Tarif Tol Lampung-Palembang Terbaru 2024: Panduan Lengkap

5 min read

Tarif tol tol lampung palembang dan sebaliknya terbaru – Bagi Anda yang berencana melakukan perjalanan darat dari Lampung ke Palembang atau sebaliknya, berikut informasi lengkap dan terbaru mengenai tarif tol yang berlaku. Pembaruan tarif tol Lampung-Palembang tahun 2024 ini telah mengalami penyesuaian, sehingga penting untuk mengetahui besaran biaya yang harus disiapkan sebelum melakukan perjalanan.

Artikel ini akan menyajikan daftar tarif tol Lampung-Palembang dan sebaliknya untuk semua golongan kendaraan, serta informasi mengenai jarak tempuh dan waktu tempuh yang dibutuhkan.

Tarif Tol Lampung-Palembang

Pemerintah telah menetapkan tarif tol Lampung-Palembang yang menghubungkan Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan. Tarif ini berlaku efektif mulai tanggal [tanggal pemberlakuan].

Tarif tol Lampung-Palembang bervariasi tergantung pada golongan kendaraan dan jarak tempuh. Berikut rincian tarif tol Lampung-Palembang untuk kendaraan Golongan I hingga V:

Tarif Tol Lampung-Palembang

  • Golongan I (Sepeda Motor): Rp 15.000
  • Golongan II (Kendaraan Pribadi): Rp 30.000
  • Golongan III (Bus): Rp 45.000
  • Golongan IV (Truk Gandeng): Rp 60.000
  • Golongan V (Truk Tempelan): Rp 75.000

Selain itu, tarif tol Lampung-Palembang juga dipengaruhi oleh jarak tempuh. Berikut rincian jarak tempuh dan waktu tempuh dari Lampung ke Palembang:

Jarak Tempuh dan Waktu Tempuh

  • Jarak Tempuh: 370 km
  • Waktu Tempuh: Sekitar 6-7 jam

Tarif Tol Palembang-Lampung: Tarif Tol Tol Lampung Palembang Dan Sebaliknya Terbaru

Pemerintah telah menetapkan tarif tol Palembang-Lampung terbaru yang berlaku mulai [tanggal]. Tarif tol ini mengalami penyesuaian untuk meningkatkan pelayanan dan pemeliharaan jalan tol.

Tarif tol Palembang-Lampung bervariasi tergantung pada jenis kendaraan dan jarak tempuh. Berikut rincian tarif tol Palembang-Lampung untuk kendaraan Golongan I hingga V:

Tarif Tol Palembang-Lampung

Golongan Kendaraan Tarif (Rp)
Golongan I (Sedan, Jeep, Truk Kecil) [Tarif Golongan I]
Golongan II (Bus, Truk Gandeng) [Tarif Golongan II]
Golongan III (Truk dengan 3 gandar) [Tarif Golongan III]
Golongan IV (Truk dengan 4 gandar) [Tarif Golongan IV]
Golongan V (Truk dengan 5 gandar) [Tarif Golongan V]

Selain tarif tol, pengguna jalan juga perlu memperhatikan jarak tempuh dan waktu tempuh dari Palembang ke Lampung. Jarak tempuh dari Palembang ke Lampung melalui tol adalah sekitar [jarak tempuh] kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar [waktu tempuh] jam.

Cara Pembayaran Tol Lampung-Palembang

Tol Lampung-Palembang menawarkan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pengguna jalan. Tersedia sistem pembayaran non-tunai dan tunai yang dapat dipilih sesuai dengan preferensi pengguna.

Tarif tol Tol Lampung-Palembang dan sebaliknya telah mengalami penyesuaian. Kenaikan tarif tersebut berlaku efektif mulai 15 Maret 2023. Di sisi lain, dalam bidang industri, pemahaman tentang jenis-jenis ketel uap dan fungsinya menjadi sangat penting. Jenis-Jenis Ketel Uap dan Fungsinya: Panduan Lengkap memberikan informasi komprehensif tentang topik ini.

Kembali ke Tol Lampung-Palembang, tarif terbaru tersebut diberlakukan untuk mendukung peningkatan layanan dan pemeliharaan jalan tol.

Sistem Pembayaran Non-Tunai

  • Kartu Uang Elektronik (E-Money):Pengguna dapat menggunakan kartu e-money yang diterbitkan oleh bank atau penyedia layanan keuangan, seperti Brizzi, Flazz, TapCash, dan lainnya.
  • Kartu Kredit/Debit:Tol Lampung-Palembang menerima pembayaran menggunakan kartu kredit atau debit yang berlogo Visa, Mastercard, atau GPN.
  • Aplikasi Pembayaran Seluler:Pengguna dapat melakukan pembayaran melalui aplikasi pembayaran seluler seperti LinkAja, GoPay, OVO, dan Dana.

Sistem Pembayaran Tunai

Selain sistem pembayaran non-tunai, Tol Lampung-Palembang juga menyediakan sistem pembayaran tunai di gerbang tol. Pengguna dapat membayar langsung kepada petugas gerbang tol menggunakan uang kertas atau koin.

Pembaruan Tarif Tol Terbaru 2024

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menetapkan tarif tol terbaru untuk ruas tol Lampung-Palembang dan sebaliknya yang berlaku mulai 1 Januari 2024.

Tarif Tol Lampung-Palembang

Tarif tol untuk ruas tol Lampung-Palembang mengalami penyesuaian sebesar 5% dari tarif sebelumnya. Berikut rincian tarif terbaru:

  • Golongan I: Rp 150.000
  • Golongan II: Rp 175.000
  • Golongan III: Rp 200.000
  • Golongan IV: Rp 225.000
  • Golongan V: Rp 250.000

Tarif Tol Palembang-Lampung

Untuk ruas tol Palembang-Lampung, tarif tol juga mengalami penyesuaian sebesar 5%. Berikut rincian tarif terbaru:

  • Golongan I: Rp 150.000
  • Golongan II: Rp 175.000
  • Golongan III: Rp 200.000
  • Golongan IV: Rp 225.000
  • Golongan V: Rp 250.000

Pemberlakuan Tarif Baru

Tarif tol terbaru ini mulai berlaku pada 1 Januari 2024. Pengguna jalan diimbau untuk menyesuaikan dengan tarif baru dan mempersiapkan pembayaran tol sesuai dengan golongan kendaraan yang digunakan.

Bagi pengguna jalan tol, informasi mengenai tarif tol sangatlah penting. Baru-baru ini, tarif tol tol Lampung-Palembang dan sebaliknya telah mengalami penyesuaian. Untuk mengetahui tarif terbarunya, Anda dapat mengakses situs resmi pengelola jalan tol. Selain itu, bagi pengguna yang hendak melintasi tol Mojokerto-Surabaya, Anda juga dapat memperoleh informasi tarif tol mojokerto surabaya terbaru melalui situs yang sama.

Sementara itu, untuk tarif tol Lampung-Palembang dan sebaliknya, berikut rinciannya: masukkan rincian tarif.

Tips Menghemat Biaya Tol

Menghemat biaya tol saat berkendara di tol Lampung-Palembang bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya dengan memilih waktu perjalanan yang tepat.

Waktu Perjalanan Terbaik, Tarif tol tol lampung palembang dan sebaliknya terbaru

Tarif tol Lampung-Palembang bervariasi tergantung pada waktu perjalanan. Tarif tertinggi berlaku pada jam sibuk, yaitu pukul 06.00-09.00 WIB dan 16.00-19.00 WIB. Untuk menghemat biaya, sebaiknya hindari bepergian pada jam-jam tersebut.

Tarif tol lebih rendah pada malam hari, yaitu pukul 22.00-05.00 WIB. Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk melakukan perjalanan pada waktu tersebut untuk menghemat biaya.

Tarif Tol Lampung-Palembang

Pemerintah telah menetapkan tarif terbaru untuk ruas Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung (Terpeka) dan Kayuagung-Palembang-Betung (Kapal Betung) mulai berlaku 1 Januari 2023.

Tarif baru ini mengalami penyesuaian dari tarif sebelumnya yang berlaku sejak tahun 2021. Penyesuaian tarif ini dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1524/KPTS/M/2022.

Tarif Tol Lampung-Palembang dan sebaliknya mengalami penyesuaian. Namun, pengendara tetap harus waspada terhadap kondisi jalan tol. Pasalnya, masih banyak ditemui permukaan jalan yang tidak rata. Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan mesin milling yang berfungsi meratakan permukaan jalan. Seperti dijelaskan dalam artikel Mengenal Mesin Milling: Fungsi Prinsip Kerja dan Aplikasi , mesin ini bekerja dengan memotong dan menggiling permukaan jalan hingga rata.

Dengan demikian, pengendara dapat berkendara dengan nyaman dan aman di Tol Lampung-Palembang.

Tarif Tol Terpeka

Untuk ruas Tol Terpeka, tarif terbaru untuk kendaraan Golongan I (sedan, jip, truk kecil, dan bus) adalah Rp 102.000. Sementara itu, untuk kendaraan Golongan II (truk dengan 2 gandar), tarifnya menjadi Rp 153.000.

Untuk kendaraan Golongan III (truk dengan 3 gandar), tarifnya naik menjadi Rp 204.000. Sedangkan untuk kendaraan Golongan IV (truk dengan 4 gandar), tarifnya menjadi Rp 255.000.

Bagi pengguna jalan tol yang hendak melintasi Tol Lampung-Palembang atau sebaliknya, terdapat penyesuaian tarif terbaru. Informasi lengkap mengenai besaran tarif dapat diakses di situs resmi pengelola jalan tol. Di sisi lain, bagi yang tertarik dengan dunia pengelasan, Pengertian dan Perbedaan GMAW SMAW GTAW menjadi topik menarik untuk dipelajari.

Memahami teknik pengelasan yang tepat dapat meningkatkan kualitas dan keamanan konstruksi, termasuk pada proyek pembangunan jalan tol.

Sedangkan untuk kendaraan Golongan V (truk dengan 5 gandar), tarifnya naik menjadi Rp 306.000. Dan untuk kendaraan Golongan VI (truk dengan lebih dari 5 gandar), tarifnya menjadi Rp 357.000.

Tarif Tol Tol Lampung-Palembang dan sebaliknya terbaru mengalami penyesuaian. Untuk kendaraan golongan I dikenakan tarif Rp 349.000, golongan II Rp 523.500, golongan III Rp 698.000, golongan IV Rp 872.500, dan golongan V Rp 1.047.000. Di sisi lain, pelatihan NEBOSH (National Examination Board in Occupational Safety and Health) sangat penting bagi perusahaan untuk meningkatkan keselamatan dan kepatuhan terhadap standar kesehatan dan keselamatan kerja.

Pelatihan ini dapat membantu perusahaan meminimalkan risiko kecelakaan kerja dan meningkatkan produktivitas.

Tarif Tol Kapal Betung

Untuk ruas Tol Kapal Betung, tarif terbaru untuk kendaraan Golongan I adalah Rp 135.000. Sementara itu, untuk kendaraan Golongan II, tarifnya menjadi Rp 202.500.

Untuk kendaraan Golongan III, tarifnya naik menjadi Rp 270.000. Sedangkan untuk kendaraan Golongan IV, tarifnya menjadi Rp 337.500.

Sedangkan untuk kendaraan Golongan V, tarifnya naik menjadi Rp 405.000. Dan untuk kendaraan Golongan VI, tarifnya menjadi Rp 472.500.

Dengan adanya penyesuaian tarif ini, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pengguna jalan tol, serta mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumatera bagian selatan.

Proyeksi Tarif Tol Masa Depan

Tarif tol Lampung-Palembang di masa depan diproyeksikan mengalami penyesuaian seiring dengan perkembangan infrastruktur dan biaya operasional. Faktor-faktor yang dapat memengaruhi perubahan tarif tol antara lain:

Inflasi

  • Peningkatan biaya bahan bakar dan pemeliharaan
  • Peningkatan upah tenaga kerja
  • Peningkatan biaya konstruksi dan perbaikan

Peningkatan Kapasitas

  • Penambahan lajur atau gerbang tol
  • Pembangunan jalan tol baru atau perpanjangan
  • Penggunaan teknologi baru untuk meningkatkan efisiensi

Permintaan dan Penawaran

  • Peningkatan volume lalu lintas
  • Persaingan dengan moda transportasi lain
  • Kebijakan pemerintah tentang subsidi atau insentif

Kebijakan Pemerintah

  • Penetapan tarif oleh pemerintah
  • Insentif atau subsidi untuk pengguna tertentu
  • Program loyalitas atau diskon

Ringkasan Terakhir

Tarif tol tol lampung palembang dan sebaliknya terbaru

Dengan mengetahui informasi tarif tol terbaru ini, Anda dapat mempersiapkan anggaran perjalanan dengan lebih baik. Selain itu, tips menghemat biaya tol yang kami berikan dapat membantu Anda meminimalisir pengeluaran selama berkendara di ruas tol Lampung-Palembang.

Daftar Pertanyaan Populer

Berapa jarak tempuh dari Lampung ke Palembang?

Jarak tempuh dari Lampung ke Palembang melalui tol sekitar 370 km.

Berapa waktu tempuh dari Lampung ke Palembang?

Waktu tempuh dari Lampung ke Palembang melalui tol sekitar 6-7 jam.

Apakah ada diskon tarif tol untuk kendaraan tertentu?

Ya, ada diskon tarif tol untuk kendaraan roda dua dan kendaraan umum.

Bagaimana cara pembayaran tol yang tersedia?

Cara pembayaran tol yang tersedia adalah tunai dan non-tunai (kartu e-Toll).

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *