Progres Pembangunan Infrastruktur Transportasi IKN: Kesiapan Akses Menuju Ibu Kota Baru

53 sec read

IKN, 24 Februari 2024, Tekniksipil.id – Pemerintah Indonesia tengah mengambil langkah besar dalam mempersiapkan infrastruktur menuju Ibu Kota Negara yang baru, yang dikenal sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN).

Salah satu proyek yang tengah berlangsung adalah pembangunan Bandara VVIP IKN yang diharapkan akan menjadi akses vital ke ibu kota baru tersebut.

Dengan akses yang baik, diharapkan akan mempermudah perjalanan bagi para pejabat pemerintah, tamu negara, dan Very Important Persons (VIPs) lainnya yang berkunjung ke IKN.

Progres Pembangunan Infrastruktur Transportasi IKN

Bandara VVIP IKN di Penajam Paser Utara memiliki peran penting dalam menghubungkan IKN dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Melalui integrasi dengan jaringan jalan tol, akses ke IKN akan menjadi lebih lancar dan cepat. Progres pembangunan bandara ini telah mencapai tahap penting, dengan pembangunan landasan pacu, terminal, serta infrastruktur pendukung lainnya yang tengah dilakukan.

Diperkirakan bahwa bandara ini akan dapat menampung pesawat berukuran besar seperti Airbus A380 dan Boeing 747.

Dengan landasan pacu sepanjang 3 kilometer, bandara ini akan memfasilitasi pendaratan dan lepas landas pesawat dengan aman dan efisien. Selain itu, desain bandara ini juga menonjolkan kearifan lokal dengan mengadaptasi elemen-elemen budaya Kalimantan Timur dalam arsitektur dan desainnya.

Selain proyek pembangunan bandara itu sendiri, ada pula proyek-proyek terkait lainnya yang sedang dilakukan. Salah satunya adalah pembangunan jaringan jalan tol yang akan menghubungkan bandara dengan kota-kota terdekat serta dengan pusat pemerintahan di IKN.

Ini akan memberikan akses yang lebih mudah bagi masyarakat umum dan mendukung mobilitas di wilayah tersebut. Dengan demikian, proyek-proyek ini tidak hanya membawa perubahan infrastruktur, tetapi juga membuka peluang baru untuk pengembangan ekonomi dan pariwisata di kawasan IKN.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *