Mengenal Open BIM: Kolaborasi Efisien dalam Industri Konstruksi Modern

2 min read

Industri konstruksi telah mengalami transformasi besar-besaran berkat pendekatan kolaboratif yang dikenal sebagai Open BIM.

Seiring dengan perkembangan teknologi, Open BIM menjadi semakin penting sebagai cara untuk memfasilitasi desain, realisasi, dan operasi bangunan dengan standar terbuka dan alur kerja yang transparan.

Konsep ini bukanlah semata-mata tentang menggunakan perangkat lunak tertentu, tetapi lebih tentang memungkinkan berbagai pihak dalam proyek untuk berpartisipasi tanpa terkendala oleh perangkat lunak yang mereka gunakan.

Apa itu Open BIM?

Open BIM

Open BIM merupakan pendekatan kolaboratif dalam industri konstruksi yang menggunakan standar terbuka dan alur kerja transparan untuk desain, realisasi, dan operasi bangunan. Pendekatan ini memungkinkan berbagai pemangku kepentingan, seperti arsitek, insinyur, kontraktor, dan pemilik bangunan, untuk berpartisipasi dalam proyek tanpa terkendala oleh perangkat lunak tertentu.

Dengan Open BIM, data proyek tersedia dalam format yang dapat diakses oleh semua pihak terlibat, menghindari duplikasi data dan kesalahan yang mungkin timbul.

Selain itu, Open BIM memberikan kesempatan bagi berbagai vendor perangkat lunak untuk berpartisipasi dalam solusi sistem yang independen, menciptakan lingkungan yang lebih kompetitif dan inovatif dalam industri konstruksi.

Kenapa Perlu Open BIM?

Berdasarkan pengalaman dilapangan yang saya alami, Open BIM sangat diperlukan karena beberapa alasan yang mendasar.

1. Pertama, Open BIM mendukung alur kerja yang transparan dan terbuka, memungkinkan anggota proyek untuk berpartisipasi tanpa terkendala oleh perangkat lunak yang mereka gunakan. Hal ini menciptakan lingkungan kolaboratif yang lebih efisien dan efektif.

2. Kedua, Open BIM menciptakan bahasa umum untuk proses yang direferensikan secara luas dalam industri konstruksi.Dengan demikian, hal ini memungkinkan industri dan pemerintah untuk mengadakan proyek dengan keterlibatan komersial yang lebih transparan, evaluasi layanan yang sebanding, dan kualitas data yang terjamin.

3 Ketiga, Open BIM menyediakan data proyek yang tahan lama, menghindari duplikasi data dan kesalahan konsekuensial. Ini membantu meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi risiko kesalahan dalam pengelolaan proyek konstruksi.

4. Keempat, Open BIM membuka peluang bagi berbagai vendor perangkat lunak, baik besar maupun kecil, untuk berpartisipasi dalam solusi sistem yang independen. Ini menciptakan lingkungan yang lebih kompetitif dan inovatif dalam industri konstruksi, serta memberikan banyak pilihan kepada para pemangku kepentingan.

Dengan demikian, Open BIM menjadi kunci untuk meningkatkan kolaborasi, efisiensi, dan inovasi dalam industri konstruksi modern.

Kunggulan Open BIM

Open BIM adalah

Keunggulan Open BIM sangatlah beragam. Pertama-tama, pendekatan ini menciptakan lingkungan yang terbuka dan transparan, memungkinkan para pemangku kepentingan dalam proyek untuk berkolaborasi tanpa hambatan.

Hal ini juga menghasilkan bahasa umum untuk proses yang dapat diacu oleh semua pihak terlibat, sehingga mempermudah evaluasi layanan, ketersediaan data yang berkualitas, dan partisipasi komersial yang lebih transparan.

Selain itu, Open BIM menyediakan data proyek yang tahan lama, menghindari duplikasi data dan kesalahan konsekuensial yang mungkin terjadi.

Tidak hanya itu, Open BIM juga membuka peluang bagi berbagai vendor perangkat lunak, baik besar maupun kecil, untuk berpartisipasi dalam solusi sistem yang independen, menciptakan lingkungan yang lebih kompetitif dan inovatif.

Dalam hal ini, Open BIM memberdayakan pasokan produk online dengan menyediakan data produk langsung ke BIM, sesuai dengan permintaan pengguna yang lebih tepat.

Komunitas Open BIM bukanlah semata-mata tentang penyedia perangkat lunak atau profesional dalam industri AEC (Arsitektur, Rekayasa, dan Konstruksi), tetapi juga tentang kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemilik bangunan.

Kolaborasi ini diperkuat oleh jaminan logo Open BIM untuk kesuksesan dan efisiensi kolaborasi dalam proyek BIM di seluruh dunia.

Mengingat peran yang semakin penting dari Open BIM dalam industri konstruksi modern, penting bagi semua pemangku kepentingan untuk terlibat dalam komunitas Open BIM.

Pelajari Juga Informasi Terkait Lainnya :
Apa itu BIM? BIM vs Metode Konvensional
Software BIM Standarisasi BIM

Dengan demikian, mereka dapat memanfaatkan semua manfaat yang ditawarkan oleh pendekatan kolaboratif ini, meningkatkan efisiensi kerja, dan mengikuti perkembangan teknologi yang terus berlanjut. Dengan Open BIM, masa depan industri konstruksi tampak semakin cerah, lebih terbuka, dan lebih efisien.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *