Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Berkapasitas 50 MW Siap Jadi Jantung Energi IKN

53 sec read

IKN, 27 Februari 2024, Tekniksipil.id – Hari ini kami akan mengabarkan perkembangan terbaru kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang megah, menjadi saksi bisu denyut nadi energi di jantung IKN.

PLTS dengan kapasitas 50 MW ini telah berdiri kokoh di atas lahan seluas 80 hektar. Panel surya yang terpasang, sebanyak 21.600 panel, berkilauan di bawah sinar mentari, memancarkan energi bersih untuk IKN.

Tak hanya ramah lingkungan, PLTS ini juga membuka peluang kerja bagi masyarakat lokal, dengan 337 orang yang dipekerjakan dalam pembangunan dan operasinya.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN

Di balik PLTS, terhampar panorama alam yang memukau. Hamparan hutan ekaliptus yang rimbun, dengan pohon-pohon menjulang tinggi, memanjakan mata dengan nuansa hijau yang menyegarkan. Angin sepoi-sepoi membawa aroma khas hutan, menghadirkan ketenangan di tengah hiruk pikuk pembangunan.

Perjalanan berlanjut menuju kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP). Jalanan yang mulus dan terawat mengantarkan kami melewati rimbunnya hutan ekaliptus. Di sepanjang jalan, pagar pembatas tebing telah terpasang, memastikan keamanan dan estetika kawasan IKN.

Pembangunan IKN bukan hanya tentang infrastruktur, tetapi juga tentang masa depan yang berkelanjutan. PLTS dan hutan ekaliptus di sekitarnya menjadi simbol komitmen pemerintah terhadap energi bersih dan kelestarian alam.

Diiringi optimisme dan semangat, kami menanti babak baru sejarah bangsa di IKN. Tepat di tanggal 17 Agustus 2024, IKN akan menjadi saksi bisu perayaan kemerdekaan Indonesia yang ke-79, menandai era baru bagi bangsa.

Perjalanan menjelajahi IKN hari ini memberikan secercah harapan tentang masa depan yang lebih cerah. IKN bukan hanya sebuah kota, tetapi juga simbol kemajuan, keberlanjutan, dan persatuan bangsa. Mari kita bersama-sama mendukung pembangunan IKN, mengantarkan Indonesia menuju era baru yang gemilang.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *