Strategi Baru PT KCIC dalam Penerapan Tarif Dinamis Kereta Cepat Whoosh di 2024

1 min read

Jakarta, Tekniksipil.id – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) kembali membuat gebrakan dengan menerapkan skema tarif dinamis pada layanan Kereta Cepat Whoosh. Mulai 3 Februari 2024, penumpang akan menemukan variasi tarif dalam satu hari perjalanan, yang disebabkan oleh penerapan dynamic pricing.

Corporate Secretary PT KCIC, Eva Chairunisa, menjelaskan bahwa kebijakan ini memberikan fleksibilitas kepada penumpang untuk mendapatkan tiket Whoosh dengan harga lebih ekonomis saat melakukan perjalanan pada waktu tertentu.

Skema dynamic pricing ini mempertimbangkan beberapa faktor, seperti jam sibuk atau non-sibuk, momen liburan atau non liburan, serta hari kerja versus akhir pekan.

Tarif Kereta Cepat Whoosh

Dalam skema baru ini, tarif Whoosh kelas Premium Economy akan berkisar antara Rp150.000 hingga Rp250.000. Eva menegaskan bahwa penumpang diberi alternatif perjalanan dengan tarif yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan daya beli masing-masing.

Masyarakat dapat dengan mudah melakukan pemesanan tiket melalui berbagai saluran resmi, termasuk aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id, Ticket Vending Machine, dan loket resmi di stasiun.

Hingga 27 Januari 2024, sekitar 1,5 juta orang telah menggunakan layanan Whoosh untuk mobilitas Jakarta-Bandung, dengan rata-rata okupansi mencapai 60%-80%.

Menariknya, puncak penggunaan terjadi pada bulan November 2023 dan masa angkutan Nataru Desember 2023 – Januari 2024, mencapai volume penumpang harian tertinggi sebanyak 21 ribu penumpang.

Dynamic pricing diharapkan memberikan nilai tambah bagi penumpang, memenuhi kebutuhan dan memberikan manfaat lebih baik kepada masyarakat.

Eva menambahkan bahwa penerapan dynamic pricing akan terus dipantau dan dievaluasi untuk memastikan kesesuaian dengan kebutuhan penumpang dan operasional Whoosh.

Sebagai bagian dari strategi, PT KCIC tidak hanya berfokus pada penerapan tarif dinamis. Perusahaan juga terus meningkatkan layanan dengan berkolaborasi bersama 12 destinasi wisata, kuliner, dan penginapan terkemuka di wilayah Bandung.

Masyarakat yang memiliki tiket Whoosh dapat menikmati promo gratis tiket masuk atau diskon di destinasi tersebut. Destinasi wisata seperti Dusun Bambu, Farmhouse, Floating Market, The Great Asia Afrika, dan lainnya telah bergabung dalam promo Free Entry.

Selain itu, ada promo diskon hingga 20 persen di sejumlah destinasi kuliner bagi pemegang tiket Whoosh. Dalam waktu dekat, PT KCIC juga berencana meningkatkan layanan terkait tiket dengan melibatkan beragam agen penjualan tiket online dan menyediakan layanan refund melalui aplikasi, memberikan kemudahan kepada penumpang tanpa harus mendatangi loket untuk pembatalan tiket.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *