Kementrian PUPR: Progres Mega Proyek Ibukota Negara Menuju Pencapaian yang Maksimal

46 sec read

IKN, 26 Februari 2024, Tekniksipil.id -Seiring dengan semakin dekatnya perayaan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2024, proyek pembangunan Ibukota Negara (IKN) semakin mendekati titik puncaknya.

Data terbaru dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan bahwa pada tahap pertama, progres pembangunan IKN telah mencapai 75%, dengan perkiraan sisa sekitar 25% menuju target yang ditetapkan.

Meskipun masih ada tantangan tersendiri, Kementerian PUPR memastikan bahwa proyek ini berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Progres Mega Proyek Ibukota Negara Menuju Pencapaian yang Maksimal

Menurut Miendi, juru bicara Kementerian PUPR, progres pembangunan IKN tetap berada pada jalur yang tepat sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Pemerintah telah memulai pembangunan infrastruktur dasar IKN sejak awal September beberapa waktu lalu.

Ini termasuk pengadaan proyek yang mendukung konektivitas, penyediaan air baku, sanitasi, dan pembangunan kantor pemerintahan di kawasan inti pusat pemerintahan. Langkah-langkah ini dianggap sebagai modal utama untuk membangun kepercayaan publik dan menarik investor untuk berinvestasi di IKN.

Sementara itu, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilaga, menjelaskan bahwa pembangunan IKN terbagi menjadi dua batch hingga akhir tahun 2024. Batch pertama yang telah berjalan memiliki progres fisik mencapai 75% per 25 Februari 2024.

Meskipun proyek ini mengalami peningkatan progres setiap minggunya, dengan naiknya sekitar 2 hingga 3%, tetapi masih membutuhkan upaya keras agar dapat mencapai target yang ditetapkan. Dengan demikian, pembangunan IKN terus berjalan dengan tekad kuat demi mewujudkan sebuah ibukota negara yang representatif dan fungsional untuk kebutuhan masa depan Indonesia.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *