Tarif Tol Singosari-Surabaya Terbaru 2024: Lengkap dan Mudah Dibaca

4 min read

Tarif tol singosari surabaya terbaru – Tarif Tol Singosari-Surabaya terbaru tahun 2024 telah resmi ditetapkan, memberikan kemudahan dan efisiensi perjalanan bagi pengguna jalan. Tarif baru ini berlaku untuk seluruh golongan kendaraan, mulai dari golongan I hingga V.

Dengan adanya tarif tol terbaru ini, pengguna jalan dapat menghemat waktu dan bahan bakar secara signifikan. Selain itu, tol Singosari-Surabaya juga berkontribusi positif terhadap perekonomian dan pariwisata daerah.

Tarif Tol Singosari-Surabaya Terbaru: Tarif Tol Singosari Surabaya Terbaru

Pemerintah telah menetapkan tarif terbaru untuk Tol Singosari-Surabaya yang berlaku mulai tahun 2024. Tarif ini mengalami penyesuaian dari tarif sebelumnya, seiring dengan peningkatan layanan dan fasilitas di ruas tol tersebut.

Perbedaan Tarif Tol Singosari-Surabaya

Tarif Tol Singosari-Surabaya dibedakan berdasarkan golongan kendaraan, yaitu:

  • Golongan I: Kendaraan roda dua dan tiga
  • Golongan II: Kendaraan roda empat atau lebih dengan dua gandar
  • Golongan III: Kendaraan roda empat atau lebih dengan tiga gandar
  • Golongan IV: Kendaraan roda empat atau lebih dengan empat gandar
  • Golongan V: Kendaraan roda empat atau lebih dengan lima gandar

Tarif Tol Singosari-Surabaya Per Golongan Kendaraan

Golongan Tarif
I Rp 15.000
II Rp 30.000
III Rp 45.000
IV Rp 60.000
V Rp 75.000

Cara Pembayaran Tarif Tol

Pengguna jalan tol Singosari-Surabaya memiliki beberapa pilihan metode pembayaran untuk melunasi tarif tol. Setiap metode menawarkan kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

Pembayaran Tunai

Metode pembayaran tunai merupakan cara tradisional yang masih banyak digunakan. Pengguna dapat membayar tarif tol secara langsung kepada petugas di gerbang tol.Kelebihan:

  • Mudah dan tidak memerlukan alat pembayaran elektronik.

Kekurangan:

  • Membutuhkan waktu yang lebih lama karena antrean di gerbang tol.
  • Berpotensi terjadi kesalahan dalam pemberian uang kembalian.

Kartu Uang Elektronik (e-Money), Tarif tol singosari surabaya terbaru

Kartu uang elektronik seperti E-Toll dan Flazz dapat digunakan untuk membayar tarif tol. Pengguna cukup menempelkan kartu pada alat pembaca di gerbang tol.Kelebihan:

  • Transaksi lebih cepat dan praktis.
  • Tidak memerlukan uang tunai dan mengurangi risiko pencurian.

Kekurangan:

  • Membutuhkan kartu khusus yang harus diisi ulang.
  • Biaya administrasi atau biaya isi ulang kartu.

Mobile Payment

Beberapa aplikasi seluler seperti OVO dan GoPay menyediakan layanan pembayaran tol. Pengguna dapat memindai kode QR di gerbang tol menggunakan aplikasi tersebut.Kelebihan:

  • Sangat praktis dan mudah digunakan.
  • Tidak memerlukan kartu fisik atau uang tunai.

Kekurangan:

  • Membutuhkan koneksi internet yang stabil.
  • Biaya administrasi atau biaya transaksi.

On Board Unit (OBU)

OBU adalah perangkat yang dipasang pada kendaraan. Saat kendaraan melintasi gerbang tol, OBU akan secara otomatis mendebit saldo yang tersimpan pada perangkat tersebut.Kelebihan:

  • Transaksi tercepat dan paling efisien.
  • Tidak perlu berhenti di gerbang tol.

Kekurangan:

  • Membutuhkan pemasangan perangkat OBU pada kendaraan.
  • Biaya pemasangan dan perawatan OBU.

Rute dan Jarak Tol Singosari-Surabaya

Tol Singosari-Surabaya merupakan ruas jalan tol yang menghubungkan Kota Singosari di Kabupaten Malang dengan Kota Surabaya di Jawa Timur. Jalan tol ini memiliki panjang sekitar 50 kilometer dan menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Jawa.

Waktu tempuh dari Singosari ke Surabaya melalui tol ini sekitar 1 jam 15 menit, jauh lebih cepat dibandingkan melalui jalur non-tol yang memakan waktu sekitar 2 jam 30 menit.

Jarak dan Waktu Tempuh

  • Jarak Singosari – Surabaya: 50 kilometer
  • Waktu tempuh Singosari – Surabaya: 1 jam 15 menit
  • Waktu tempuh Surabaya – Singosari: 1 jam 15 menit

Peta Rute

Berikut adalah peta rute Tol Singosari-Surabaya yang dapat Anda akses melalui Google Maps: Peta Rute Tol Singosari-Surabaya .

Tarif Tol Singosari-Surabaya terbaru yang berlaku sejak 1 Januari 2023 telah mengalami penyesuaian. Sementara itu, di Jawa Tengah, tarif Tol Colomadu-Karanganyar juga mengalami penyesuaian. Tarif tol colomadu karanganyar terbaru untuk kendaraan golongan I, misalnya, naik menjadi Rp14.000 dari sebelumnya Rp13.000.

Penyesuaian tarif ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan jalan tol dan menjaga keselamatan pengguna jalan. Tarif Tol Singosari-Surabaya terbaru juga mengalami kenaikan untuk beberapa golongan kendaraan.

Manfaat Menggunakan Tol Singosari-Surabaya

Tol Singosari-Surabaya menawarkan banyak manfaat bagi pengguna, mulai dari penghematan waktu hingga dampak positif pada ekonomi dan pariwisata daerah.

Penghematan Waktu dan Bahan Bakar

Dengan menggunakan Tol Singosari-Surabaya, pengguna dapat menghemat waktu perjalanan secara signifikan. Tol ini menyediakan jalur langsung yang menghindari kemacetan di jalan-jalan arteri, sehingga mengurangi waktu tempuh antara Singosari dan Surabaya.

Selain itu, Tol Singosari-Surabaya juga membantu menghemat bahan bakar. Jalur yang lebih lancar memungkinkan kendaraan melaju pada kecepatan yang lebih konstan, sehingga mengurangi konsumsi bahan bakar.

Dampak Positif pada Ekonomi

Pembangunan Tol Singosari-Surabaya telah memberikan dampak positif pada perekonomian daerah. Tol ini memudahkan akses ke kawasan industri dan komersial, sehingga mendorong investasi dan pertumbuhan ekonomi.

Tarif Tol Singosari-Surabaya terbaru telah ditetapkan, memberikan kemudahan akses bagi pengguna jalan. Bagi masyarakat yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah timur, tersedia Tol Gempol 2 dengan tarif tol gempol 2 terbaru yang juga telah disesuaikan. Kembali ke Tol Singosari-Surabaya, tarif terbaru ini diharapkan dapat meningkatkan kelancaran lalu lintas dan mendukung aktivitas perekonomian di wilayah tersebut.

Selain itu, Tol Singosari-Surabaya juga membuka peluang baru bagi bisnis lokal. Dengan adanya akses yang lebih mudah ke Surabaya, bisnis-bisnis di Singosari dapat memperluas pasar mereka dan meningkatkan pendapatan.

Tarif Tol Singosari-Surabaya yang baru telah resmi diberlakukan. Penyesuaian tarif ini sejalan dengan tarif tol lematang terbaru . Untuk kendaraan golongan I, tarifnya kini menjadi Rp 12.000 dari sebelumnya Rp 11.000. Sementara itu, untuk kendaraan golongan V, tarifnya naik menjadi Rp 60.000 dari sebelumnya Rp 55.000.

Dampak Positif pada Pariwisata

Tol Singosari-Surabaya juga memberikan manfaat bagi industri pariwisata. Tol ini memudahkan akses ke objek-objek wisata di Malang dan sekitarnya, seperti Candi Singosari dan Jatim Park.

Tarif tol Singosari-Surabaya terbaru mengalami penyesuaian. Tarif terbaru ini mulai berlaku sejak tanggal 20 Desember 2022. Untuk kendaraan golongan I, tarifnya menjadi Rp15.000, naik dari sebelumnya Rp13.500. Sementara itu, tarif untuk kendaraan golongan II menjadi Rp22.500, naik dari sebelumnya Rp20.000.

Selain tarif tol Singosari-Surabaya, tarif tol Natar-Gunung Batin juga mengalami penyesuaian. Tarif terbaru ini mulai berlaku sejak tanggal 1 Januari 2023. Untuk kendaraan golongan I, tarifnya menjadi Rp10.000, naik dari sebelumnya Rp9.000. Sementara itu, tarif untuk kendaraan golongan II menjadi Rp15.000,

naik dari sebelumnya Rp13.500.

Dengan waktu tempuh yang lebih singkat, wisatawan dapat lebih mudah mengunjungi berbagai objek wisata dalam satu hari. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan menggerakkan ekonomi daerah.

Tarif tol Singosari-Surabaya terbaru kini telah mengalami penyesuaian. Untuk kendaraan golongan I, tarifnya menjadi Rp20.500. Sementara itu, di wilayah Sumatera Utara, tarif tol Tebing Tinggi terbaru juga mengalami kenaikan. Kendaraan golongan I dikenakan tarif Rp10.000, naik dari sebelumnya Rp9.500.

Kembali ke tarif tol Singosari-Surabaya, untuk kendaraan golongan II dan III, tarifnya menjadi Rp31.000 dan Rp41.500.

Tips Menghemat Biaya Tol

Berkendara di tol Singosari-Surabaya dapat menghemat waktu dan tenaga, tetapi juga dapat membebani pengeluaran. Berikut adalah beberapa tips untuk menghemat biaya tol:

Waktu Terbaik untuk Berkendara

Hindari jam sibuk (06:00-09:00 dan 16:00-19:00) saat tarif tol lebih tinggi. Pertimbangkan untuk berkendara pada dini hari, larut malam, atau akhir pekan untuk mendapatkan tarif yang lebih rendah.

Program Loyalitas dan Diskon

Beberapa operator tol menawarkan program loyalitas dan diskon untuk pengguna tol yang sering. Daftarkan diri Anda untuk program ini dan manfaatkan penghematan yang ditawarkan.

Kendaraan Hemat Bahan Bakar

Kendaraan yang hemat bahan bakar dapat membantu menghemat biaya secara keseluruhan, termasuk biaya tol. Pertimbangkan untuk menggunakan kendaraan yang lebih kecil atau kendaraan hybrid atau listrik.

Berbagi Kendaraan

Berbagi tumpangan dengan teman atau rekan kerja dapat mengurangi biaya tol dengan membagi biaya secara merata.

Manfaatkan Jalan Alternatif

Dalam beberapa kasus, mungkin ada jalan alternatif non-tol yang dapat Anda gunakan untuk menghindari biaya tol. Pertimbangkan rute ini jika memungkinkan.

Penutupan

Tarif tol singosari surabaya terbaru

Penggunaan Tol Singosari-Surabaya menawarkan berbagai manfaat bagi pengguna jalan, mulai dari penghematan waktu hingga peningkatan kenyamanan. Dengan tarif yang terjangkau dan metode pembayaran yang beragam, tol ini menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat yang ingin bepergian dengan cepat dan efisien.

Panduan FAQ

Bagaimana cara pembayaran tarif tol Singosari-Surabaya?

Pengguna dapat melakukan pembayaran melalui tunai, kartu debit/kredit, dan uang elektronik.

Berapa jarak tempuh dari Singosari ke Surabaya melalui tol?

Jarak tempuh dari Singosari ke Surabaya melalui tol sekitar 70 km.

Apa saja tips menghemat biaya tol?

Pengguna dapat menghemat biaya tol dengan berkendara di luar jam sibuk dan memanfaatkan program loyalitas yang tersedia.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *