Sambut Mudik Lebaran 2024, Pemerintah Siapkan 6 Ruas Tol Baru Untuk Digunakan, Simak Daftarnya!

1 min read

Jakarta, Tekniksipil.id – Hari raya idul Fitri yang jatuh pada tanggal 11 April kian dekat, dan persiapan mudik pun mulai digencarkan. Salah satu fokus utama adalah kelancaran arus lalu lintas.

Kabar gembiranya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) siap mengoperasikan 6 ruas tol baru sepanjang 163,1 km.

Keenam ruas tol baru ini tersebar di Jawa dan Sumatera, dan diharapkan dapat memecah kemacetan di beberapa titik krusial. Tol-tol ini juga akan membantu meningkatkan konektivitas antar daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Pemerintah Siapkan 6 Ruas Tol Baru untuk mudik lebaran 2024

Daftar Ruas Tol Baru untuk Mudik Lebaran 2024

Jawa:

  • Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Seksi 3 (Taman Mekar-Sadang) sepanjang 8,5 km
  • Tol Yogyakarta-Solo Seksi 1 (Kartasuro-Karanganom) sepanjang 22,3 km
  • Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2 dan 3 (Cikeas-Cibitung) sepanjang 19 km
  • Pelebaran Lajur Tol Cikampek-Palimanan (KM 71-85) sepanjang 14 km

Sumatera:

  • Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 2 (Kuala Tanjung-Indrapura) dan Seksi 3-4 (Sinasak-Seribu Dolok) sepanjang 56,6 km
  • Tol Bangkinang-Tanjung Alai sepanjang 24,7 km
  • Tol Indrapura-Kisaran Seksi 2 (Limapuluh-Kisaran) sepanjang 32 km

Tak Hanya Tol Baru, Fasilitas Rest Area Juga Diperhatikan

Selain membuka tol fungsional baru, Kementerian PUPR dan BUJT juga fokus pada peningkatan pelayanan di rest area. Saat ini, terdapat 134 TIP tipe A, B, dan C di seluruh jalan tol Indonesia.

Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik, BUJT diimbau untuk memastikan tidak ada jalan berlubang dan menambah toilet portabel di rest area. Pengguna jalan tol juga diimbau untuk mematuhi aturan berkendara, mengecek kondisi kendaraan, dan mengutamakan keselamatan.

Mudik Aman dan Nyaman: Persiapan Matang dan Kesadaran Pengguna Jalan

Pembangunan infrastruktur jalan tol dan peningkatan fasilitas rest area merupakan upaya pemerintah untuk menghadirkan mudik yang aman dan nyaman. Namun, kelancaran mudik juga tergantung pada kesadaran dan kepatuhan pengguna jalan.

Mari bersama-sama kita persiapkan diri dengan matang, patuhi peraturan, dan utamakan keselamatan agar mudik Lebaran 2024 menjadi momen yang berkesan dan penuh kebahagiaan bersama keluarga tercinta.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *