Tarif Tol Sragen Timur 2024: Panduan Lengkap

3 min read

Tarif Tol Sragen Timur menjadi sorotan seiring beroperasinya ruas tol sepanjang 35 kilometer ini pada tahun 2024. Pengguna jalan perlu memahami rincian tarif yang berlaku untuk berbagai golongan kendaraan agar dapat mempersiapkan perjalanan dengan baik.

Pemberlakuan tarif tol bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan infrastruktur jalan tol, sekaligus memberikan kontribusi bagi pembangunan dan pemeliharaan jalan tol.

Tarif Tol Sragen Timur

Jalan Tol Sragen Timur merupakan bagian dari Jalan Tol Solo-Ngawi yang menghubungkan Kabupaten Sragen dan Ngawi. Jalan tol ini memiliki panjang sekitar 35 kilometer dan telah beroperasi sejak tahun 2018. Tarif tol Sragen Timur bervariasi tergantung pada golongan kendaraan dan jarak tempuh.

Tarif tol Sragen Timur masih menjadi perhatian masyarakat. Sementara itu, di Jawa Timur, tarif tol Waru – Sidoarjo juga telah mengalami penyesuaian. Di Sragen Timur, tarif tol untuk kendaraan golongan I naik menjadi Rp 11.000, sedangkan untuk kendaraan golongan II dan III naik menjadi Rp 16.500. Penyesuaian tarif ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan jalan tol dan memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan.

Berikut rincian tarif tol Sragen Timur untuk semua golongan kendaraan:

Golongan Kendaraan dan Tarif

Golongan Kendaraan Jenis Kendaraan Tarif (Rp)
I Sepeda motor 6.000
II Kendaraan pribadi roda empat 10.000
III Bus 15.000
IV Truk kecil 20.000
V Truk besar 25.000

Faktor yang Mempengaruhi Tarif Tol

Tarif tol Sragen Timur dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya:

Jarak Tempuh

Jarak tempuh merupakan faktor utama yang memengaruhi tarif tol. Semakin jauh jarak yang ditempuh, semakin tinggi tarif tol yang dikenakan.

Tarif tol Sragen Timur yang telah diberlakukan sejak beberapa waktu lalu telah memberikan kemudahan akses bagi masyarakat. Namun, bagi yang hendak bepergian ke arah timur, informasi mengenai tarif tol Surabaya-Malang dan sebaliknya terbaru dapat diperoleh di sini . Sementara itu, untuk tarif tol Sragen Timur sendiri, kendaraan golongan I dipatok Rp12.500,

golongan II Rp18.500, golongan III Rp24.000, golongan IV Rp30.000, dan golongan V Rp37.500.

Jenis Kendaraan

Tarif tol juga bervariasi tergantung pada jenis kendaraan. Kendaraan yang lebih besar atau lebih berat umumnya dikenakan tarif yang lebih tinggi dibandingkan kendaraan yang lebih kecil atau lebih ringan.

Pengguna jalan tol di ruas Sragen Timur dikenakan tarif sesuai golongan kendaraan yang digunakan. Sementara itu, untuk informasi terbaru mengenai tarif tol Karanganyar (Solo) – Ngawi, dapat diakses melalui tarif tol karanganyar (solo) – ngawi terbaru . Tarif tol Sragen Timur sendiri bervariasi, mulai dari Rp15.000

hingga Rp75.000.

Waktu Tempuh, Tarif tol sragen timur

Pada beberapa ruas tol, tarif tol juga dapat bervariasi tergantung pada waktu tempuh. Biasanya, tarif tol akan lebih tinggi pada jam-jam sibuk dibandingkan jam-jam sepi.

Metode Pembayaran Tarif Tol

Pembayaran tarif tol di Gerbang Tol Sragen Timur dapat dilakukan melalui berbagai metode untuk memudahkan pengguna jalan. Metode-metode tersebut meliputi uang tunai, kartu tol, dan aplikasi seluler.

Tarif tol Sragen Timur mengalami penyesuaian baru, yang berlaku mulai hari ini. Tarif untuk golongan I kini menjadi Rp11.000, naik dari sebelumnya Rp10.000. Penyesuaian ini sejalan dengan kenaikan tarif tol di ruas lain, seperti tarif tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek yang baru-baru ini juga mengalami kenaikan.

Tarif tol Sragen Timur diharapkan dapat mengoptimalkan pelayanan jalan tol dan meningkatkan kenyamanan pengguna.

Pembayaran Tunai

Pembayaran tunai merupakan metode pembayaran paling umum dan diterima di semua gerbang tol. Pengguna jalan cukup menyerahkan uang tunai sesuai dengan tarif yang tertera pada papan informasi.

Kartu Tol

Kartu tol merupakan metode pembayaran elektronik yang dapat digunakan untuk mempercepat transaksi di gerbang tol. Pengguna jalan dapat membeli kartu tol dari penyedia layanan dan mengisi ulang saldo sesuai kebutuhan.

Aplikasi Seluler

Beberapa gerbang tol juga menyediakan opsi pembayaran melalui aplikasi seluler. Pengguna jalan dapat mengunduh aplikasi dari penyedia layanan dan menghubungkannya dengan kartu kredit atau debit mereka. Saat melewati gerbang tol, pengguna jalan cukup memindai kode QR atau menempelkan ponsel mereka pada pembaca untuk melakukan pembayaran.

Informasi Terbaru Tarif Tol

Tarif tol sragen timur

Tarif tol Sragen Timur telah mengalami penyesuaian terbaru pada tahun 2024. Informasi tarif yang disajikan dalam artikel ini telah diperbarui dan diverifikasi berdasarkan data resmi dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Tarif tol Sragen Timur masih dalam tahap pembahasan dan belum ada keputusan resmi. Sementara itu, bagi pengguna jalan yang hendak melintas di ruas tol Mojokerto-Surabaya, tarifnya bervariasi tergantung jenis kendaraan. Tarif tol mojokerto surabaya untuk kendaraan golongan I adalah Rp 1.500 per kilometer, sedangkan untuk kendaraan golongan V mencapai Rp 2.250 per kilometer.

Tarif tol Sragen Timur nantinya juga akan disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku dan mempertimbangkan berbagai faktor, seperti biaya operasional dan perawatan jalan tol.

Jenis Kendaraan dan Tarif

Jenis Kendaraan Tarif
Golongan I (Sedan, Jip, Truk Kecil, Bus) Rp20.000
Golongan II (Truk Sedang) Rp30.000
Golongan III (Truk Berat) Rp40.000
Golongan IV (Truk Ekstra Berat) Rp50.000
Golongan V (Bus) Rp25.000

Catatan Penting

  • Tarif tol dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemerintah.
  • Pembayaran tol dapat dilakukan secara tunai atau non-tunai (kartu tol, e-money, atau aplikasi pembayaran).
  • Untuk informasi tarif terbaru dan terkini, silakan hubungi pihak pengelola jalan tol atau kunjungi situs resmi BPJT.

Perbandingan Tarif dengan Ruas Tol Lain

Tarif Tol Sragen Timur sejalan dengan tarif tol pada ruas tol lain di sekitarnya. Untuk memberikan gambaran yang jelas, berikut perbandingan tarif antar ruas tol:

Tarif Golongan I

  • Tol Solo-Ngawi: Rp1.500/km
  • Tol Semarang-Solo: Rp1.000/km
  • Tol Sragen Timur: Rp1.250/km

Tarif Golongan II

  • Tol Solo-Ngawi: Rp2.250/km
  • Tol Semarang-Solo: Rp1.500/km
  • Tol Sragen Timur: Rp1.875/km

Tarif Golongan III

  • Tol Solo-Ngawi: Rp3.000/km
  • Tol Semarang-Solo: Rp2.000/km
  • Tol Sragen Timur: Rp2.500/km

Akhir Kata: Tarif Tol Sragen Timur

Tarif tol sragen timur

Dengan memahami tarif tol Sragen Timur, pengguna jalan dapat merencanakan perjalanan yang efisien dan menghemat pengeluaran. Informasi terbaru dan komprehensif mengenai tarif tol ini akan terus diperbarui untuk memastikan akurasi dan kemudahan akses bagi masyarakat.

FAQ dan Solusi

Apakah ada diskon tarif tol untuk kendaraan tertentu?

Ya, terdapat diskon tarif tol untuk kendaraan roda dua, angkutan umum, dan kendaraan dengan sistem pembayaran non tunai.

Bagaimana cara melakukan pembayaran tarif tol?

Pembayaran tarif tol dapat dilakukan melalui uang tunai, kartu tol, atau aplikasi seluler yang bekerja sama dengan pengelola jalan tol.

Apakah tarif tol Sragen Timur lebih mahal dari ruas tol lain?

Tarif tol Sragen Timur sebanding dengan tarif ruas tol lain di sekitarnya, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti jarak tempuh dan jenis kendaraan.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *