Tarif Tol Pasuruan-Gempol 2024: Panduan Lengkap

3 min read

Tarif tol pasuruan gempol – Mulai tahun 2024, perjalanan di Tol Pasuruan-Gempol akan semakin nyaman dengan penyesuaian tarif yang telah ditetapkan. Simak panduan lengkap tarif tol terbaru, golongan kendaraan, dan tips menghemat pengeluaran Anda di jalan tol ini.

Tarif Tol Pasuruan-Gempol telah disesuaikan berdasarkan golongan kendaraan, sehingga setiap jenis kendaraan memiliki tarif yang berbeda. Untuk memudahkan Anda, berikut ini tabel tarif tol terbaru tahun 2024:

Tarif Tol Pasuruan-Gempol Terbaru Tahun 2024: Tarif Tol Pasuruan Gempol

Pemerintah telah menetapkan tarif baru untuk ruas tol Pasuruan-Gempol mulai tahun 2024. Penyesuaian tarif ini bertujuan untuk menyesuaikan dengan biaya operasional dan pemeliharaan jalan tol.

Pengguna Jalan Tol Pasuruan-Gempol kini dapat menikmati tarif baru yang telah disesuaikan. Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin melintasi ruas Tol Tegineneng-Gunung Batin, berikut tarif tol tegineneng gunung batin terbaru yang perlu diketahui. Kembali ke tarif Tol Pasuruan-Gempol, penyesuaian tarif ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna jalan.

Tarif Tol Pasuruan-Gempol Terbaru

Berikut rincian tarif tol Pasuruan-Gempol terbaru untuk berbagai jenis kendaraan pada tahun 2024:

Jenis Kendaraan Golongan Tarif (Rp)
Sepeda Motor I 10.000
Mobil Sedan dan Jip II 15.000
Mobil Bus dan Truk III 20.000
Truk dengan Dua Gandengan IV 25.000
Truk dengan Tiga Gandengan V 30.000

Penyesuaian tarif ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan keamanan di ruas tol Pasuruan-Gempol.

Tarif tol Pasuruan-Gempol mengalami penyesuaian, sebagaimana terjadi juga pada tarif tol Kota Baru-Palembang . Di ruas Pasuruan-Gempol, kenaikan tarif bervariasi tergantung golongan kendaraan. Sementara itu, tarif tol Kota Baru-Palembang juga mengalami penyesuaian dengan rincian yang dapat dilihat pada tautan yang disediakan.

Kenaikan tarif tol ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan jalan tol dan mendukung kelancaran transportasi di kedua ruas jalan tersebut.

Pembayaran Tarif Tol

Pembayaran tarif tol Pasuruan-Gempol dapat dilakukan melalui berbagai cara, antara lain:

  • Kartu tol elektronik (e-toll)
  • Uang tunai
  • Mobile banking

Pemerintah mengimbau pengguna jalan untuk menggunakan kartu tol elektronik (e-toll) untuk mempercepat transaksi dan mengurangi kemacetan.

Tarif tol Pasuruan-Gempol mengalami penyesuaian, yang sejalan dengan penyesuaian tarif tol Mojokerto-Surabaya . Pengguna jalan tol kini harus merogoh kocek lebih dalam untuk melintasi ruas tol Pasuruan-Gempol, yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa.

Catatan Penting

Tarif tol Pasuruan-Gempol dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemerintah. Pengguna jalan disarankan untuk selalu memeriksa informasi terbaru tentang tarif tol sebelum melakukan perjalanan.

Tarif tol Pasuruan-Gempol saat ini berkisar antara Rp15.000 hingga Rp45.000. Sementara itu, untuk Anda yang hendak melintasi Tol Karanganyar (Solo)-Ngawi, tarif tol terbaru menunjukkan kisaran Rp30.000 hingga Rp90.000. Kembali ke tarif tol Pasuruan-Gempol, pengguna jalan diimbau untuk mempersiapkan dana yang cukup sesuai dengan golongan kendaraan dan jarak tempuh yang dilalui.

Rincian Golongan Kendaraan Tol Pasuruan-Gempol

Jalan Tol Pasuruan-Gempol membagi kendaraan menjadi beberapa golongan untuk menentukan besaran tarif tol yang harus dibayarkan. Penggolongan ini didasarkan pada jenis, ukuran, dan jumlah sumbu kendaraan.

Tarif tol Pasuruan-Gempol masih menjadi sorotan setelah diberlakukannya penyesuaian. Namun, jika dibandingkan dengan tarif tol Bandar Kertosono , yang juga mengalami penyesuaian baru-baru ini, tarif tol Pasuruan-Gempol masih relatif lebih rendah. Meski begitu, pemerintah tetap mengimbau pengguna jalan untuk bijak dalam menggunakan tol agar terhindar dari beban biaya yang berlebihan.

Berikut rincian golongan kendaraan yang berlaku di Tol Pasuruan-Gempol:

Golongan I

  • Kendaraan roda dua
  • Sepeda motor dengan sidecar

Golongan II

  • Kendaraan bermotor roda tiga
  • Mobil penumpang
  • Bus

Golongan III

  • Kendaraan bermotor roda empat atau lebih dengan dua gandar
  • Kendaraan barang dengan berat kosong lebih dari 3,5 ton

Golongan IV

  • Kendaraan bermotor roda empat atau lebih dengan tiga gandar
  • Kendaraan barang dengan berat kosong lebih dari 10 ton

Golongan V

  • Kendaraan bermotor roda empat atau lebih dengan empat gandar
  • Kendaraan barang dengan berat kosong lebih dari 20 ton

Tips Menghemat Tarif Tol Pasuruan-Gempol

Tarif tol pasuruan gempol

Menghemat biaya perjalanan melalui Tol Pasuruan-Gempol dapat dilakukan dengan beberapa cara. Berikut beberapa tips untuk membantu Anda menghemat uang:

Waktu Perjalanan Optimal, Tarif tol pasuruan gempol

Tarif tol biasanya lebih murah pada malam hari dan dini hari. Jika memungkinkan, rencanakan perjalanan Anda selama waktu-waktu tersebut untuk menghemat biaya.

Rute Alternatif

Jika kemacetan sering terjadi di Tol Pasuruan-Gempol, pertimbangkan untuk menggunakan rute alternatif. Jalan nasional atau jalan provinsi mungkin memiliki tarif yang lebih rendah atau bahkan gratis.

Program Loyalitas dan Diskon

Beberapa penyedia kartu tol menawarkan program loyalitas yang memberikan diskon untuk perjalanan berulang. Periksa apakah Anda memenuhi syarat untuk program ini dan manfaatkan diskon yang tersedia.

Pembayaran Elektronik

Menggunakan kartu tol elektronik seperti e-Toll atau Flazz dapat menghemat waktu dan uang. Transaksi elektronik biasanya lebih cepat dan dapat memberikan diskon tambahan.

Hindari Jam Sibuk

Kemacetan dapat memperpanjang waktu perjalanan dan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Hindari jam sibuk seperti pagi dan sore hari untuk menghemat biaya.

Ulasan Penutup

Tarif tol pasuruan gempol

Dengan memahami tarif tol dan tips menghemat, Anda dapat memaksimalkan perjalanan Anda di Tol Pasuruan-Gempol. Selalu patuhi peraturan lalu lintas dan berkendaralah dengan aman untuk perjalanan yang nyaman dan efisien.

FAQ Terkini

Apakah ada diskon untuk kendaraan tertentu?

Ya, terdapat diskon tarif tol untuk kendaraan berpelat kuning dan kendaraan yang menggunakan kartu e-money tertentu.

Bagaimana cara membayar tol non-tunai?

Anda dapat membayar tol non-tunai menggunakan kartu e-money, aplikasi pembayaran, atau melalui sistem pembayaran otomatis yang disediakan di gerbang tol.

Apakah ada rute alternatif untuk menghindari kemacetan?

Ya, terdapat beberapa rute alternatif yang dapat Anda gunakan untuk menghindari kemacetan, seperti Jalan Raya Pasuruan-Pandaan atau Jalan Raya Gempol-Pandaan.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *