Tarif Tol Lampung-Palembang Terbaru: Rincian, Faktor, dan Tips Hemat

3 min read

Tarif tol lampung palembang terbaru – Tarif tol terbaru untuk ruas Lampung-Palembang telah resmi diberlakukan. Tarif ini mengalami penyesuaian dengan mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk jarak tempuh, jenis kendaraan, dan waktu penggunaan. Berikut rincian tarif tol terbaru dan tips menghemat biaya.

Rincian tarif tol terbaru dapat dilihat pada tabel berikut:

Rincian Tarif Tol Lampung-Palembang Terbaru

Pemerintah telah menetapkan tarif tol terbaru untuk Jalan Tol Trans Sumatera ruas Lampung-Palembang. Tarif ini berlaku efektif sejak 1 Januari 2023.

Tarif tol Lampung-Palembang terbaru telah mengalami penyesuaian, sehingga penting untuk mengetahui rincian terbaru untuk menghindari pengeluaran berlebih. Sementara itu, Tarif Tol Kebakkramat yang diproyeksikan berlaku pada tahun 2024 juga perlu diperhatikan, karena akan berdampak pada konektivitas dan ekonomi wilayah tersebut.

Informasi lengkap mengenai Tarif Tol Kebakkramat 2024 dapat ditemukan di Tarif Tol Kebakkramat 2024: Rincian dan Dampaknya . Dengan mempertimbangkan tarif tol terbaru, baik untuk Lampung-Palembang maupun Kebakkramat, pengguna jalan dapat merencanakan perjalanan dengan lebih efektif dan efisien.

Rincian tarif tol terbaru berdasarkan golongan kendaraan dan jarak tempuh dapat dilihat pada tabel berikut:

Tabel Tarif Tol Lampung-Palembang

Golongan Kendaraan Jarak Tempuh (km) Tarif (Rp)
I 119,1 130.000
II 119,1 169.000
III 119,1 208.000
IV 119,1 247.000
V 119,1 286.000

Faktor yang Mempengaruhi Tarif Tol: Tarif Tol Lampung Palembang Terbaru

Tarif tol dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk:

Jarak Tempuh

Jarak yang ditempuh merupakan faktor utama yang memengaruhi tarif tol. Semakin jauh jarak yang ditempuh, semakin tinggi tarif tol yang dikenakan. Hal ini karena biaya operasional dan pemeliharaan jalan tol meningkat seiring dengan jarak tempuh.

Jenis Kendaraan

Jenis kendaraan juga memengaruhi tarif tol. Tarif tol untuk kendaraan berat, seperti truk dan bus, biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan tarif tol untuk kendaraan ringan, seperti mobil dan sepeda motor. Hal ini karena kendaraan berat menyebabkan keausan jalan tol yang lebih besar dan membutuhkan biaya pemeliharaan yang lebih tinggi.

Waktu Penggunaan

Waktu penggunaan jalan tol juga dapat memengaruhi tarif tol. Tarif tol biasanya lebih tinggi pada jam-jam sibuk, seperti pagi dan sore hari, ketika volume lalu lintas tinggi. Hal ini bertujuan untuk mengelola kemacetan dan mendorong penggunaan jalan tol pada waktu di luar jam sibuk.

Tarif Tol Lampung-Palembang terbaru telah diberlakukan sejak beberapa waktu lalu. Pengguna jalan dapat mengakses informasi tarif terkini melalui sumber resmi. Sementara itu, di Jawa Timur, Tarif Tol Kertosono-Mojokerto: Pembayaran Manfaat dan Dampak Ekonomi juga menjadi sorotan. Tarif tol tersebut memberikan manfaat bagi masyarakat dalam menghemat waktu dan biaya perjalanan.

Di sisi lain, tarif tol juga berdampak pada perekonomian sekitar, seperti peningkatan investasi dan penciptaan lapangan kerja. Hal ini juga terjadi di ruas Tol Lampung-Palembang, di mana tarif yang diberlakukan turut mendorong pertumbuhan ekonomi di sepanjang jalur tersebut.

Perbandingan Tarif Tol dengan Moda Transportasi Lain

Tarif tol Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni-Palembang menjadi perbincangan hangat masyarakat. Tarif yang berlaku saat ini dianggap memberatkan, sehingga banyak pengguna jalan mencari alternatif moda transportasi lain.

Bagi pengguna Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Lampung-Palembang, tarif tol terbaru telah diberlakukan sejak 18 Januari 2023. Sementara itu, di Jawa Timur, pengendara yang melintasi Tol Probolinggo-Pasuruan juga perlu mengetahui informasi terbaru mengenai tarif tol. Untuk panduan lengkap mengenai Tarif Tol Probolinggo-Pasuruan 2024, silakan kunjungi Tarif Tol Probolinggo-Pasuruan: Panduan Lengkap 2024 . Kembali ke JTTS, tarif tol Lampung-Palembang bervariasi tergantung jenis kendaraan dan jarak yang ditempuh.

Perbandingan tarif tol dengan moda transportasi lain perlu dilakukan untuk memberikan gambaran yang jelas tentang perbedaan biaya perjalanan.

Tarif Bus

  • Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP): Rp 150.000 – Rp 250.000
  • Bus Pariwisata: Rp 200.000 – Rp 300.000

Tarif Kereta Api

  • Kereta Ekonomi: Rp 120.000 – Rp 180.000
  • Kereta Bisnis: Rp 250.000 – Rp 400.000
  • Kereta Eksekutif: Rp 400.000 – Rp 600.000

Tarif Tol

Tarif tol Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni-Palembang bervariasi tergantung jenis kendaraan dan jarak tempuh:

Jenis Kendaraan Tarif
Golongan I (Sedan, Jeep, Bus Kecil) Rp 342.000 (full)
Golongan II (Truk Sedang, Bus Besar) Rp 450.000 (full)
Golongan III (Truk Berat) Rp 559.000 (full)
Golongan IV (Truk Ekstra Berat) Rp 762.000 (full)

Tarif Tol Lampung Palembang Terbaru

Pemerintah telah menetapkan tarif tol terbaru untuk ruas tol Lampung-Palembang. Tarif baru ini mulai berlaku sejak 16 Januari 2023 dan mengalami penyesuaian dari tarif sebelumnya.

Tarif tol Lampung-Palembang terbaru telah mengalami penyesuaian. Bagi pengguna yang ingin mengetahui rincian biaya dan metode pembayaran untuk ruas tol Tegineneng-Gunung Batin, dapat mengakses informasi lengkapnya melalui Tarif Tol Tegineneng-Gunung Batin: Rincian Biaya dan Metode Pembayaran . Penyesuaian tarif tol ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pengguna jalan.

Golongan Kendaraan, Tarif tol lampung palembang terbaru

  • Golongan I: Kendaraan bermotor roda dua dan tiga
  • Golongan II: Kendaraan bermotor roda empat atau lebih dengan satu gandar
  • Golongan III: Kendaraan bermotor roda empat atau lebih dengan dua gandar
  • Golongan IV: Kendaraan bermotor roda empat atau lebih dengan tiga gandar
  • Golongan V: Kendaraan bermotor roda empat atau lebih dengan empat gandar atau lebih

Tarif Tol

Golongan Tarif Lama (Rp) Tarif Baru (Rp)
I 11.500 12.000
II 23.000 24.000
III 34.500 36.000
IV 46.000 48.000
V 57.500 60.000

Penyesuaian tarif tol ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pemeliharaan jalan tol serta mendukung kelancaran lalu lintas.

Tarif tol terbaru Lampung-Palembang memberikan kemudahan akses bagi pengguna jalan. Bagi yang berencana melintas di Tol Pasuruan-Gempol pada 2024 mendatang, tersedia Panduan Lengkap Tarif Tol Pasuruan-Gempol 2024 . Informasi lengkap mengenai tarif dan fasilitas jalan tol dapat membantu pengguna jalan mempersiapkan perjalanan mereka.

Sementara itu, tarif tol Lampung-Palembang yang baru juga akan memperlancar arus lalu lintas dan meningkatkan konektivitas di wilayah Sumatera.

Tarif Tol Lampung-Palembang Terbaru

Tarif tol lampung palembang terbaru

Tarif Tol Lampung-Palembang mengalami penyesuaian terbaru pada tahun 2024. Penyesuaian ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan biaya operasional dan perawatan jalan tol. Berikut informasi lengkap mengenai tarif terbaru Tol Lampung-Palembang:

Golongan Kendaraan, Tarif tol lampung palembang terbaru

  • Golongan I: Kendaraan pribadi, sedan, jip, pick up/truk kecil, dan bus
  • Golongan II: Truk dengan 2 gandar
  • Golongan III: Truk dengan 3 gandar
  • Golongan IV: Truk dengan 4 gandar
  • Golongan V: Truk dengan 5 gandar

Tarif Tol

Golongan Tarif (Rp)
I 100.000
II 120.000
III 140.000
IV 160.000
V 180.000

Tarif tersebut berlaku untuk kendaraan yang melintasi seluruh ruas Tol Lampung-Palembang sepanjang 220 kilometer. Pembayaran tarif tol dapat dilakukan secara tunai atau menggunakan kartu tol elektronik.

Simpulan Akhir

Dengan memahami faktor-faktor yang memengaruhi tarif tol dan menerapkan tips hemat, pengguna jalan dapat mengoptimalkan biaya perjalanan mereka. Tarif tol Lampung-Palembang terbaru diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan efisiensi dalam mobilitas masyarakat.

FAQ Lengkap

Apakah ada diskon tarif tol untuk pengguna rutin?

Ya, terdapat program loyalitas yang memberikan diskon tarif tol bagi pengguna rutin.

Bagaimana cara mengakses informasi terbaru tentang tarif tol?

Informasi terbaru tentang tarif tol dapat diakses melalui situs resmi pengelola jalan tol atau aplikasi mobile.

Apakah ada rute alternatif yang lebih hemat biaya untuk perjalanan Lampung-Palembang?

Terdapat rute alternatif melalui jalur non-tol yang dapat menjadi pilihan lebih hemat biaya, namun membutuhkan waktu tempuh yang lebih lama.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *