Rencana Ekspansi Kereta Cepat Jakarta-Surabaya: Kapan Resmi Dibuka?

56 sec read

Jakarta, Tekniksipil.id – Pemerintah Indonesia tengah melangkah lebih jauh dalam upaya meningkatkan konektivitas antarwilayah dengan merencanakan perpanjangan jalur kereta cepat dari Jakarta hingga Surabaya, Jawa Timur.

Proyek ambisius ini memasuki tahap persiapan yang mencakup studi kelayakan atau feasibility study (FS). Menurut Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, studi ini sedang disusun bersama lembaga-lembaga terkait, walaupun dia belum merinci kapan studi kelayakan tersebut akan dimulai.

Keputusan trase atau jalur yang akan dilewati juga masih menjadi fokus, dimana Adita menegaskan bahwa penentuan jalur kereta cepat harus menunggu hasil studi kelayakan.

Penentuan jalur tersebut memunculkan berbagai pertimbangan, termasuk efisiensi waktu dan biaya. Adita menegaskan bahwa pembangunan kereta cepat ke Surabaya akan dilakukan secara bertahap, namun jalur mana yang akan diprioritaskan masih bergantung pada hasil kajian.

Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi, menambahkan bahwa untuk tahap awal, pemerintah merencanakan pembangunan jalur hingga Yogyakarta terlebih dahulu.

Hal ini tidak hanya mempertimbangkan aspek teknis dan keuangan, tetapi juga mengantisipasi potensi spekulasi harga tanah yang dapat terjadi di sepanjang jalur kereta cepat. KCIC berusaha menghindari ulah spekulan yang dapat mengganggu kelancaran project ini.

Sebelum melibatkan Yogyakarta, KCIC masih terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, serta pihak terkait lainnya.

Dwiyana Slamet Riyadi menegaskan bahwa pengalaman dari proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menjadi landasan untuk memastikan kesuksesan perpanjangan jalur ke Yogyakarta dan Surabaya.

Dengan pendekatan bertahap dan antisipasi terhadap berbagai aspek, proyek konstruksi kereta cepat Jakarta – Surabaya ini diharapkan memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan transportasi massal di Indonesia serta mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah yang dilalui oleh jalur kereta cepat ini.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *