Biaya Borongan HPL per Meter: Panduan Lengkap

4 min read

Biaya borongan HPL per meter merupakan perhitungan penting dalam renovasi atau pembangunan rumah. HPL (High-Pressure Laminate) banyak digunakan sebagai pelapis dinding dan furnitur karena tampilannya yang estetik dan tahan lama. Berikut panduan lengkap untuk memahami biaya borongan HPL per meter.

Biaya borongan HPL per meter mencakup biaya material HPL, perekat, tenaga kerja pemasangan, dan biaya tambahan lainnya. Faktor yang memengaruhi biaya antara lain jenis dan ketebalan HPL, luas area yang akan dilapisi, dan kerumitan pemasangan.

Biaya Borongan HPL per Meter

Biaya borongan hpl per meter

Biaya borongan HPL per meter adalah harga yang dipatok oleh kontraktor untuk memasang lembaran HPL (High Pressure Laminate) pada permukaan tertentu, seperti dinding atau furnitur, dengan memperhitungkan upah pekerja dan bahan yang digunakan.

Harga ini dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis HPL yang digunakan, ukuran dan kerumitan permukaan yang akan dipasang, serta lokasi proyek.

Faktor-faktor yang Memengaruhi Biaya Borongan HPL per Meter

  • Jenis HPL:HPL tersedia dalam berbagai jenis dan ketebalan, dengan harga yang bervariasi sesuai dengan kualitas dan merek.
  • Ukuran dan Kerumitan Permukaan:Semakin besar dan rumit permukaan yang akan dipasang, semakin tinggi biaya pemasangannya.
  • Lokasi Proyek:Biaya tenaga kerja dan transportasi dapat bervariasi tergantung pada lokasi proyek.
  • Pengalaman Kontraktor:Kontraktor yang berpengalaman cenderung mengenakan biaya yang lebih tinggi untuk layanan mereka.

Contoh Perhitungan Biaya Borongan HPL per Meter

Misalnya, seorang kontraktor memasang HPL jenis tertentu pada dinding seluas 10 meter persegi. Kontraktor mengenakan biaya Rp 150.000 per meter persegi untuk pemasangan, termasuk bahan dan upah pekerja.

Biaya borongan hpl per meter berkisar antara Rp100.000 hingga Rp150.000, tergantung jenis dan ketebalan hpl yang digunakan. Selain itu, perlu memperhitungkan biaya borongan tenaga pasang plafon gypsum per meter , yang berkisar antara Rp30.000 hingga Rp50.000

per meter persegi. Biaya ini sudah termasuk material gypsum, rangka metal, dan pemasangan. Kembali ke biaya borongan hpl, faktor lain yang memengaruhi harga adalah ukuran dan bentuk permukaan yang akan dilapisi.

Maka, total biaya borongan HPL per meter adalah:

Rp 150.000 x 10 m2 = Rp 1.500.000

Biaya borongan HPL per meter memang bervariasi, tergantung pada jenis dan ketebalannya. Namun, perlu diketahui bahwa untuk pengerjaan lantai yang optimal, terkadang diperlukan proses peluran terlebih dahulu. Biaya borongan peluran lantai sendiri berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 40.000 per meter persegi.

Dengan mempertimbangkan biaya peluran lantai ini, dapat diperoleh perhitungan yang lebih akurat untuk estimasi biaya pemasangan HPL per meter.

Namun, perlu diingat bahwa ini hanya perkiraan dan biaya sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan di atas.

Tarif Terbaru Biaya Borongan HPL per Meter 2024

Tarif terbaru biaya borongan High Pressure Laminate (HPL) per meter untuk tahun 2024 telah mengalami penyesuaian. Harga HPL bervariasi tergantung pada jenis, ketebalan, dan daerah pemasangan.

Biaya borongan hpl per meter bervariasi tergantung jenis dan ketebalannya. Sebagai perbandingan, biaya borongan wall moulding gypsum berkisar antara Rp100.000 hingga Rp150.000 per meter lari, tergantung desain dan kerumitannya. Kembali ke topik biaya borongan hpl per meter, biasanya dibanderol mulai dari Rp120.000

hingga Rp200.000 per meter, tergantung kualitas dan merk yang digunakan.

Berdasarkan data dari situs tekniksipil.id, berikut adalah tarif terbaru biaya borongan HPL per meter:

Jenis dan Ketebalan HPL

Jenis HPL Ketebalan (mm) Harga (Rp/m2)
HPL Solid 0,5 150.000

200.000

HPL Solid 0,7 180.000

Biaya borongan hpl per meter umumnya bervariasi tergantung jenis dan kualitas bahan. Di sisi lain, biaya borongan biaya borongan parit per meter juga memiliki kisaran yang beragam, dipengaruhi oleh faktor seperti kedalaman dan lebar parit. Namun, kembali ke topik utama, biaya borongan hpl per meter juga dapat dipengaruhi oleh biaya tenaga kerja dan lokasi proyek.

230.000

HPL Motif Kayu 0,5 160.000

Biaya borongan hpl per meter bervariasi tergantung pada jenis hpl, ukuran ruangan, dan tingkat kesulitan pemasangan. Namun, kisaran harganya umumnya berada antara Rp50.000 hingga Rp150.000 per meter. Sementara itu, biaya borongan biaya borongan plester aci berkisar antara Rp20.000

hingga Rp35.000 per meter persegi. Kembali ke topik biaya borongan hpl per meter, harga yang lebih tinggi biasanya berlaku untuk hpl bermotif rumit atau pemasangan di area yang luas.

210.000

HPL Motif Kayu 0,7 190.000

240.000

HPL Motif Batu Alam 0,5 170.000

220.000

HPL Motif Batu Alam 0,7 200.000

250.000

Catatan: Harga dapat berubah sewaktu-waktu dan berbeda di setiap daerah.

Cara Menghitung Biaya Borongan HPL per Meter

Biaya borongan hpl per meter

Biaya borongan HPL per meter sangat bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Berikut cara menghitungnya:

Biaya Material

  • Hitung luas permukaan yang akan dilapisi HPL.
  • Tentukan jenis dan ketebalan HPL yang akan digunakan.
  • Dapatkan harga HPL per meter dari pemasok.

Biaya Tenaga Kerja

  • Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk memasang HPL.
  • Tentukan upah tenaga kerja per jam.
  • Kalikan waktu dengan upah untuk mendapatkan biaya tenaga kerja.

Biaya Tambahan

  • Perekat dan bahan lainnya yang dibutuhkan.
  • Biaya transportasi jika HPL dikirim dari jauh.
  • Biaya administrasi atau biaya tidak terduga lainnya.

Rumus Perhitungan, Biaya borongan hpl per meter

Biaya Borongan HPL per Meter = (Biaya Material + Biaya Tenaga Kerja + Biaya Tambahan) / Luas Permukaan

Contoh Perhitungan

Misalkan Anda akan melapisi dinding seluas 10 meter persegi dengan HPL setebal 12 mm seharga Rp 150.000 per meter. Upah tenaga kerja Rp 100.000 per jam dan diperkirakan pemasangan memakan waktu 4 jam. Biaya perekat Rp 20.000.

Biaya Borongan HPL per Meter = ((150.000 x 10) + (100.000 x 4) + 20.000) / 10 = Rp 180.000

Tips Menghemat Biaya Borongan HPL per Meter

Menghemat biaya borongan HPL per meter dapat menjadi tugas yang menantang, tetapi dengan strategi yang tepat, Anda dapat meminimalkan pengeluaran tanpa mengorbankan kualitas. Berikut beberapa tips yang dapat membantu:

Negosiasi dengan Kontraktor

Negosiasi dengan kontraktor adalah kunci untuk mendapatkan harga terbaik. Bersiaplah untuk mendiskusikan kebutuhan Anda secara rinci dan jangan takut untuk meminta penawaran dari beberapa kontraktor. Bandingkan penawaran dan pilih yang paling sesuai dengan anggaran dan persyaratan Anda.

Pilih Material HPL yang Terjangkau

Tersedia berbagai jenis material HPL di pasaran, masing-masing dengan harga yang berbeda. Pilih material yang memenuhi kebutuhan Anda tanpa menguras kantong. Material HPL dengan ketebalan lebih tipis dan finishing standar cenderung lebih terjangkau.

Beli dalam Jumlah Besar

Jika Anda membutuhkan HPL dalam jumlah besar, pertimbangkan untuk membeli dalam jumlah besar. Pembelian massal seringkali memberikan diskon yang signifikan. Namun, pastikan Anda memiliki ruang penyimpanan yang memadai untuk menampung HPL dalam jumlah besar.

Pasang HPL Sendiri

Jika Anda memiliki keterampilan yang diperlukan, Anda dapat menghemat biaya dengan memasang HPL sendiri. Ini adalah tugas yang menantang, tetapi dengan persiapan dan perencanaan yang tepat, Anda dapat melakukannya sendiri.

Manfaatkan Promo dan Diskon

Pantau promo dan diskon yang ditawarkan oleh toko bahan bangunan dan kontraktor. Ini dapat membantu Anda menghemat biaya material dan pemasangan.

Simpulan Akhir

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut dan mengikuti tips menghemat biaya, Anda dapat mengoptimalkan anggaran untuk pemasangan HPL. Konsultasikan dengan kontraktor profesional untuk mendapatkan perhitungan biaya yang akurat dan hasil pemasangan yang memuaskan.

Kumpulan Pertanyaan Umum

Apakah ada perbedaan biaya untuk jenis HPL yang berbeda?

Ya, jenis HPL yang berbeda memiliki harga yang bervariasi tergantung pada kualitas, merek, dan pola.

Bagaimana cara menghitung luas area yang akan dilapisi HPL?

Ukur panjang dan lebar area yang akan dilapisi, lalu kalikan kedua angka tersebut.

Apakah biaya borongan HPL per meter sudah termasuk biaya material?

Umumnya ya, biaya borongan HPL per meter sudah termasuk biaya material, tetapi pastikan untuk mengonfirmasi dengan kontraktor.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *