Progres Penataan Ruang Terbuka dalam Pembangunan IKN yang Kian Memukau

1 min read

IKN, 26 Februari 2024, Tekniksipil.id – Pembangunan Ibukota Nusantara terus menunjukkan kemajuan yang signifikan, memberikan harapan baru bagi masa depan Indonesia. Dari kawasan ibukota yang kita amati, kita dapat melihat betapa masifnya pekerjaan yang dilakukan untuk membangun infrastruktur yang kokoh dan fungsional.

Namun, sisi lain dari proyek ini tidak hanya tentang konstruksi fisik semata, tetapi juga tentang bagaimana proyek ini mengubah dan memengaruhi kehidupan masyarakat sekitarnya.

Dari segi pengelolaan ruang terbuka, penataan kawasan sekitar rumah sakit Kementerian Kesehatan menjadi contoh bagaimana proyek ini juga memperhatikan kebutuhan akan ruang hijau dan area terbuka yang bersahabat dengan lingkungan.

Progres Penataan Ruang Terbuka dalam Pembangunan IKN yang Kian Memukau

Keberadaan beranda Nusantara sebagai ruang terbuka publik dan ruang terbuka hijau menunjukkan bahwa pembangunan Ibukota Nusantara tidak hanya berfokus pada pembangunan fisik semata, tetapi juga memperhatikan keseimbangan antara pembangunan dan pelestarian lingkungan.

Selain itu, perhatian yang diberikan terhadap aspek lingkungan juga patut diapresiasi.

Penggunaan transportasi umum berbahan bakar ramah lingkungan seperti kendaraan listrik menjadi salah satu langkah positif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan di sekitar kawasan ibukota baru ini.

Langkah-langkah seperti ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk membangun sebuah kota yang tidak hanya modern dan fungsional, tetapi juga ramah lingkungan.

Pentingnya proyek ini tidak hanya terletak pada pembangunan gedung-gedung megah, tetapi juga pada penyediaan hunian bagi berbagai lapisan masyarakat, termasuk ASN, TNI, dan Polri.

Hunian-hunian ini tidak hanya menjadi tempat tinggal bagi para pejabat negara, tetapi juga merupakan infrastruktur dasar yang memastikan keberlangsungan hidup masyarakat di sekitarnya.

Dalam konteks ini, pembangunan hunian ASN menjadi salah satu bagian yang penting untuk diperhatikan, mengingat peran strategisnya dalam menyokong keberlangsungan operasional pemerintahan.

Sebagai penutup, kita patut berharap agar proyek ini dapat terus berjalan lancar hingga selesai, dengan tetap memperhatikan keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

Semoga pembangunan Ibukota Nusantara menjadi tonggak baru dalam kemajuan Indonesia, yang tidak hanya memberikan manfaat bagi generasi saat ini, tetapi juga untuk generasi yang akan datang.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *