia pengelasan, terdapat perbedaan mendasar antara teknik GMAW, SMAW, dan GTAW. Pengertian dan Perbedaan GMAW SMAW GTAW dapat membantu Anda memahami perbedaan teknik pengelasan tersebut.

Tarif tol Mojokerto-Surabaya yang lebih tinggi diharapkan dapat meningkatkan pendapatan daerah dan digunakan untuk pembangunan infrastruktur.

  • Promosi Multi Trip: Pengguna jalan tol yang melakukan perjalanan pulang-pergi (PP) dalam waktu 24 jam akan mendapatkan diskon 10% untuk perjalanan kedua.
  • Promosi Paket Tol: Pengguna jalan tol yang membeli paket tol untuk perjalanan selama 30 hari atau 90 hari akan mendapatkan diskon hingga 20%.
  • Promosi E-Money: Pengguna jalan tol yang menggunakan e-money tertentu akan mendapatkan diskon hingga 5%.

Tarif Tol Mojokerto

Surabaya Terbaru

Pemerintah telah menetapkan tarif terbaru untuk ruas Tol Mojokerto – Surabaya (Moro Surabaya) mulai 1 Maret 2024. Penyesuaian tarif ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan pemeliharaan jalan tol.

Untuk menghemat waktu tempuh, banyak masyarakat yang memilih menggunakan jalan tol. Salah satu ruas tol yang cukup ramai adalah Tol Mojokerto-Surabaya. Tarif tol yang berlaku di ruas ini bervariasi tergantung jenis kendaraan. Sementara itu, bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang ketel uap, bisa membaca artikel Jenis-Jenis Ketel Uap dan Fungsinya: Panduan Lengkap . Artikel tersebut membahas secara komprehensif tentang jenis-jenis ketel uap beserta fungsinya.

Kembali ke topik tarif tol Mojokerto-Surabaya, pastikan untuk selalu mengecek tarif terbaru sebelum melakukan perjalanan.

Tarif Golongan Kendaraan

  • Golongan I (Sedan, Jeep, Truk Kecil, Bus): Rp 16.000
  • Golongan II (Truk Gandeng): Rp 24.000
  • Golongan III (Truk Tronton): Rp 32.000
  • Golongan IV (Truk Kontainer): Rp 40.000
  • Golongan V (Bus Besar): Rp 24.000

Catatan

Tarif tersebut berlaku untuk kendaraan yang melintas di seluruh ruas Tol Moro Surabaya sepanjang 36,27 kilometer.

Sumber: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Ilustrasi dan Contoh

Tarif tol mojokerto surabaya

Gerbang tol Mojokerto-Surabaya terletak di kilometer 707 Tol Trans Jawa. Tarif tol dapat dibayarkan menggunakan kartu e-Toll atau uang tunai.

Pemerintah telah menyesuaikan tarif tol ruas Mojokerto-Surabaya, mulai berlaku sejak 17 Januari 2023. Penyesuaian ini untuk meningkatkan pelayanan dan pemeliharaan jalan tol yang lebih optimal. Di sisi lain, keselamatan dan kepatuhan juga menjadi prioritas dalam berkendara. Pengertian dan Fungsi Training NEBOSH: Tingkatkan Keselamatan dan Kepatuhan menjadi sangat penting untuk diikuti oleh para pekerja dan pengelola di sektor konstruksi, termasuk proyek infrastruktur seperti jalan tol.

Sebagai ilustrasi, perjalanan dari gerbang tol Mojokerto Barat ke gerbang tol Sidoarjo akan dikenakan tarif Rp 35.000. Jika menggunakan kartu e-Toll, pengemudi dapat menikmati diskon 10%, sehingga tarif yang dibayarkan menjadi Rp 31.500.

Contoh Pembayaran Tarif Tol Menggunakan Kartu e-Toll

  1. Masukkan kartu e-Toll ke mesin pembaca kartu di gerbang tol.
  2. Tunggu hingga lampu hijau menyala dan palang pintu terbuka.
  3. Ambil kartu e-Toll dan lanjutkan perjalanan.

Kutipan Pejabat

“Tarif tol Mojokerto-Surabaya ditetapkan untuk mendukung biaya operasional dan pemeliharaan jalan tol, serta memberikan kontribusi pada pengembangan ekonomi di wilayah tersebut.”

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit

Simpulan Akhir

Dengan tersedianya informasi tarif tol Mojokerto-Surabaya yang lengkap dan terbaru, diharapkan masyarakat dapat merencanakan perjalanan mereka dengan lebih baik. Jalan tol ini akan menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang menginginkan perjalanan yang lebih cepat, nyaman, dan efisien antara Mojokerto dan Surabaya.

FAQ Umum: Tarif Tol Mojokerto Surabaya

Apakah ada diskon tarif tol Mojokerto-Surabaya?

Ya, terdapat diskon tarif tol untuk pengguna kartu e-Toll dan aplikasi pembayaran elektronik tertentu.

Bagaimana cara membayar tarif tol Mojokerto-Surabaya?

Tarif tol Mojokerto-Surabaya dapat dibayar secara tunai, menggunakan kartu e-Toll, atau melalui aplikasi pembayaran elektronik.

Apakah tarif tol Mojokerto-Surabaya lebih mahal dari rute tol lain yang sebanding?

Tarif tol Mojokerto-Surabaya berada pada kisaran yang sama dengan rute tol lain yang sebanding, seperti Tol Surabaya-Gresik.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *