Progres Pembangunan Jalan Tol IKN Segmen 3A Menuju Sungai Wain di 14 Februari 2024

49 sec read

IKN, 14 Februari 2024, Tekniksipil.id – Pembangunan infrastruktur jalan tol merupakan salah satu upaya penting dalam memperbaiki konektivitas antar kota dan daerah.

Di tengah progres pembangunan jalan tol segmen 3A yang menghubungkan beberapa daerah di sekitar Sungai Wain, terlihat keseriusan para pekerja dalam menyelesaikan proyek ini.

Dari penampakan drone, terlihat ada penumpukan material dan proses pengecoran sedang berlangsung. Begitu pula dengan pemasangan struktur jembatan layang yang menjadi ikon di jalan tol ini.

Pembangunan Jalan Tol Segmen 3A Menuju Sungai Wain

Namun, di balik kemajuan tersebut, masih terdapat beberapa tahapan yang perlu diselesaikan. Misalnya, pembukaan lahan di sekitar daerah km1 yang telah dimulai, bahkan beberapa rumah harus digusur karena berada pada lintasan jalan tol.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam menghadapi proyek infrastruktur yang melibatkan pembebasan lahan. Selain itu, proses pembuatan pondasi di pinggiran jalan tol juga masih berlangsung, terutama di daerah yang melintasi Sungai Wain yang memiliki bentuk yang cukup berliku.

Saat melintasi proyek ini, potensi wisata alam yang ada di sekitar Sungai Wain juga menjadi sorotan.

Dengan pemandangan hutan dan sungai yang indah, jalan tol ini diharapkan tidak hanya menjadi jalur transportasi efisien, tetapi juga membuka peluang pariwisata baru di daerah sekitarnya.

Dengan demikian, di tengah progres pembangunan yang dilakukan, diharapkan juga pemanfaatan potensi wisata alam secara berkelanjutan dapat menjadi perhatian bagi para pemangku kepentingan. Semoga pembangunan ini berjalan lancar dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat serta lingkungan sekitarnya.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *