Biaya Borongan Partisi Gypsum: Panduan Lengkap untuk Pemasangan yang Hemat

4 min read

Memasang partisi gypsum menjadi solusi efektif untuk membagi ruang dan menciptakan privasi. Untuk mengetahui perhitungan biaya borongan partisi gypsum, simak panduan lengkap ini yang akan mengupas faktor-faktor yang memengaruhi biaya, kisaran harga, dan tips memilih kontraktor terpercaya.

Dengan mempertimbangkan berbagai aspek, Anda dapat merencanakan anggaran secara tepat dan mendapatkan hasil pemasangan partisi gypsum yang sesuai kebutuhan.

Biaya Borongan Partisi Gypsum

Pemasangan partisi gypsum merupakan solusi praktis dan hemat biaya untuk membagi ruangan atau menciptakan area privasi. Biaya borongan partisi gypsum bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis gypsum, ketebalan, dan kerumitan desain.

Biaya borongan partisi gypsum bervariasi tergantung pada jenis dan ukuran ruangan. Namun, sebagai gambaran, biaya borongan partisi gypsum sekitar Rp200.000 hingga Rp400.000 per meter persegi. Biaya ini sudah termasuk material dan jasa pemasangan.

Jika Anda ingin membandingkan biaya borongan partisi gypsum dengan biaya borongan pasang keramik 60×60, biaya borongan pasang keramik 60×60 berkisar antara Rp120.000 hingga Rp200.000 per meter persegi. Dengan demikian, biaya borongan partisi gypsum cenderung lebih tinggi daripada biaya borongan pasang keramik 60×60.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Biaya Borongan Partisi Gypsum

  • Jenis Gypsum:Gypsum standar lebih murah daripada gypsum tahan api atau tahan air.
  • Ketebalan:Partisi yang lebih tebal lebih mahal karena membutuhkan lebih banyak bahan dan tenaga kerja.
  • Kerumitan Desain:Partisi dengan bentuk melengkung, sudut miring, atau fitur khusus lainnya lebih mahal untuk dipasang.
  • Lokasi Proyek:Biaya bahan dan tenaga kerja dapat bervariasi tergantung pada lokasi proyek.
  • Ketersediaan Tenaga Kerja:Ketersediaan tenaga kerja berpengalaman juga dapat memengaruhi biaya.

Perkiraan Kisaran Biaya

Kisaran biaya borongan partisi gypsum per meter persegi bervariasi dari Rp 150.000 hingga Rp 250.000. Untuk partisi standar dengan ketebalan 9 mm, biayanya sekitar Rp 150.000 per meter persegi. Sementara untuk partisi tahan api dengan ketebalan 12 mm, biayanya bisa mencapai Rp 250.000 per meter persegi.

Perbedaan Biaya Berdasarkan Jenis dan Ketebalan Gypsum

Jenis Gypsum Ketebalan (mm) Kisaran Biaya (Rp/m²)
Gypsum Standar 9 150.000

180.000

Gypsum Tahan Api 12 200.000

250.000

Gypsum Tahan Air 12 220.000

270.000

Catatan: Biaya ini hanya perkiraan dan dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan di atas.

Tarif Borongan Partisi Gypsum Terbaru 2024

Tarif borongan partisi gypsum mengalami penyesuaian pada tahun 2024 seiring dengan fluktuasi harga bahan baku dan biaya tenaga kerja. Untuk mendapatkan hasil terbaik, disarankan untuk berkonsultasi dengan kontraktor terpercaya untuk mendapatkan penawaran terbaru dan sesuai dengan kebutuhan spesifik.

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat memengaruhi tarif borongan partisi gypsum:

  • Jenis dan ketebalan gypsum
  • Luas area yang akan dipasang
  • Tinggi partisi
  • Biaya tenaga kerja di daerah setempat

Jenis dan Ketebalan Gypsum

Jenis dan ketebalan gypsum yang digunakan dapat memengaruhi tarif borongan. Umumnya, gypsum dengan ketebalan yang lebih besar dan kualitas yang lebih tinggi akan memiliki harga yang lebih mahal.

Biaya borongan partisi gypsum bervariasi tergantung ukuran, kerumitan desain, dan lokasi. Sebagai perbandingan, biaya borongan baja ringan plus material dan tenaga per meter umumnya lebih tinggi karena membutuhkan keterampilan khusus dan material yang lebih mahal. Namun, biaya borongan partisi gypsum masih menjadi pilihan yang hemat biaya untuk membagi ruang atau menciptakan dinding palsu.

Beberapa jenis gypsum yang umum digunakan untuk partisi adalah:

  • Regular gypsum
  • Fire-rated gypsum
  • Moisture-resistant gypsum

Ketebalan gypsum yang tersedia di pasaran biasanya berkisar antara 9 mm hingga 12 mm.

Biaya Tenaga Kerja, Biaya borongan partisi gypsum

Biaya tenaga kerja merupakan faktor lain yang memengaruhi tarif borongan partisi gypsum. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada lokasi, keterampilan kontraktor, dan tingkat kesulitan pemasangan.

Untuk memastikan mendapatkan harga yang kompetitif, disarankan untuk membandingkan penawaran dari beberapa kontraktor sebelum mengambil keputusan.

Cara Memilih Kontraktor Partisi Gypsum yang Tepat: Biaya Borongan Partisi Gypsum

Memilih kontraktor partisi gypsum yang tepat sangat penting untuk memastikan hasil proyek yang berkualitas tinggi dan memuaskan. Berikut beberapa kriteria penting yang perlu dipertimbangkan:

Pengalaman dan Keahlian

Carilah kontraktor yang memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam memasang partisi gypsum. Mereka harus memiliki pemahaman mendalam tentang teknik dan bahan yang terlibat. Periksa portofolio mereka untuk melihat contoh pekerjaan sebelumnya yang serupa dengan proyek Anda.

Reputasi dan Referensi

Tanyakan referensi dari klien sebelumnya dan baca ulasan online untuk mengetahui reputasi kontraktor. Referensi positif menunjukkan bahwa kontraktor dapat diandalkan dan menghasilkan pekerjaan berkualitas tinggi.

Lisensi dan Asuransi

Pastikan kontraktor memiliki lisensi dan asuransi yang valid. Hal ini melindungi Anda dari potensi masalah hukum dan keuangan jika terjadi kecelakaan atau kesalahan selama proyek.

Komunikasi dan Ketepatan Waktu

Komunikasi yang jelas sangat penting. Pilih kontraktor yang responsif dan bersedia menjawab pertanyaan Anda. Mereka juga harus dapat memberikan perkiraan waktu penyelesaian yang realistis dan mematuhinya.

Harga dan Ketentuan Kontrak

Dapatkan penawaran tertulis yang jelas yang menguraikan biaya bahan, tenaga kerja, dan jadwal pembayaran. Baca kontrak dengan cermat sebelum menandatanganinya untuk memastikan Anda memahami semua ketentuan.

Pemasangan partisi gypsum memerlukan biaya borongan yang relatif terjangkau. Harga borongan pemasangan partisi gypsum bervariasi tergantung pada ukuran dan kompleksitas proyek. Di sisi lain, untuk mempercantik lantai, pemasangan granit 80×80 juga menawarkan harga borongan yang kompetitif. Biaya borongan pasang granit 80×80 dihitung berdasarkan luas area yang dipasang dan jenis granit yang digunakan.

Dengan mempertimbangkan kedua opsi ini, pemilik rumah dapat menyesuaikan biaya renovasi mereka dengan anggaran yang tersedia.

Contoh Pemasangan Partisi Gypsum

Gypsum partisi sekat ide grc meni rangka hollow

Pemasangan partisi gypsum umumnya mengikuti langkah-langkah sistematis untuk memastikan hasil yang optimal. Berikut ini beberapa langkah umum dalam pemasangan partisi gypsum:

Membuat Rangka Partisi

Rangka partisi berfungsi sebagai penopang utama gypsum. Pembuatan rangka ini biasanya menggunakan profil metal galvanis, yang dipasang dengan sekrup ke dinding, lantai, dan langit-langit.

Memasang Papan Gypsum

Papan gypsum dipasang pada rangka partisi menggunakan sekrup khusus. Pemasangan ini harus dilakukan dengan rapi dan presisi untuk menghasilkan permukaan yang rata dan kokoh.

Mengaplikasikan Dempul

Setelah papan gypsum terpasang, dempul diaplikasikan pada sambungan antar papan dan area yang berlubang. Dempul ini berfungsi untuk meratakan permukaan dan menutupi sambungan, sehingga menghasilkan dinding yang halus dan rata.

Biaya borongan partisi gypsum bervariasi tergantung pada jenis gypsum dan kompleksitas pemasangan. Sementara itu, biaya borongan pondasi batu kali per m3 juga beragam tergantung pada kedalaman dan ukuran pondasi. Namun, biaya borongan partisi gypsum umumnya berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 150.000 per meter persegi, tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan di atas.

Pengamplasan dan Pengecatan

Setelah dempul kering, permukaan partisi gypsum diamplas untuk menghaluskan permukaan dan menghilangkan ketidaksempurnaan. Setelah diamplas, partisi gypsum siap untuk dicat atau dilapisi sesuai dengan kebutuhan desain interior.

Manfaat dan Kekurangan Partisi Gypsum

Biaya borongan partisi gypsum

Partisi gypsum merupakan bahan konstruksi yang banyak digunakan untuk membagi ruangan. Namun, sebelum memutuskan menggunakannya, penting untuk memahami manfaat dan kekurangannya.

Biaya borongan partisi gypsum umumnya berkisar antara Rp100.000 hingga Rp150.000 per meter persegi. Namun, biaya ini dapat bervariasi tergantung pada kerumitan desain dan bahan yang digunakan. Sebagai perbandingan, biaya borongan cakar ayam per titik biasanya berkisar antara Rp25.000

hingga Rp50.000 per titik. Setelah mempertimbangkan biaya-biaya ini, Anda dapat memperkirakan biaya total untuk proyek renovasi atau pembangunan Anda.

Manfaat

  • Kemudahan Pemasangan:Partisi gypsum relatif mudah dipasang, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya tenaga kerja.
  • Biaya Terjangkau:Dibandingkan dengan bahan lain seperti bata atau beton, partisi gypsum lebih terjangkau.
  • Ringan:Partisi gypsum memiliki bobot yang ringan, sehingga tidak membebani struktur bangunan.

Kekurangan

  • Daya Tahan Air Rendah:Partisi gypsum tidak tahan terhadap air, sehingga tidak cocok untuk area lembap seperti kamar mandi atau dapur.
  • Kekuatan Struktural Rendah:Partisi gypsum memiliki kekuatan struktural yang relatif rendah, sehingga tidak dapat digunakan sebagai dinding penahan beban.

Rekomendasi Penggunaan

Partisi gypsum cocok digunakan untuk membagi ruangan yang tidak memerlukan daya tahan air atau kekuatan struktural yang tinggi, seperti ruang kantor, kamar tidur, atau ruang tamu.

Akhir Kata

Biaya borongan partisi gypsum

Pemasangan partisi gypsum menawarkan kemudahan, efisiensi biaya, dan estetika yang dapat disesuaikan. Dengan perencanaan matang dan pemilihan kontraktor yang tepat, Anda dapat mewujudkan partisi gypsum yang fungsional dan estetis, sesuai dengan kebutuhan ruang dan anggaran Anda.

Tanya Jawab (Q&A)

Apakah partisi gypsum tahan air?

Tidak, partisi gypsum memiliki daya tahan yang relatif rendah terhadap air.

Apa faktor yang memengaruhi biaya borongan partisi gypsum?

Jenis gypsum, ketebalan, luas area pemasangan, dan lokasi.

Bagaimana cara memilih kontraktor partisi gypsum yang tepat?

Periksa referensi, portofolio, dan pengalaman mereka.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *