Kemajuan Pembangunan Tol IKN Segmen 3B KKT Kariangau SP. Tempadung

59 sec read

IKN, 2 Februari 2024 – Proyek pembangunan Tol IKN Segmen 3B KKT Kariangau SP. Tempadung terus menunjukkan kemajuan yang signifikan. Lokasi ini, berada di Simpang Temadung dengan titik referensi Station (STA) 13, menjadi pusat perhatian sebagai area jembatan yang mengalami transformasi positif.

Pekerjaan penimbunan di sekitar jembatan STA 13 terlihat hampir rampung, sementara pemotongan bukit untuk penimbunan di area sekitar juga sedang berlangsung.

Pengaspalan di STA 12, yang mengarah ke utara dan berbelok ke barat, menjadi titik fokus, dengan beberapa bukit yang telah dipotong untuk memfasilitasi jalannya tol.

Pembangunan Tol IKN Segmen 3B KKT Kariangau SP. Tempadung

Tol IKN Segmen 3B ini akan membentang sepanjang 7 KM, menuju ke utara, berbelok ke barat, dan bertemu dengan Tol IKN5A di Simpang Tempadung, tepat di Jembatan Pulau Balang, yang memiliki panjang total 6 KM.

Namun, tak hanya sekadar pembangunan jalan tol, proyek ini juga membawa dampak positif pada sektor lainnya. Di depan STA 12, tampak adanya pekerjaan pengerasan dan pemancangan, menunjukkan perhatian khusus terhadap kualitas infrastruktur.

Seiring dengan itu, area depan Tol IKN 3B ini akan membentang ke utara, berbelok ke arah barat, dan menghubungkan diri dengan Tol IKN5A di Simpang Tempadung, melintasi Jembatan Pulau Balang.

Proyek ini tidak hanya menjadi sarana konektivitas, tetapi juga mendukung pengembangan wilayah sekitarnya.

Sebagai tambahan informasi, proyek konstruksi Tol IKN ini memiliki tiga segmen, yakni 3A, 3B, dan 5A. Segmen 3A akan melintasi ke utara, sementara segmen 3B, yang saat ini dalam tahap pembangunan, akan berbelok ke arah barat. Sementara itu, segmen 5A akan menjadi jalur baru yang membentang ke arah barat.

Diharapkan, pembangunan ini tidak hanya meningkatkan konektivitas, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan memfasilitasi pengembangan wilayah sekitarnya.

Proyek ini menjadi tonggak penting dalam menciptakan jaringan transportasi yang efisien dan mendukung pertumbuhan ekonomi di kawasan Kariangau.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *