Tarif Tol Kertosono-Ngawi Terbaru 2024: Rincian dan Metode Pembayaran

4 min read

Tarif tol kertosono ngawi terbaru – Pemerintah telah menetapkan tarif tol terbaru untuk ruas Kertosono-Ngawi yang berlaku efektif sejak awal tahun 2024. Tarif ini mengalami penyesuaian dari sebelumnya, menyesuaikan dengan biaya operasional dan pemeliharaan jalan tol.

Rincian tarif tol Kertosono-Ngawi terbaru untuk berbagai golongan kendaraan akan dibahas dalam artikel ini, termasuk perbedaan tarif untuk jam-jam tertentu dan hari libur. Selain itu, artikel ini juga akan membahas metode pembayaran yang tersedia di gerbang tol, rute alternatif yang dapat digunakan untuk menghindari tol, serta fasilitas yang tersedia di sepanjang jalan tol.

Tarif Tol Kertosono-Ngawi

Tarif Tol Kertosono-Ngawi telah mengalami penyesuaian terbaru sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1394/KPTS/M/2022. Tarif baru ini mulai berlaku pada tanggal 1 Maret 2023.

Setelah penyesuaian tarif tol Kertosono-Ngawi, kini masyarakat dapat mengakses informasi terbaru mengenai biaya tol tersebut. Selain itu, pengguna jalan juga dapat memperoleh informasi terkini mengenai tarif tol Lampung-Palembang terbaru . Kembali ke tarif tol Kertosono-Ngawi, pengguna dapat memperoleh informasi detail melalui sumber resmi guna memastikan perjalanan yang lancar dan efisien.

Rincian Tarif

Berikut adalah rincian tarif Tol Kertosono-Ngawi terbaru untuk kendaraan golongan I-V:

  • Golongan I (Sedan, Jeep, Truk Kecil): Rp 40.000
  • Golongan II (Bus): Rp 60.000
  • Golongan III (Truk Gandeng): Rp 80.000
  • Golongan IV (Truk Tronton): Rp 100.000
  • Golongan V (Truk Kontainer): Rp 120.000

Perbedaan Tarif Jam-Jam Tertentu dan Hari Libur

Tarif Tol Kertosono-Ngawi tidak mengalami perbedaan untuk jam-jam tertentu atau hari libur.

Diskon dan Promo Khusus, Tarif tol kertosono ngawi terbaru

Saat ini, tidak ada diskon atau promo khusus yang diberikan untuk pengguna Tol Kertosono-Ngawi.

Tarif tol Kertosono-Ngawi terbaru telah mengalami penyesuaian. Kendaraan golongan I dikenakan tarif Rp 65.000, naik dari sebelumnya Rp 55.000. Sementara itu, di jalur tol lain, tarif tol Tol Cikupa-Jakarta-Merak juga mengalami kenaikan. Kendaraan golongan I dikenakan tarif Rp 15.000, naik dari sebelumnya Rp 12.500. Penyesuaian tarif tol ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan pemeliharaan infrastruktur jalan tol.

Pembayaran Tarif Tol

Gerbang tol Kertosono-Ngawi menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pengguna. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga pengguna dapat memilih sesuai preferensi dan kebutuhan mereka.

Tarif tol Kertosono-Ngawi yang baru telah ditetapkan, seiring dengan kenaikan tarif tarif tol Caruban-Nganjuk . Penyesuaian tarif ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan dan pemeliharaan jalan tol. Tarif baru tol Kertosono-Ngawi berkisar antara Rp16.500 hingga Rp70.000, tergantung pada jenis kendaraan dan jarak tempuh.

Kartu Uang Elektronik (E-Money)

Kartu uang elektronik adalah metode pembayaran tanpa kontak yang banyak digunakan karena praktis dan cepat. Kartu ini dapat diisi ulang dengan saldo dan digunakan untuk membayar tol secara otomatis. Kelebihan menggunakan kartu uang elektronik antara lain:

  • Transaksi cepat dan mudah.
  • Tidak perlu menyiapkan uang tunai.
  • Dapat digunakan di berbagai gerbang tol.

Namun, kartu uang elektronik juga memiliki beberapa kekurangan:

  • Saldo kartu harus selalu cukup.
  • Beberapa kartu mungkin memiliki biaya administrasi.
  • Terkadang terjadi gangguan sistem yang dapat menyebabkan antrian.

Kartu Tol Elektronik (ETC)

Kartu tol elektronik (ETC) adalah kartu khusus yang dipasang pada kendaraan. Saat kendaraan melewati gerbang tol, sistem akan secara otomatis mendeteksi kartu dan memotong saldo sesuai tarif yang berlaku. Keuntungan menggunakan ETC antara lain:

  • Transaksi sangat cepat karena tidak perlu berhenti.
  • Tidak perlu menyiapkan uang tunai atau kartu uang elektronik.
  • Dapat digunakan di semua gerbang tol yang dilengkapi ETC.

Adapun kekurangan dari ETC adalah:

  • Biaya pemasangan dan perawatan kartu.
  • Kartu harus selalu berada di dalam kendaraan.
  • Sistem terkadang mengalami gangguan yang dapat menyebabkan antrian.

Cara Menggunakan Kartu Tol Elektronik (ETC)

  1. Pasang kartu ETC pada kendaraan sesuai petunjuk yang diberikan.
  2. Pastikan saldo kartu ETC cukup untuk membayar tarif tol.
  3. Ketika melewati gerbang tol, perlambat kendaraan dan ikuti jalur khusus ETC.
  4. Sistem akan secara otomatis mendeteksi kartu ETC dan memotong saldo.
  5. Ambil tanda terima transaksi yang keluar dari mesin.

Rute Alternatif: Tarif Tol Kertosono Ngawi Terbaru

Tarif tol kertosono ngawi terbaru

Bagi pengguna jalan yang ingin menghindari Tol Kertosono-Ngawi, tersedia beberapa rute alternatif yang dapat dipilih. Jarak, waktu tempuh, dan kondisi jalan pada setiap rute alternatif bervariasi, sehingga penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor tersebut saat memilih rute.

Tarif tol Kertosono-Ngawi terbaru telah mengalami penyesuaian, memberikan kemudahan akses bagi masyarakat yang melintasi jalur tersebut. Di sisi lain, tarif tol Colomadu-Karanganyar terbaru juga telah diberlakukan, memperlancar mobilitas di wilayah Jawa Tengah. Penyesuaian tarif tol ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan konektivitas dan mendorong perekonomian.

Tarif tol Kertosono-Ngawi terbaru dapat diakses di situs resmi pengelola jalan tol, sementara informasi terkini mengenai tarif tol Colomadu-Karanganyar terbaru dapat diperoleh melalui sumber terpercaya seperti situs resmi pemerintah daerah setempat.

Jalan Nasional Kertosono-Ngawi

Rute alternatif pertama adalah melalui Jalan Nasional Kertosono-Ngawi. Rute ini memiliki jarak sekitar 90 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2-3 jam. Kondisi jalan pada rute ini cukup baik, meskipun pada beberapa titik terdapat jalan yang berlubang atau rusak.

Tarif tol Kertosono-Ngawi terbaru telah ditetapkan oleh pemerintah. Tarif ini mengalami penyesuaian dari sebelumnya. Selain itu, tarif tol Natar-Gunung Batin terbaru juga telah dirilis, menyesuaikan dengan kenaikan biaya operasional dan pemeliharaan jalan tol. Tarif tol Natar-Gunung Batin terbaru dapat dilihat pada situs web resmi . Sementara itu, tarif tol Kertosono-Ngawi terbaru dapat dicek langsung di gerbang tol atau melalui aplikasi jalan tol yang tersedia.

Jalan Tol Trans Jawa Non-Tol

Pilihan rute alternatif lainnya adalah melalui Jalan Tol Trans Jawa Non-Tol. Rute ini memiliki jarak yang lebih jauh, sekitar 120 kilometer, tetapi waktu tempuhnya lebih singkat, sekitar 1,5-2 jam. Kondisi jalan pada rute ini umumnya baik dan lebar, sehingga nyaman untuk dilalui.

Jalan Provinsi Kertosono-Madiun-Ngawi

Rute alternatif ketiga adalah melalui Jalan Provinsi Kertosono-Madiun-Ngawi. Rute ini memiliki jarak sekitar 100 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2-3 jam. Kondisi jalan pada rute ini cukup baik, meskipun pada beberapa titik terdapat jalan yang berkelok-kelok atau sempit.

Fasilitas di Sepanjang Tol

Jalan Tol Kertosono-Ngawi dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mendukung kenyamanan dan keamanan pengguna jalan. Fasilitas-fasilitas ini tersebar di sepanjang tol, memberikan akses mudah bagi pengendara.

Rest Area

  • Rest Area Km 579: Terletak di arah Ngawi, menyediakan fasilitas toilet, musala, minimarket, dan area parkir.
  • Rest Area Km 587: Terletak di arah Kertosono, menawarkan fasilitas yang sama dengan Rest Area Km 579, serta tambahan tempat bermain anak.

SPBU

  • SPBU Km 583: Berada di arah Ngawi, menyediakan bahan bakar jenis Pertamax, Pertalite, dan Solar.
  • SPBU Km 591: Terletak di arah Kertosono, menawarkan bahan bakar yang sama dengan SPBU Km 583.

Bengkel

  • Bengkel Km 585: Menyediakan layanan perbaikan ringan kendaraan roda empat dan roda dua, serta penjualan suku cadang.

Tarif Tol Kertosono-Ngawi Terbaru 2024

Pemerintah telah merilis tarif tol terbaru untuk ruas Kertosono-Ngawi yang berlaku mulai 1 Januari 2024. Informasi ini bersumber dari situs resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Golongan Kendaraan

  • Golongan I: Rp22.000
  • Golongan II: Rp33.000
  • Golongan III: Rp44.000
  • Golongan IV: Rp55.000
  • Golongan V: Rp66.000

Pembayaran dan Diskon

Pembayaran tarif tol dapat dilakukan secara tunai atau menggunakan kartu uang elektronik. Pengguna kartu uang elektronik dapat menikmati diskon sebesar 5%.

Informasi Lebih Lanjut

Informasi terbaru mengenai tarif tol Kertosono-Ngawi dapat diperiksa secara online melalui situs resmi PUPR atau menghubungi call center yang tersedia.

Simpulan Akhir

Dengan adanya informasi tarif tol terbaru ini, pengguna jalan diharapkan dapat merencanakan perjalanan dengan lebih baik dan mempersiapkan biaya yang diperlukan. Pemerintah juga terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas di jalan tol untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan.

FAQ Umum

Apakah ada diskon atau promo khusus untuk pengguna tol Kertosono-Ngawi?

Ya, pengguna tol dapat memanfaatkan diskon tarif hingga 50% untuk transaksi menggunakan kartu tol elektronik (ETC) pada jam-jam tertentu.

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di gerbang tol Kertosono-Ngawi?

Pengguna tol dapat melakukan pembayaran tunai, menggunakan kartu tol elektronik (ETC), atau aplikasi pembayaran digital yang bekerja sama dengan operator jalan tol.

Apakah ada rute alternatif yang dapat digunakan untuk menghindari tol Kertosono-Ngawi?

Ya, terdapat beberapa rute alternatif yang dapat digunakan, seperti melalui jalur arteri nasional atau jalan provinsi. Namun, jarak dan waktu tempuh rute alternatif umumnya lebih panjang dibandingkan dengan melalui jalan tol.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *