Tarif Tol Tegineneng-Gunung Batin: Rincian Biaya dan Metode Pembayaran

4 min read

Tarif tol tegineneng gunung batin – Tarif Tol Tegineneng-Gunung Batin menjadi perbincangan hangat, seiring dengan meningkatnya volume kendaraan yang melintasi ruas tol sepanjang 80 kilometer tersebut. Pemerintah telah menetapkan struktur tarif yang jelas untuk setiap golongan kendaraan, berikut ulasan lengkapnya.

Struktur tarif tol Tegineneng-Gunung Batin didasarkan pada jenis kendaraan, jarak tempuh, dan waktu penggunaan. Tarif ini berlaku untuk kendaraan golongan I hingga V, dengan besaran yang bervariasi.

Tarif Tol Tegineneng Gunung Batin

Tarif tol tegineneng gunung batin

Jalan tol Tegineneng Gunung Batin merupakan ruas jalan tol yang menghubungkan Bandar Lampung dengan Palembang. Jalan tol ini memiliki panjang sekitar 189 kilometer dan dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero).

Tarif tol Tegineneng-Gunung Batin di Lampung Selatan telah mengalami penyesuaian. Tarif baru ini berlaku sejak 1 Januari 2023. Sementara itu, di Jawa Timur, tarif tol Mojokerto-Surabaya juga mengalami penyesuaian pada waktu yang sama. Tarif baru ini diberlakukan untuk menyesuaikan dengan biaya operasional dan pemeliharaan jalan tol.

Penyesuaian tarif ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pengguna jalan tol Tegineneng-Gunung Batin dan Mojokerto-Surabaya.

Tarif tol Tegineneng Gunung Batin bervariasi tergantung pada golongan kendaraan dan jarak yang ditempuh. Berikut adalah rincian tarif tol Tegineneng Gunung Batin:

Golongan Kendaraan

  • Golongan I: Kendaraan roda dua dan tiga
  • Golongan II: Kendaraan roda empat atau lebih dengan dua gandar
  • Golongan III: Kendaraan roda empat atau lebih dengan tiga gandar
  • Golongan IV: Kendaraan roda empat atau lebih dengan empat gandar
  • Golongan V: Kendaraan roda empat atau lebih dengan lima gandar

Tarif Tol

Golongan Tarif per Kilometer
I Rp 1.000
II Rp 1.500
III Rp 2.000
IV Rp 2.500
V Rp 3.000

Contoh Perhitungan Tarif Tol

Misalnya, untuk kendaraan golongan II yang menempuh jarak 100 kilometer, maka tarif tol yang harus dibayar adalah:

Rp 1.500 (tarif per kilometer) x 100 (jarak tempuh) = Rp 150.000

Cara Pembayaran Tarif Tol

Tarif tol tegineneng gunung batin

Di Gerbang Tol Tegineneng Gunung Batin, tersedia beberapa metode pembayaran yang dapat dipilih oleh pengguna jalan, antara lain:

Tunai

Pembayaran tunai merupakan metode tradisional yang masih banyak digunakan. Pengguna jalan dapat membayar tarif tol secara langsung kepada petugas di gardu tol.

Kartu Elektronik

Kartu elektronik, seperti e-Money, Flazz, dan Brizzi, juga dapat digunakan untuk pembayaran tarif tol. Metode ini menawarkan kemudahan dan kecepatan transaksi, serta menghindari antrean panjang di gardu tunai.

Tarif tol ruas Tegineneng-Gunung Batin telah mengalami penyesuaian. Bagi pengendara yang ingin melintasi tol Lampung-Palembang dan sebaliknya, bisa mengakses informasi tarif tol tol lampung palembang dan sebaliknya terbaru untuk mengetahui besaran tarif terbaru. Tarif tol Tegineneng-Gunung Batin sendiri bervariasi tergantung jenis kendaraan dan jarak tempuh yang dilalui.

Aplikasi Seluler, Tarif tol tegineneng gunung batin

Beberapa aplikasi seluler, seperti LinkAja dan GoPay, juga menyediakan fitur pembayaran tarif tol. Pengguna dapat melakukan pembayaran secara digital melalui aplikasi tersebut, sehingga tidak perlu repot membawa uang tunai atau kartu elektronik.

Tarif Tol Tegineneng-Gunung Batin resmi naik. Pengguna kendaraan golongan I kini dikenakan tarif Rp25.000, naik Rp5.000 dari sebelumnya. Sementara itu, di Jawa Timur, tarif Tol Surabaya-Malang dan sebaliknya juga mengalami penyesuaian.

Tarif tol Surabaya-Malang untuk kendaraan golongan I kini menjadi Rp77.000. Tarif baru ini berlaku efektif mulai 1 Maret 2023. Meski tarif Tol Tegineneng-Gunung Batin telah naik, namun tetap menjadi salah satu jalur tol terfavorit di Lampung karena mempersingkat waktu tempuh dan meningkatkan konektivitas.

Pembaruan Tarif Tol

Tarif Tol Tegineneng-Gunung Batin akan mengalami penyesuaian pada tahun 2024. Pembaruan ini dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1188/KPTS/M/2023.

Penyesuaian tarif tol bertujuan untuk meningkatkan pelayanan jalan tol dan mengoptimalkan pengoperasian serta pemeliharaan jalan tol. Tarif yang baru juga mempertimbangkan inflasi dan biaya operasional yang semakin meningkat.

Mekanisme Pembaruan Tarif Tol

Mekanisme pembaruan tarif tol dilakukan secara berkala setiap dua tahun sekali sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol. Penyesuaian tarif tol dilakukan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berdasarkan usulan dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Sebelum mengajukan usulan penyesuaian tarif tol, BUJT wajib melakukan studi kelayakan dan analisis dampak lalu lintas. Studi kelayakan tersebut meliputi aspek teknis, finansial, ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Dampak Pembaruan Tarif Tol

Penyesuaian tarif tol berdampak pada pengguna jalan tol. Pengguna jalan tol akan mengalami kenaikan biaya perjalanan. Namun, kenaikan tarif tol diharapkan dapat diimbangi dengan peningkatan kualitas pelayanan jalan tol.

Tarif Tol Tegineneng-Gunung Batin telah mengalami penyesuaian tarif sejak 1 Januari 2023. Penyesuaian ini sejalan dengan kenaikan tarif Tol Kota Baru-Palembang yang juga diberlakukan pada waktu yang sama. Tarif tol Kota Baru-Palembang mengalami kenaikan sekitar 5%, sedangkan tarif Tol Tegineneng-Gunung Batin naik sekitar 4%. Kenaikan tarif ini bertujuan untuk menjaga kualitas jalan tol dan meningkatkan pelayanan bagi pengguna jalan.

Selain itu, penyesuaian tarif tol juga berdampak pada perekonomian daerah. Kenaikan tarif tol dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah karena dapat meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas masyarakat.

Fasilitas dan Layanan di Tol Tegineneng Gunung Batin

Jalan Tol Tegineneng Gunung Batin menawarkan berbagai fasilitas dan layanan yang memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna jalan.

Rest Area

Sepanjang tol terdapat beberapa rest area yang dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet, musala, minimarket, dan tempat makan. Rest area ini memberikan tempat yang nyaman bagi pengguna jalan untuk beristirahat, makan, atau mengisi bahan bakar.

SPBU

Selain rest area, terdapat juga beberapa SPBU yang tersebar di sepanjang tol. SPBU ini menyediakan layanan pengisian bahan bakar untuk kendaraan bermotor.

Bengkel

Untuk mengantisipasi kebutuhan darurat, tol Tegineneng Gunung Batin juga dilengkapi dengan beberapa bengkel. Bengkel-bengkel ini siap memberikan layanan perbaikan dan perawatan kendaraan bagi pengguna jalan yang mengalami masalah teknis.

Layanan Derek

Jika terjadi kendala atau kecelakaan di sepanjang tol, pengguna jalan dapat memanfaatkan layanan derek yang disediakan oleh pengelola jalan tol. Layanan derek ini tersedia 24 jam untuk membantu mengevakuasi kendaraan yang mengalami masalah.

Tarif tol Tegineneng-Gunung Batin yang belum lama ini mengalami penyesuaian kembali menarik perhatian publik. Penyesuaian ini sejalan dengan kebijakan tarif tol yang juga berlaku di ruas tol lain, seperti tarif tol Sragen Timur . Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk terus menjaga keberlanjutan infrastruktur jalan tol dengan memastikan tarif yang sesuai dan adil bagi pengguna jalan.

Patroli Jalan Raya

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, tol Tegineneng Gunung Batin dilengkapi dengan patroli jalan raya. Patroli jalan raya bertugas mengawasi kondisi jalan, mengatur lalu lintas, dan memberikan bantuan kepada pengguna jalan yang membutuhkan.

Dampak Tol Tegineneng Gunung Batin

Pembangunan Tol Tegineneng Gunung Batin telah memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian dan masyarakat di wilayah tersebut. Tol ini telah meningkatkan konektivitas, mendorong pertumbuhan bisnis, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dampak Ekonomi

  • Peningkatan perdagangan dan investasi di wilayah tersebut.
  • Penciptaan lapangan kerja baru di sektor transportasi, logistik, dan pariwisata.
  • Peningkatan nilai properti dan investasi di sekitar jalur tol.
  • Pengurangan biaya transportasi dan waktu tempuh bagi pelaku usaha dan masyarakat.

Dampak Sosial

  • Peningkatan aksesibilitas ke pusat-pusat pendidikan, kesehatan, dan layanan publik.
  • Peningkatan mobilitas penduduk dan pengurangan kemacetan lalu lintas.
  • Peningkatan pariwisata dan pengembangan destinasi wisata baru.
  • Peningkatan interaksi sosial dan budaya antar wilayah.

Konektivitas yang Ditingkatkan

Tol Tegineneng Gunung Batin menghubungkan wilayah Lampung Selatan, Lampung Tengah, dan Lampung Utara. Konektivitas yang ditingkatkan ini telah memudahkan akses ke kota-kota besar seperti Bandar Lampung dan Metro, serta ke destinasi wisata seperti Pantai Mutun dan Taman Nasional Way Kambas.

Pertumbuhan Bisnis

Tol ini telah menjadi katalisator bagi pertumbuhan bisnis di wilayah tersebut. Akses yang lebih baik ke pasar dan bahan baku telah mendorong investasi di sektor industri, perdagangan, dan jasa. Perusahaan-perusahaan baru telah bermunculan, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian lokal.

Kualitas Hidup yang Ditingkatkan

Tol Tegineneng Gunung Batin telah meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan mengurangi waktu tempuh dan biaya transportasi. Hal ini memberikan lebih banyak waktu dan sumber daya bagi masyarakat untuk dihabiskan untuk kegiatan lain, seperti pendidikan, kesehatan, dan rekreasi. Selain itu, tol ini telah meningkatkan akses ke fasilitas publik dan layanan penting.

Ringkasan Terakhir: Tarif Tol Tegineneng Gunung Batin

Pembangunan Tol Tegineneng-Gunung Batin membawa dampak signifikan bagi perekonomian dan sosial masyarakat. Tol ini tidak hanya memperlancar aksesibilitas, tetapi juga meningkatkan pertumbuhan bisnis dan kualitas hidup masyarakat di sekitar.

FAQ Umum

Apakah tarif tol Tegineneng-Gunung Batin berbeda untuk setiap golongan kendaraan?

Ya, tarif tol berbeda-beda tergantung golongan kendaraan, mulai dari golongan I (kendaraan kecil) hingga golongan V (kendaraan besar).

Bagaimana cara pembayaran tarif tol Tegineneng-Gunung Batin?

Pembayaran tarif tol Tegineneng-Gunung Batin dapat dilakukan secara tunai, kartu tol, atau melalui aplikasi seluler.

Apakah tarif tol Tegineneng-Gunung Batin sering mengalami penyesuaian?

Tarif tol Tegineneng-Gunung Batin umumnya mengalami penyesuaian setiap dua tahun sekali, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *