Menghitung Harga Borongan Tenaga Pasang Plafon Gypsum Per Meter Terbaru 2024

3 min read

Plafon gypsum semakin menjadi pilihan utama dalam dunia desain interior pada tahun 2024. Material ini menawarkan keindahan estetika, daya tahan, dan kemudahan dalam pemasangan.

Melalui ulasan berikut ini Tekniksipil akan membahas secara komprehensif mengenai harga borongan tenaga pasang plafon gypsum per meter terbaru 2024.

Artikel ini juga dilengkapi dengan informasi mengenai penjelasan tentang plafon gypsum itu sendiri, alasan mengapa plafon gypsum menjadi pilihan utama, kelebihan yang dimilikinya, serta panduan lengkap mengenai cara menghitung biaya pasang plafon gypsum baik dalam sistem borongan maupun harian.

Mari kita eksplor lebih lanjut tentang daftar harga jasa pasang plafon per meter terbaru 2024, dengan fokus harga borong tenaga pasang plafon gypsum.

Biaya Borongan Pasang Plafon Gypsum Per Meter Terbaru 2024

harga borong tenaga pasang plafon gypsum

Pada tahun 2024, harga borongan pasang plafon gypsum per meter dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk lokasi geografis, kompleksitas proyek, dan penyedia jasa yang dipilih.

Harga borongan pasang plafon gypsum di tahun 2024 berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 165.000 per meter persegi, tergantung pada spesifikasi proyek dan kondisi pasar saat itu.

Harga Borongan Pasang Plafon Gypsum Tanpa Material

  1. Pasang Polosan / Flat: Rp 50.000 per M2
  2. Pasang List Profil: Include
  3. Desain Drop Up dan Drop Down: Rp 25.000 per M1
  4. Desain Drop Oval Up dan Down: Rp 50.000 per M1 (Termasuk Jasa CAT)

Borongan Pasang Plafon Plus Material Gypsum

  1. Pasang Polosan/Flat: Rp 145.000 per M2
  2. List Profil 8 CM: Include
  3. Desain Drop Up – Drop Down: Rp 50.000 per M1
  4. Desain Drop Oval Up & Down: Rp 100.000 per M1 (Spesifikasi Bahan: Jayaboard – Aplus, Hollow Galvanis 2×4 dan 4×4, Sudah Termasuk CAT Warna)

Borongan Pasang Partisi Gypsum Plus Material

  1. Pasang Partisi 2 Muka Gypsum: Rp 195.000 per M2
  2. Pasang Partisi 2 Muka GRC: Rp 200.000 per M2
  3. Pasang Partisi 2 Muka PVC: Rp 200.000 per M2 (Spesifikasi Bahan: Hollow Galvanis 2×4 dan 4×4, Sudah Termasuk CAT Warna)

Tabel Perbandingan Harga

Tabel perbandingan harga pasang plafon dan partisi untuk Gypsum, GRC, dan PVC dapat anda ketahui melalui ulasan dibawah ini:

Material Jenis Pemasangan Harga Borongan per M2 (Rp)
Gypsum Pasang Polosan/Flat 145.000
Desain Drop Up – Drop Down 50.000
Pasang Partisi 2 Muka 195.000
GRC Pasang Polosan/Flat 150.000
Desain Drop Up – Drop Down 60.000
Pasang Partisi 2 Muka 200.000
PVC Pasang Polosan/Flat 190.000
Desain Drop Up – Drop Down 70.000
Pasang Partisi 2 Muka 200.000

Penting untuk dicatat bahwa harga-harga tersebut berlaku untuk wilayah Jabodetabek dan sekitarnya, dengan ketentuan minimum pemasangan 50 M2. Kesepakatan harga masih dapat dinegosiasikan, tergantung pada volume pemasangan.

Cara Menghitung Ongkos Pasang Plafon Gypsum

menghitung biaya pasang plafon gipsum

Seiring dengan perkembangan desain interior yang semakin kreatif, menghitung ongkos biaya pasang plafon gypsum menjadi langkah penting untuk menciptakan ruangan yang estetis dan nyaman.

Mari kita jelajahi cara yang lebih efisien untuk menghitung kebutuhan material dan biaya tukang plafon, baik dalam sistem harian maupun borongan.

Menghitung Kebutuhan Material: Papan Gypsum, Rangka, dan Lis Profile

Untuk memulai, kita perlu menghitung kebutuhan material dengan akurat. Sebagai contoh, kita ambil kasus pemasangan plafon pada kamar tidur berukuran 3m x 3m. Pertama-tama, kalkulasikan luas ruangan (L) dengan mengalikan panjang dan lebar, yaitu 3m x 3m = 9m².

Kebutuhan Papan Gypsum:

1 lembar papan gypsum berukuran 1,2m x 2,4m, sehingga kebutuhan gypsumnya adalah 9m² dibagi 2,88m² (ukuran papan). Hasilnya adalah sekitar 4 lembar papan gypsum.

Kebutuhan Rangka Plafon:

Ukuran ruangan 3m x 3m, sehingga rangka hollow yang dipasang pada dinding adalah sekitar 12m. Dengan panjang hollow 4m, sisanya dapat digunakan sebagai gantungan. Setiap 60cm dibutuhkan 5 batang, dan untuk cross 4×4 cm sebanyak 10 batang.

Kebutuhan Lis Profile:

Lis profile dipasang di antara tepi dinding dan plafon, sehingga kebutuhan lis adalah sekitar 12m.

Menghitung Ongkos Tukang Plafon Gypsum

Biaya tukang pasang gypsum dapat bervariasi tergantung pada daerahnya. Namun, rata-rata biaya tukang pasang gypsum saat ini adalah sekitar Rp.100.000 per hari, dengan pembantu tukang sekitar Rp.75.000 per hari.

Menghitung Ongkos Plafon Gypsum Sistem Borongan

Harga borongan umumnya adalah harga bersih yang ditawarkan oleh kontraktor. Berikut adalah beberapa contoh harga borongan plafon gypsum:

  • Harga Plafon Flat Ekonomis: Rp 95.000/m²
  • Harga Plafon Gypsum Flat Standar: Rp. 105.000/m²
  • Harga Plafon Flat Jayaboard: Rp 110.000/m²
  • Harga Plafon Kalsiboard (Tahan Air dan Rayap): Rp 110.000/m²

Pertimbangan dalam Memilih Jasa Pasang Plafon Gipsum

Memilih jasa tukang plafon gypsum yang berkualitas merupakan langkah krusial untuk memastikan pemasangan plafon berjalan lancar dan hasilnya memuaskan. Berikut adalah beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam memilih jasa tukang plafon gypsum yang berkualitas:

  1. Pengalaman dan Keahlian: Pastikan tukang plafon memiliki pengalaman yang cukup dalam pemasangan plafon gypsum. Pengalaman ini mencakup pengetahuan mendalam tentang jenis plafon, teknik pemasangan yang benar, dan kemampuan menangani berbagai proyek.
  2. Reputasi dan Referensi: Telusuri reputasi penyedia jasa dengan mencari ulasan pelanggan sebelumnya atau mendapatkan referensi dari teman, keluarga, atau rekan yang pernah menggunakan jasa tukang plafon tersebut. Reputasi yang baik menjadi indikator kualitas kerja.
  3. Lisensi dan Sertifikasi: Pastikan tukang plafon memiliki lisensi yang sah dan sesuai dengan regulasi setempat. Sertifikasi tambahan dalam bidang pemasangan plafon juga dapat menjadi bukti keahlian dan profesionalisme.
  4. Paham Jenis Material: Seorang tukang plafon berkualitas harus memiliki pemahaman mendalam tentang berbagai jenis material plafon, terutama gypsum. Hal ini termasuk pengetahuan tentang spesifikasi, kelebihan, dan kelemahan masing-masing jenis material.
  5. Kemampuan Desain: Jika proyek Anda melibatkan desain khusus atau detail tertentu, pastikan tukang plafon memiliki kemampuan desain yang memadai. Kemampuan ini akan memastikan bahwa plafon tidak hanya terpasang dengan baik tetapi juga sesuai dengan estetika yang diinginkan.
  6. Jaminan Pekerjaan: Pilih penyedia jasa yang memberikan jaminan pekerjaan. Jaminan ini memberikan perlindungan jika terjadi masalah atau kerusakan setelah pemasangan plafon selesai.
  7. Ketepatan Waktu: Keberhasilan proyek juga tergantung pada ketepatan waktu tukang plafon dalam menyelesaikan pekerjaan. Pastikan untuk berkomunikasi dengan baik dan menetapkan jadwal yang realistis.
  8. Peralatan dan Teknologi: Tukang plafon yang berkualitas akan menggunakan peralatan dan teknologi terbaru untuk memastikan pekerjaan dilakukan dengan efisien dan akurat. Hal ini juga dapat mempengaruhi kecepatan dan kualitas pemasangan.
  9. Harga yang Transparan: Mintalah estimasi biaya dengan rincian yang jelas. Hindari tukang plafon yang tidak transparan dalam memberikan harga atau menyembunyikan biaya tambahan yang mungkin muncul.
  10. Komunikasi yang Baik: Pilih tukang plafon yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Komunikasi yang efektif antara pelanggan dan tukang plafon akan memastikan bahwa semua kebutuhan dan ekspektasi terpenuhi.

Mengambil waktu untuk mempertimbangkan faktor-faktor di atas akan membantu Anda menemukan jasa tukang plafon gypsum yang dapat diandalkan dan berkualitas, sehingga proyek pemasangan plafon berjalan dengan sukses.

Pelajari Juga Macam Macam Alat Berat Lainnya :
Harga Besi Beton 12mm Harga Wiremesh M10
Harga Triplek Per Lembar Harga Besi Hollow Per Batang

Itulah serangkaian informasi mengenai yang bisa Tekniksipil.id ulas untuk anda semuanya. Dalam memilih jenis plafon dan menentukan sistem penghitungan biaya, perhatikan bahwa kualitas material memainkan peran penting dalam daya tahan dan keindahan plafon.

Pastikan untuk memilih material sesuai dengan kebutuhan dan budget proyek Anda. Dengan perhitungan yang cermat, Anda dapat menciptakan ruangan yang tidak hanya estetis tetapi juga efisien secara biaya.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *