BKN Luncurkan Aplikasi I-MUT untuk Optimalisasi Manajemen ASN yang Profesional dan Transparan

46 sec read

Jakarta, Tekniksipil.id -Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah meluncurkan aplikasi baru bernama I-MUT atau Integrated Mutasi, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan pengawasan terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

Tujuan utama dari aplikasi ini adalah untuk memastikan bahwa manajemen ASN di berbagai instansi pemerintah sesuai dengan Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) yang telah ditetapkan.

I-MUT didesain untuk mendukung optimalisasi layanan manajemen ASN secara digital di seluruh instansi pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Aplikasi I-MUT BKN

Dengan peluncuran aplikasi ini, diharapkan proses mutasi ASN bisa berlangsung lebih efektif dan efisien oleh pencatat pembina kepegawaian yang definitif atau pejabat yang mengisi kekosongan.

Salah satu keunggulan utama dari sistem I-MUT adalah menjamin bahwa setiap pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian ASN dilakukan sesuai dengan NSPK yang berlaku.

Hal ini diharapkan dapat mempercepat proses, mengurangi kesalahan atau penyimpangan, serta memberikan dukungan yang handal dalam pengambilan keputusan administrasi terkait manajemen ASN.

Haryomo Dwi Putranto, Pelaksana Tugas BKN, menjelaskan bahwa kualitas administrasi manajemen ASN berperan penting dalam menentukan kualitas birokrasi secara keseluruhan.

Oleh karena itu, upaya reformasi dalam manajemen ASN, seperti pengembangan karier dan pengawasan sistem merit, menjadi sangat penting untuk menjaga agar birokrasi tetap profesional, transparan, dan berorientasi pada kinerja.

BKN bersama mitra kerjanya berkomitmen untuk menjaga prinsip-prinsip merit dalam membangun birokrasi yang berkelas dunia, sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 20 tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *