Biaya Borongan Partisi Kaca Aluminium: Panduan Lengkap

4 min read

Biaya borongan partisi kaca aluminium merupakan pertimbangan penting dalam desain interior dan renovasi. Partisi ini menawarkan solusi estetis dan fungsional, namun harganya dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor tertentu.

Artikel ini akan mengulas biaya borongan partisi kaca aluminium, faktor yang memengaruhinya, jenis partisi yang tersedia, proses pemasangan, perawatan, dan harga terbaru di pasaran.

Biaya Borongan Partisi Kaca Aluminium

Biaya borongan partisi kaca aluminium

Partisi kaca aluminium adalah solusi efektif untuk membagi ruang tanpa mengorbankan cahaya dan keterbukaan. Biaya pemasangannya bervariasi tergantung pada faktor-faktor tertentu.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya

  • Jenis kaca: Kaca tempered, laminasi, atau kedap suara memengaruhi harga.
  • Ukuran partisi: Luas permukaan menentukan jumlah bahan dan tenaga kerja yang dibutuhkan.
  • Desain: Partisi khusus atau desain yang rumit dapat meningkatkan biaya.
  • Bingkai aluminium: Jenis bingkai, seperti bingkai anodized atau powder coating, memengaruhi harga.
  • Lokasi pemasangan: Biaya tenaga kerja dan transportasi dapat bervariasi tergantung pada lokasi.

Daftar Harga Borongan

Harga borongan partisi kaca aluminium berkisar antara Rp500.000 hingga Rp1.500.000 per meter persegi, tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan di atas. Berikut adalah kisaran harga berdasarkan jenis dan ukuran:

Jenis Ukuran (m2) Kisaran Harga (Rp)
Kaca Tempered 5-10 Rp500.000

Rp750.000

Kaca Laminasi 5-10 Rp750.000

Biaya borongan partisi kaca aluminium saat ini berkisar antara Rp500.000 hingga Rp1.200.000 per meter persegi, tergantung jenis dan spesifikasi kaca yang digunakan. Di sisi lain, biaya borongan kanopi baja ringan atap spandek berkisar antara Rp300.000 hingga Rp600.000

per meter persegi. Meski demikian, biaya borongan partisi kaca aluminium tetap menjadi pilihan yang lebih hemat dibandingkan dengan partisi konvensional karena tidak memerlukan biaya perawatan yang tinggi dan memiliki nilai estetika yang lebih baik.

Rp1.000.000

Kaca Kedap Suara 5-10 Rp1.000.000

Biaya borongan partisi kaca aluminium bervariasi tergantung pada ukuran, desain, dan kerumitan. Namun, secara umum, biaya borongan partisi kaca aluminium berada di kisaran Rp 200.000 hingga Rp 400.000 per meter persegi. Jika Anda juga membutuhkan pekerjaan galian tanah, biaya borongan galian tanah manual berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per meter kubik.

Dengan mempertimbangkan biaya tersebut, Anda dapat memperkirakan anggaran yang dibutuhkan untuk proyek partisi kaca aluminium dan galian tanah.

Rp1.500.000

Jenis Partisi Kaca Aluminium

Partisi kaca aluminium hadir dalam berbagai jenis, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangan unik. Jenis-jenis ini meliputi:

Partisi Kaca Aluminium Tanpa Bingkai

Partisi ini terdiri dari panel kaca yang disambungkan langsung tanpa bingkai atau penyangga yang terlihat. Menawarkan tampilan minimalis dan modern yang memungkinkan cahaya alami masuk dengan leluasa. Namun, pemasangannya lebih rumit dan membutuhkan struktur pendukung yang lebih kuat.

Partisi Kaca Aluminium Semi-Bingkai

Jenis ini menggunakan bingkai aluminium tipis di sekeliling panel kaca. Memberikan stabilitas yang lebih baik dibandingkan dengan partisi tanpa bingkai, namun masih mempertahankan tampilan yang elegan.

Partisi Kaca Aluminium Berbingkai

Partisi ini memiliki bingkai aluminium yang lebih lebar dan mencolok di sekeliling panel kaca. Memberikan kekuatan dan stabilitas maksimum, menjadikannya pilihan yang cocok untuk area dengan lalu lintas tinggi atau penggunaan berat.

Biaya borongan partisi kaca aluminium yang bervariasi bergantung pada spesifikasi dan ukuran, mempengaruhi anggaran renovasi. Namun, perlu diketahui bahwa proyek lain seperti biaya borongan bongkar atap kayu juga perlu diperhitungkan. Biaya pembongkaran atap kayu ini dapat menambah pengeluaran renovasi, sehingga penting untuk memasukkannya dalam perencanaan anggaran.

Dengan demikian, pemilik rumah dapat memperkirakan secara akurat total biaya renovasi, termasuk biaya borongan partisi kaca aluminium.

Proses Pemasangan Partisi Kaca Aluminium: Biaya Borongan Partisi Kaca Aluminium

Pemasangan partisi kaca aluminium melibatkan beberapa langkah penting untuk memastikan keamanan dan estetika yang optimal. Berikut adalah proses pemasangan partisi kaca aluminium secara umum:

Pengukuran dan Perencanaan

Sebelum pemasangan, dilakukan pengukuran dan perencanaan yang cermat untuk menentukan ukuran dan tata letak partisi kaca aluminium. Hal ini meliputi pengukuran ruangan, penentuan lokasi pemasangan, dan pemilihan jenis kaca dan bingkai yang sesuai.

Pembuatan Bingkai Aluminium

Bingkai aluminium dibuat sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan. Bingkai ini berfungsi sebagai penopang dan penguat untuk kaca.

Pemasangan Bingkai, Biaya borongan partisi kaca aluminium

Bingkai aluminium dipasang pada dinding atau langit-langit menggunakan sekrup atau baut. Bingkai harus dipasang dengan aman dan rata untuk memastikan stabilitas partisi.

Pemasangan Kaca

Kaca dipotong sesuai ukuran dan dipasang pada bingkai aluminium menggunakan gasket karet atau sealant. Gasket ini memastikan kekedapan udara dan mencegah kebocoran.

Pemasangan Perangkat Keras

Perangkat keras seperti engsel, pegangan pintu, dan kunci dipasang pada partisi kaca aluminium untuk memudahkan pengoperasian dan keamanan.

Finishing

Setelah semua komponen terpasang, partisi kaca aluminium dibersihkan dan dilakukan finishing untuk memberikan tampilan akhir yang rapi dan estetis.

Perawatan Partisi Kaca Aluminium

Merawat partisi kaca aluminium secara tepat sangat penting untuk menjaga estetika dan ketahanannya. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat partisi kaca aluminium:

Pembersihan Rutin

  • Gunakan kain lembut dan larutan pembersih kaca yang ringan.
  • Hindari penggunaan bahan abrasif atau pembersih yang keras.
  • Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain kering.

Pencegahan Goresan

  • Hindari penggunaan benda tajam atau abrasif pada permukaan kaca.
  • Pasang bantalan pelindung di area yang rentan terhadap benturan.
  • Gunakan alas pelindung saat memindahkan benda berat.

Perawatan Aluminium

Bersihkan rangka aluminium secara teratur dengan kain lembap dan deterjen ringan.

Hindari penggunaan pembersih yang mengandung asam atau basa kuat.

Biaya borongan partisi kaca aluminium bervariasi tergantung pada ukuran, jenis kaca, dan tingkat kerumitan desain. Namun, secara umum, biaya tersebut berkisar antara Rp 1,5 juta hingga Rp 3 juta per meter persegi. Selain biaya material, perhitungan biaya juga perlu mempertimbangkan biaya tenaga pemasangan.

Dalam hal ini, biaya borongan tenaga las per meter dapat menjadi acuan, yang biasanya berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per meter.

Oleskan lapisan lilin secara berkala untuk melindungi rangka dari korosi.

Pemasangan partisi kaca aluminium menawarkan solusi modern dan hemat biaya untuk membagi ruang. Biaya borongannya berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 700.000 per meter persegi, tergantung pada ukuran, jenis kaca, dan kerumitan desain. Sebagai perbandingan, biaya borongan besi per meter umumnya lebih rendah, mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 250.000. Namun, untuk partisi kaca aluminium, estetika dan pencahayaan alami yang lebih baik dapat mengimbangi perbedaan biaya tersebut.

Jadwal Perawatan

Jadwal perawatan yang disarankan tergantung pada kondisi penggunaan dan lingkungan.

Secara umum, disarankan untuk membersihkan partisi kaca aluminium setidaknya sebulan sekali dan memeriksa rangka aluminium setiap enam bulan sekali.

Harga Partisi Kaca Aluminium

Kaca partisi ruangan harga alumunium sekat pasang gypsum plafon kantor pekerjaan yogyakarta konsep kusen distributor padang membutuhkan toko kapanpun kebutuhan

Harga partisi kaca aluminium menjadi salah satu pertimbangan penting saat merencanakan renovasi atau membangun sebuah ruangan. Partisi ini menawarkan sejumlah keunggulan, termasuk estetika yang modern, pencahayaan alami yang maksimal, dan fleksibilitas dalam pengaturan ruang.

Faktor-faktor yang memengaruhi harga partisi kaca aluminium meliputi jenis kaca, ukuran, dan kerumitan desain. Jenis kaca yang paling umum digunakan adalah kaca tempered, yang lebih kuat dan aman daripada kaca biasa. Ukuran partisi juga akan memengaruhi harga, dengan partisi yang lebih besar biasanya lebih mahal.

Desain yang lebih rumit, seperti partisi melengkung atau berbingkai, juga dapat meningkatkan biaya.

Ukuran dan Harga

  • Partisi 1 m x 2 m: Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000
  • Partisi 2 m x 3 m: Rp 2.500.000 – Rp 3.000.000
  • Partisi 3 m x 4 m: Rp 3.500.000 – Rp 4.000.000

Catatan: Harga dapat berubah sewaktu-waktu dan berbeda di setiap daerah.

Jenis Kaca

  • Kaca tempered: Lebih kuat dan aman daripada kaca biasa, biasanya digunakan untuk partisi interior.
  • Kaca laminasi: Terdiri dari dua atau lebih lapisan kaca yang direkatkan dengan lapisan film, menawarkan ketahanan terhadap benturan dan kebisingan.
  • Kaca buram: Menawarkan privasi tanpa menghalangi cahaya, cocok untuk kamar mandi atau ruang kerja.

Tips Menghemat Biaya

  • Pilih ukuran partisi yang lebih kecil.
  • Gunakan kaca tempered standar.
  • Hindari desain yang rumit.
  • Dapatkan penawaran dari beberapa kontraktor.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, Anda dapat memperkirakan biaya partisi kaca aluminium untuk proyek Anda. Pastikan untuk berkonsultasi dengan kontraktor profesional untuk mendapatkan penawaran yang akurat dan saran ahli.

Ringkasan Terakhir

Biaya borongan partisi kaca aluminium

Memilih partisi kaca aluminium yang tepat dengan biaya borongan yang sesuai dapat meningkatkan estetika dan fungsionalitas ruang. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang memengaruhi biaya dan memahami jenis serta proses pemasangannya, Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk proyek Anda.

FAQ dan Panduan

Apa saja faktor yang memengaruhi biaya borongan partisi kaca aluminium?

Jenis partisi, ukuran, ketebalan kaca, dan lokasi pemasangan.

Jenis partisi kaca aluminium apa saja yang tersedia?

Tanpa bingkai, semi-bingkai, dan berbingkai.

Bagaimana cara merawat partisi kaca aluminium?

Bersihkan secara teratur dengan pembersih kaca dan hindari penggunaan bahan abrasif.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *