Progres Pembangunan Rumah Susun Untuk ASN Hari Ini Mencapai 71%

50 sec read

IKN, 4 Februari 2024, Tekniksipil.id – PUPR tengah menggenjot progres pembangunan rumah susun (rusun) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Proyek ambisius ini mencakup pembangunan 12 tower rusun yang diharapkan rampung pada bulan Juni-Juli 2024.

Menurut Danis H Sumadilaga, Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, pembangunan IKN telah mencapai tahap signifikan dengan progres mencapai 71% untuk tahap 1 dan hampir 30% untuk tahap 2.

Dia menegaskan bahwa infrastruktur utama, termasuk rusun ASN-Hankam, akan siap pada Juli 2024. Danis menjelaskan, “Rusun sudah mencapai sekitar 20% dari target total 47 tower, dengan 12 di antaranya menjadi prioritas utama.”

Rumah Susun Untuk ASN di ikn
Via : Dokumen Foto Resmi pu.go.id

Lebih lanjut, Danis menyatakan bahwa target pembangunan 12 tower rusun pada bulan Juli akan membuka kapasitas lebih dari 2.000 unit, memberikan tempat tinggal bagi lebih dari 16.000 ASN.

Setiap tower memiliki 12 lantai, dengan masing-masing lantai menyediakan 5 unit apartemen berukuran 98 m2, dilengkapi dengan 3 kamar tidur. Fasilitas sosial dan umum akan mendominasi lantai 1 dan 2, sementara lantai lainnya akan menjadi hunian ASN.

Selain rusun ASN-Hankam, pembangunan 36 rumah tapak jabatan menteri (RTJM) juga mendapat perhatian serius.

Danis menyampaikan bahwa per 25 Januari 2024, progres pembangunan RTJM mencapai 72,417%, dengan 34 unit rumah dalam tahap pekerjaan struktur, dan 2 unit lainnya sudah memasuki tahap pekerjaan interior dan landskap.

Dengan demikian, PUPR berkomitmen untuk memastikan tidak hanya selesainya rusun ASN-Hankam, tetapi juga proyek RTJM yang mendukung infrastruktur khususnya di IKN, sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk menyediakan fasilitas yang memadai bagi para ASN.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *