Progres Pemasangan Struktur Tiang Pancang Patung Garuda IKN 8 Februari 2024

50 sec read

IKN, 8 Februari 2024, Tekniksipil.id -Pada artikel kali ini, kita akan mengulas perkembangan pemasangan struktur tiang pancang yang menjadi landasan bagi patung Garuda di kawasan sayap kiri dan kanan kantor presiden.

Progres pemasangannya telah mencapai tahap yang signifikan, menunjukkan kesungguhan dalam menyiapkan fondasi yang kuat untuk menopang berat patung Garuda tersebut.

Struktur tiang pancang yang dipasang terlihat sangat besar dan kokoh, memperlihatkan keandalan dalam menopang beban yang sangat berat.

Pemasangan Struktur Tiang Pancang Patung Garuda IKN

Patung Garuda yang akan didirikan memiliki sekitar 4.600 bilah dengan berat mencapai 0,3 ton per bilahnya. Dengan total berat sekitar 1450 ton.

Tiang pancang ini memang harus sangat kokoh untuk menjamin stabilitas patung Garuda yang monumental.

Patung Garuda ini memiliki panjang sekitar 230 meter dari ujung sayap kiri ke ujung sayap kanan, yang akan menyelimuti kantor presiden.

Selain progres pemasangan struktur tiang pancang, penting untuk diungkapkan juga alasan penggunaan bahan kuningan dan baja untuk patung Garuda ini.

Menurut Pak Nyoman, penggunaan bahan tersebut dipilih karena ketahanannya terhadap cuaca dan sifat antikaratnya.

Bahan kuningan ini, yang merupakan campuran dari timah dan tembaga, memberikan kelebihan dalam hal daya tahan terhadap perubahan cuaca, yang akan memastikan keindahan dan kebersihan patung Garuda tersebut dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, penting untuk dicatat bahwa struktur patung Garuda ini juga dirancang untuk mendukung kebersihan kantor presiden tanpa perlu perawatan khusus.

Dengan konsep hutan yang akan dibangun di dalamnya, patung ini tidak hanya menjadi landmark monumental, tetapi juga menciptakan lingkungan yang hijau dan nyaman di sekitar kantor presiden.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *