Harga Borongan Wall Moulding Gypsum Terbaru: Panduan Lengkap

4 min read

Harga borongan wall moulding gypsum terbaru menjadi pertimbangan penting bagi pemilik rumah yang ingin mempercantik interiornya. Wall moulding gypsum, ornamen dinding dekoratif yang serba guna, hadir dalam berbagai ukuran, desain, dan bahan, memengaruhi kisaran harganya yang beragam.

Artikel ini akan memberikan panduan komprehensif tentang harga borongan wall moulding gypsum terbaru, termasuk faktor-faktor yang memengaruhi harga, tips mendapatkan harga terbaik, dan contoh pemasangan yang menginspirasi.

Daftar Harga Borongan Wall Moulding Gypsum

Pemasangan wall moulding gypsum menjadi pilihan populer untuk mempercantik interior rumah. Kisaran harga borongan pemasangan wall moulding gypsum bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kompleksitas desain.

Pada tahun 2024, harga borongan pemasangan wall moulding gypsum diperkirakan berkisar antara Rp50.000 hingga Rp150.000 per meter.

Jenis Wall Moulding Gypsum

Ada beberapa jenis wall moulding gypsum yang tersedia, antara lain:

  • Wall moulding gypsum polos
  • Wall moulding gypsum bermotif
  • Wall moulding gypsum ukir

Jenis wall moulding gypsum yang dipilih akan mempengaruhi harga pemasangan.

Ukuran Wall Moulding Gypsum

Ukuran wall moulding gypsum juga mempengaruhi harga pemasangan. Ukuran yang lebih besar biasanya memerlukan lebih banyak material dan waktu pemasangan, sehingga harganya lebih mahal.

Tabel Harga Borongan Wall Moulding Gypsum

Jenis Wall Moulding Ukuran Harga per Meter
Polos 5 cm Rp50.000
Polos 10 cm Rp60.000
Bermotif 5 cm Rp65.000
Bermotif 10 cm Rp75.000
Ukir 5 cm Rp100.000
Ukir 10 cm Rp150.000

Faktor yang Mempengaruhi Harga

Harga borongan wall moulding gypsum terbaru

Harga borongan wall moulding gypsum dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

Jenis dan Kualitas Bahan

  • Wall moulding gypsum dengan kualitas tinggi, seperti gypsum impor, umumnya lebih mahal dibandingkan dengan kualitas standar.
  • Jenis finishing, seperti cat atau pelitur, juga memengaruhi harga.

Luas Area Pemasangan

Semakin luas area yang akan dipasang wall moulding gypsum, semakin tinggi pula biayanya.

Tingkat Kerumitan Desain

Desain wall moulding gypsum yang rumit, seperti ukiran atau lekukan, memerlukan teknik pemasangan yang lebih kompleks dan memakan waktu, sehingga harganya lebih mahal.

Lokasi Pemasangan

Lokasi pemasangan juga dapat memengaruhi harga, terutama jika lokasi tersebut sulit dijangkau atau memerlukan biaya transportasi yang tinggi.

Untuk proyek renovasi atau pembangunan interior, harga borongan wall moulding gypsum terbaru menjadi pertimbangan penting. Tak hanya itu, harga borongan hpl per meter terbaru juga perlu diperhatikan. Material hpl banyak digunakan untuk pelapis dinding, kitchen set, hingga furnitur karena memiliki sifat tahan air dan anti gores.

Dengan mempertimbangkan kedua aspek harga borongan ini, Anda dapat merencanakan anggaran renovasi atau pembangunan interior dengan lebih matang dan optimal.

Cara Mendapatkan Harga Terbaik

Untuk mendapatkan harga terbaik untuk pemasangan wall moulding gypsum, ada beberapa tips yang dapat diikuti:

Membandingkan Penawaran dari Beberapa Kontraktor

Dapatkan penawaran dari beberapa kontraktor yang berbeda. Ini akan memberi Anda gambaran tentang kisaran harga dan memungkinkan Anda memilih yang paling sesuai dengan anggaran Anda.

Menawar Harga dengan Kontraktor

Setelah Anda mendapatkan beberapa penawaran, jangan ragu untuk menawar harga dengan kontraktor. Bersikaplah sopan dan profesional, dan jelaskan anggaran Anda. Kontraktor mungkin bersedia menurunkan harga jika mereka yakin Anda serius ingin menggunakan jasa mereka.

Mencari Diskon atau Promo

Carilah diskon atau promo yang ditawarkan oleh kontraktor. Beberapa kontraktor mungkin menawarkan diskon untuk pelanggan baru atau untuk proyek yang lebih besar. Anda juga dapat memeriksa situs web dan media sosial kontraktor untuk mengetahui penawaran khusus.

Contoh Pemasangan Wall Moulding Gypsum

Wall moulding gypsum dapat dipasang dalam berbagai gaya dan desain, menciptakan efek estetika yang unik. Berikut beberapa contoh pemasangan wall moulding gypsum yang berbeda:

Pemasangan Klasik, Harga borongan wall moulding gypsum terbaru

Pemasangan klasik melibatkan penggunaan wall moulding dengan profil sederhana, seperti crown moulding atau chair rail. Moulding dipasang pada sambungan antara dinding dan langit-langit, atau pada ketinggian sekitar 1 meter dari lantai. Pemasangan ini menciptakan tampilan tradisional dan elegan.

Pemasangan Modern

Pemasangan modern menggunakan wall moulding dengan profil yang lebih berani dan kontemporer. Moulding dipasang pada ketinggian yang bervariasi, menciptakan efek visual yang menarik. Gaya ini cocok untuk ruangan modern dan minimalis.

Pemasangan Berlapis

Pemasangan berlapis melibatkan penggunaan beberapa jenis wall moulding yang berbeda, dipasang pada ketinggian yang berbeda. Teknik ini menciptakan efek tiga dimensi yang dramatis. Pemasangan berlapis cocok untuk ruangan dengan langit-langit tinggi.

Harga borongan wall moulding gypsum terbaru masih relatif terjangkau, berkisar antara Rp30.000 hingga Rp60.000 per meter persegi. Untuk mempercantik tampilan eksterior, pertimbangkan juga harga borongan profil lisplang terbaru yang tak kalah ekonomis. Kembali ke topik wall moulding gypsum, harga borongan ini sudah termasuk material dan pemasangan, sehingga Anda tidak perlu repot lagi mencari tukang atau membeli bahan sendiri.

Pemasangan Sudut

Pemasangan sudut menggunakan wall moulding yang dipasang pada sudut 45 derajat pada sambungan dinding. Teknik ini menciptakan efek bingkai yang menonjolkan fitur tertentu pada ruangan, seperti perapian atau jendela.

Harga borongan wall moulding gypsum terbaru di pasaran saat ini cukup kompetitif. Namun, perlu diketahui bahwa biaya ini bisa bervariasi tergantung pada jenis bahan yang digunakan, kerumitan desain, dan luas area yang akan dikerjakan. Untuk perbandingan, harga borongan cat pintu kayu terbaru juga perlu diperhatikan.

Harga borongan cat pintu kayu terbaru biasanya dihitung per meter persegi, dengan harga yang dipengaruhi oleh jenis cat, jumlah lapisan, dan ukuran pintu. Dengan mempertimbangkan harga borongan kedua jenis pekerjaan ini, Anda dapat merencanakan anggaran renovasi rumah dengan lebih baik, baik untuk wall moulding gypsum maupun pengecatan pintu kayu.

Tips Pemasangan Wall Moulding Gypsum: Harga Borongan Wall Moulding Gypsum Terbaru

Harga borongan wall moulding gypsum terbaru

Pemasangan wall moulding gypsum yang tepat akan memberikan hasil yang rapi dan estetis. Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan pemasangan yang sukses:

Persiapan Permukaan

Permukaan dinding harus bersih, kering, dan rata. Jika permukaan tidak rata, gunakan dempul untuk meratakannya. Setelah dempul mengering, amplas permukaan hingga halus.

Pemotongan dan Penyambungan

Gunakan gergaji mitra untuk memotong wall moulding gypsum pada sudut yang tepat. Untuk menyambungkan potongan, gunakan perekat khusus untuk gypsum. Oleskan perekat secara merata pada permukaan yang akan disambung, lalu tekan kedua potongan hingga menyatu.

Harga borongan wall moulding gypsum terbaru terbilang relatif terjangkau, berkisar antara Rp10.000 hingga Rp15.000 per meter. Sementara itu, bagi yang berencana merenovasi rumah, perlu diketahui bahwa harga borongan peluran lantai terbaru juga cukup bersahabat, sekitar Rp15.000 hingga Rp20.000 per meter.

Kembali ke wall moulding gypsum, material ini menawarkan estetika modern dan mudah diaplikasikan, menjadikannya pilihan tepat untuk mempercantik dinding hunian.

Penggunaan Perekat dan Alat

Gunakan perekat khusus untuk gypsum yang memiliki daya rekat yang kuat. Gunakan juga alat yang tepat, seperti pistol dempul dan paku tembak, untuk memastikan pemasangan yang kokoh.

Harga borongan wall moulding gypsum terbaru saat ini berkisar antara Rp20.000 hingga Rp35.000 per meter lari, tergantung kerumitan desain dan bahan yang digunakan. Sementara itu, untuk pengerjaan aluminium, harga borongan aluminium per meter terbaru berkisar antara Rp40.000 hingga Rp70.000 per meter lari, tergantung jenis dan ketebalan aluminium yang dipilih.

Meski berbeda material, kedua jenis pengerjaan ini dapat melengkapi desain interior, memberikan sentuhan estetika dan fungsionalitas pada hunian.

Perawatan dan Pemeliharaan

Wall moulding gypsum membutuhkan perawatan dan pemeliharaan rutin untuk menjaga tampilannya yang indah dan daya tahannya yang lama.

Pembersihan

Bersihkan wall moulding gypsum secara teratur dengan kain lembut yang sedikit lembap. Hindari penggunaan bahan kimia keras atau pembersih abrasif, karena dapat merusak lapisan akhir.

Perbaikan

Jika wall moulding rusak, perbaiki segera untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Gunakan kompon gypsum atau semen perekat untuk mengisi celah atau retakan. Setelah kering, ampelas permukaannya hingga rata.

Pengecatan Ulang

Wall moulding gypsum dapat dicat ulang jika diinginkan. Ampelas permukaannya secara ringan untuk menghilangkan cat lama, lalu aplikasikan cat primer. Setelah kering, aplikasikan lapisan cat baru.

Terakhir

Memasang wall moulding gypsum tidak hanya menambah nilai estetika rumah, tetapi juga meningkatkan kekokohan dinding. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang memengaruhi harga dan mengikuti tips yang diberikan, Anda dapat memperoleh wall moulding gypsum yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda. Jadikan rumah Anda lebih bergaya dan menawan dengan wall moulding gypsum yang dipasang dengan sempurna.

FAQ Lengkap

Apakah ada promo atau diskon khusus untuk pemasangan wall moulding gypsum?

Ya, beberapa kontraktor menawarkan diskon untuk pembelian bahan dalam jumlah besar atau pemasangan pada area yang luas.

Apa saja kelebihan memasang wall moulding gypsum?

Wall moulding gypsum menambah keindahan interior, menyembunyikan ketidaksempurnaan dinding, dan memberikan kesan luas pada ruangan.

Apakah pemasangan wall moulding gypsum sulit dilakukan sendiri?

Pemasangan wall moulding gypsum membutuhkan keterampilan dan ketelitian. Jika Anda tidak yakin dengan kemampuan Anda, disarankan untuk menyewa kontraktor profesional.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *