IKN, Tekniksipil.id – Pada tanggal 2 Februari 2024, kita kembali memantau perkembangan terkini dari pembangunan jaringan tol IKN, khususnya pada segmen 3A dari Karang Juang KKT Kariangau. Pada kesempatan kali ini, kita akan fokus pada perbatasan antara segmen 3A dan 3B di Kariangau.
Di awal perjalanan, kita melihat bagaimana kondisi terbaru dari tol IKN segmen 3A, yang membentang dari Karang Juang KKT Kariangau hingga ke STA 14.
Segmen ini menjadi pintu gerbang penting yang menghubungkan beberapa lokasi strategis, seperti 3B Kakti Kariango dan Simpang Tempadung, serta 5A Simpang Tempadung hingga Jembatan Pulau Balang.
Setelah mencapai perbatasan antara 3A dan 3B, perjalanan dilanjutkan ke arah timur menuju Sungai Wain. Di STA 14, tol IKN 3A akan terhubung dengan tol Balikpapan-Samarinda di STA 27 atau secara spesifik di tol Balikpapan-Samarinda di K8.
Pembangunan tol ini menjadi bagian integral dari upaya pengembangan infrastruktur yang membuka aksesibilitas menuju Ibukota Nusantara.
Melihat dari atas STA 14, tampak jelas bahwa jalur logistik untuk material konstruksi dan area persiapan pembangunan overpass satu yang mengarah ke Pelabuhan Peti Kemas.
Di lokasi ini, terlihat perkembangan signifikan, terutama dalam rencana pembangunan overpass 1 yang akan menghubungkan tol IKN segmen 3A ke pelabuhan strategis tersebut.
Pada lokasi overpass 1, pekerjaan konstruksi pondasi jembatan bukit yang tinggi sudah mencapai tahap pengecoran. Rencana ini menjadi poin penting dalam mendukung kelancaran arus logistik di jalur tol tersebut, terutama menuju Pelabuhan Peti Kemas.
Selain itu, area depan tol IKN segmen 3A juga menunjukkan kemajuan luar biasa, terutama dalam rencana pembangunan overpass dua yang menuju Apical Group, KRN, Teluk Balikpapan, dan lain sebagainya.