Tarif Tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek: Panduan Terbaru 2024

3 min read

Tarif tol jakarta (karawang timur) – cikampek – Pemerintah telah menetapkan tarif baru untuk Tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek, efektif mulai tahun 2024. Tarif terbaru ini mengalami penyesuaian dari tarif sebelumnya, sehingga penting bagi pengguna jalan untuk mengetahui perubahan yang terjadi.

Jalan tol sepanjang 73 kilometer ini menghubungkan Jakarta dengan Cikampek, menjadikannya jalur vital bagi lalu lintas kendaraan. Dengan adanya tarif baru, pengguna jalan perlu mempersiapkan biaya yang harus dikeluarkan untuk melintasi tol ini.

Tarif Tol Jakarta (Karawang Timur)

Cikampek

Daftar Isi:

Jalan Tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek merupakan ruas jalan tol yang menghubungkan Jakarta dengan Cikampek, Jawa Barat. Jalan tol ini memiliki panjang sekitar 73 kilometer dan merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa.

Tarif tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek terbaru telah diberlakukan sejak 19 Januari 2023. Sementara itu, di Jawa Timur, tarif tol Surabaya – Malang dan sebaliknya juga mengalami penyesuaian. Sesuai Keputusan Menteri PUPR No. 1362/KPTS/M/2022, tarif terbaru tol Surabaya – Malang mulai berlaku pada 18 November 2022. Tarif baru ini diberlakukan untuk mendukung peningkatan layanan dan kelancaran lalu lintas di kedua ruas tol tersebut.

Untuk informasi lengkap mengenai tarif tol Surabaya – Malang dan sebaliknya, silakan kunjungi tarif tol surabaya malang dan sebaliknya terbaru . Sementara itu, untuk tarif tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek, informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui situs resmi pengelola tol.

Rute Tol Jakarta (Karawang Timur)

Tarif tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek saat ini berada di kisaran Rp15.000 hingga Rp35.000, tergantung jenis kendaraan. Tarif ini relatif terjangkau jika dibandingkan dengan tarif tol Mojokerto – Surabaya yang mencapai Rp15.500 hingga Rp38.500.

Meski begitu, pemerintah berencana menaikkan tarif tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek pada tahun depan untuk menyesuaikan dengan biaya operasional dan pemeliharaan.

Cikampek

Rute Tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek dimulai dari Gerbang Tol (GT) Karawang Timur di Karawang, Jawa Barat, dan berakhir di GT Cikampek di Cikampek, Jawa Barat. Jalan tol ini melewati beberapa daerah, antara lain Karawang, Bekasi, dan Cikarang.

Tarif tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek telah mengalami penyesuaian, yang dapat Anda periksa secara lengkap pada situs resmi pengelola jalan tol. Sementara itu, untuk informasi terbaru terkait tarif tol Lampung – Palembang dan sebaliknya, Anda dapat mengakses tarif tol tol lampung palembang dan sebaliknya terbaru . Adapun tarif tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek yang berlaku saat ini, dapat Anda temukan pada situs yang sama.

Tarif Tol Jakarta (Karawang Timur)

Tarif Tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek mengalami penyesuaian. Namun, kenaikan tarif ini tidak sebesar yang diberlakukan pada ruas tol Karanganyar (Solo) – Ngawi. Berdasarkan informasi terbaru, tarif tol Karanganyar (Solo) – Ngawi naik signifikan, sehingga pengguna jalan perlu mempersiapkan biaya tambahan.

Sementara itu, tarif Tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek tetap menjadi salah satu yang termahal di Indonesia, sehingga pengguna jalan diharapkan dapat mengatur pengeluaran dengan bijak.

Cikampek

Tarif tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek bervariasi tergantung pada jenis kendaraan dan golongan kendaraan. Berikut ini adalah tabel tarif tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek untuk kendaraan Golongan I hingga V:

Golongan Kendaraan Tarif
Golongan I Rp45.000
Golongan II Rp60.000
Golongan III Rp75.000
Golongan IV Rp105.000
Golongan V Rp145.000

Perubahan Tarif Tol Jakarta (Karawang Timur)

Cikampek

Tarif tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek terakhir kali direvisi pada tahun 2023. Tarif baru tersebut mengalami kenaikan sebesar 5% dari tarif sebelumnya.

Tarif Tol Jakarta (Karawang Timur)

Cikampek Terbaru

Pemerintah telah menetapkan tarif baru untuk Tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek mulai tahun 2024. Tarif baru ini mengalami penyesuaian untuk mengakomodasi biaya operasional dan pemeliharaan jalan tol yang terus meningkat.

Pengguna jalan tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek perlu menyiapkan biaya tambahan menyusul penyesuaian tarif yang berlaku sejak 17 Januari 2023. Peningkatan keselamatan dan kepatuhan dalam berkendara menjadi perhatian penting, seperti tercermin dalam Pengertian dan Fungsi Training NEBOSH . Dengan mengikuti pelatihan tersebut, pengemudi dapat meningkatkan kesadaran dan keterampilan dalam mengelola risiko keselamatan di jalan raya.

Dengan demikian, berkendara di tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek yang kini memiliki tarif baru diharapkan tetap aman dan lancar.

Tarif tol baru ini berlaku untuk semua golongan kendaraan, mulai dari Golongan I hingga Golongan V. Besaran tarif bervariasi tergantung pada jarak tempuh dan jenis kendaraan.

Tarif Tol Jakarta (Karawang Timur)

Cikampek

Golongan Kendaraan Tarif (Rp) Jarak Tempuh (km)
I 21.000 24
II 28.000 24
III 35.000 24
IV 42.000 24
V 49.000 24

Cara Mendapatkan Informasi Tarif Terbaru

Untuk mendapatkan informasi tarif terbaru Tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek, Anda dapat menghubungi:

  • Call center operator jalan tol
  • Situs web resmi operator jalan tol
  • Aplikasi mobile operator jalan tol

Pembayaran dan Diskon

Tarif tol jakarta (karawang timur) - cikampek

Pengguna Tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek dapat membayar tol dengan berbagai metode, termasuk uang tunai, kartu elektronik, dan aplikasi pembayaran.

Kartu Elektronik

  • e-Toll Card
  • Flazz BCA
  • TapCash BNI
  • Brizzi BRI
  • LinkAja

Aplikasi Pembayaran

  • M-Banking
  • GoPay
  • OVO
  • Dana

Diskon

Tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek menawarkan diskon untuk pengguna yang menggunakan kartu elektronik atau aplikasi pembayaran. Diskon bervariasi tergantung pada jenis kartu atau aplikasi yang digunakan.

Rute Alternatif: Tarif Tol Jakarta (karawang Timur) – Cikampek

Tarif tol jakarta (karawang timur) - cikampek

Pengguna jalan yang ingin menghindari tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek dapat menggunakan beberapa rute alternatif berikut:

Jalan Raya Pantura

  • Biaya: Gratis
  • Waktu tempuh: Lebih lama dari tol (sekitar 4-6 jam)
  • Saran: Cocok untuk perjalanan malam hari atau saat lalu lintas tol padat

Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), Tarif tol jakarta (karawang timur) – cikampek

  • Biaya: Berbayar (sesuai tarif JORR)
  • Waktu tempuh: Sedikit lebih lama dari tol (sekitar 2-3 jam)
  • Saran: Cocok untuk perjalanan dari Jakarta Barat atau Utara menuju Cikampek

Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORL)

  • Biaya: Berbayar (sesuai tarif JORR)
  • Waktu tempuh: Setara dengan tol (sekitar 1-2 jam)
  • Saran: Cocok untuk perjalanan dari Jakarta Selatan atau Timur menuju Cikampek

Kesimpulan

Tarif baru Tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pengguna jalan. Pengguna jalan diimbau untuk selalu mengikuti informasi terbaru mengenai tarif tol dan menggunakan rute alternatif jika diperlukan untuk menghemat biaya.

Detail FAQ

Apakah ada metode pembayaran elektronik yang dapat digunakan untuk membayar tol?

Ya, pengguna jalan dapat menggunakan kartu uang elektronik atau aplikasi pembayaran digital yang bekerja sama dengan pengelola tol.

Apakah ada diskon atau promo yang tersedia untuk pengguna tol?

Ya, pengelola tol terkadang memberikan diskon atau promo pada waktu-waktu tertentu, seperti diskon untuk pengguna kartu tertentu atau diskon pada jam-jam tertentu.

Bagaimana cara mendapatkan informasi terbaru mengenai tarif tol?

Pengguna jalan dapat memperoleh informasi terbaru mengenai tarif tol melalui situs web resmi pengelola tol atau melalui aplikasi navigasi yang menyediakan informasi tarif tol.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *