Progres Pembangunan Jalan Bypass Sepaku dengan Jembatan Unik di IKN

52 sec read

IKN, 3 Februari 2024, Tekniksipil.id – Dalam perjalanan pembangunan jalan bypass di area pasar Sepaku, kita menyaksikan progres yang signifikan dalam memotong area pasar menuju IKN.

Pekerjaan pengerjaan jalur ini nampak sangat cepat, terutama pada bagian yang telah diampar koral dan dicur untuk mempercepat proses konstruksi.

Namun, kondisi di sekitar area pasar tetap menjadi tantangan tersendiri, terutama saat orang-orang beristirahat atau mencari makanan di siang hari, menjadikan area tersebut padat oleh kendaraan.

Pembangunan Jalan Bypass di IKN

Sekarang, perhatian kita tertuju pada bagian depan, di mana pengerjaan pondasi untuk GOR (Gedung Olahraga) sudah dimulai.

Jalannya yang tinggi setinggi atap rumah warga menandakan bahwa proyek ini akan memberikan kontribusi signifikan pada infrastruktur olahraga di wilayah tersebut.

Melihat kondisi ini, dapat disimpulkan bahwa pembangunan GOR akan menjadi sebuah terobosan yang diantisipasi dengan antusiasme tinggi.

Tidak hanya itu, akses jalan bebas ini juga memiliki tujuan strategis untuk mencegah kemacetan di area pasar. Dengan jalan bebas ini, diharapkan dapat mengurangi kemacetan yang biasa terjadi terutama pada hari Rabu, saat pasar di Sepaku sangat ramai.

Penggunaan rakit sebagai alat penyeberangan sungai menunjukkan kreativitas dan adaptasi dalam menjalankan proyek ini, memberikan gambaran bahwa pembangunan ini tidak hanya berfokus pada infrastruktur, tetapi juga memperhatikan aspek lingkungan sekitar.

Dengan terobosan inovatif dan kemajuan yang terlihat, pembangunan jalan bypass Sepaku ini membuka peluang besar bagi pengembangan wilayah dan infrastruktur yang lebih baik.

Dukungan dan partisipasi semua pihak diharapkan dapat memastikan kelancaran dan keberhasilan proyek ini, memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat dan membawa perubahan yang signifikan dalam konektivitas dan perkembangan wilayah sekitarnya.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *