Perkembangan Terbaru Duplikasi Jembatan Pulau Balang di IKN 6 Februari 2024

53 sec read

IKN, Tekniksipil.id – Pembangunan Infrastruktur Kawasan Industri Kendawangan (IKN) terus menunjukkan progres yang positif, khususnya dalam duplikasi jembatan Pulau Balang dengan bentang pendek.

Melalui pemantauan terkini, perubahan signifikan terlihat pada bagian tengah jembatan, yang menunjukkan lengkungan sudah mendekati tahap penyelesaian setengah. Pekerjaan cor-coran lengkungan dan pemasangan tiang-tiang beton telah mencapai titik yang membanggakan.

Dalam kondisi terkini per tanggal 6 Februari, terlihat bahwa bagian depan jembatan Pulau Balang telah mencapai tingkat kesiapan yang memadai.

Perkembangan Terbaru Duplikasi Jembatan Pulau Balang di IKN

Lengkungan-lengkungan tersebut telah dicor dengan baik, dan tiang-tiangnya juga telah dibeton, menunjukkan kemajuan yang signifikan.

Sisi kanan jembatan, terutama di arah laut, menunjukkan perubahan yang semakin banyak, dengan kendaraan proyek yang sering melintasi jembatan yang masih dalam tahap pembangunan ini.

Penting untuk dicatat bahwa, meskipun video sebelumnya menunjukkan perubahan drastis, perkembangan ini adalah bagian dari rencana keseluruhan pembangunan IKN.

Sebagai tambahan, papan informasi di sekitar jembatan memberikan gambaran menyeluruh tentang proyek ini, termasuk informasi terkait jalan tol dan akses menuju IKN.

Seiring dengan progres jembatan Pulau Balang, Dermaga Logistik IKN juga sudah berfungsi, memudahkan pengangkutan material dan mendukung kelancaran aktivitas di kawasan industri tersebut.

Sekaligus dengan perkembangan pembangunan, peta jaringan jalan menuju IKN menunjukkan bahwa proyek duplikasi jembatan ini akan menjadi akses vital, terhubung dengan jalan nasional dan jalan tol yang membentang hingga ke IKN.

Baca Juga :
 Apa itu Oprit Jembatan?
 Apa itu Girder Jembatan?

Gambaran ini memberikan pandangan lebih luas tentang dampak positif yang akan dirasakan oleh masyarakat dan industri di sekitar IKN. Dengan begitu, kita menantikan perkembangan selanjutnya dalam memajukan infrastruktur penting ini.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *