Tarif Tol Warugunung – Mojokerto Terbaru 2024

4 min read

Tarif Tol Warugunung – Mojokerto mengalami penyesuaian pada tahun 2024. Tol sepanjang 42,4 kilometer ini menghubungkan wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah, memudahkan akses bagi pengguna kendaraan.

Pengguna tol dapat melintasi jalan bebas hambatan ini dengan berbagai jenis kendaraan, mulai dari golongan I hingga V. Tersedia pula berbagai metode pembayaran, baik tunai maupun non-tunai, untuk kenyamanan pengguna.

Informasi Umum Tarif Tol Warugunung

Mojokerto

Tarif tol warugunung - mojokerto

Tol Warugunung – Mojokerto merupakan jalan tol sepanjang 35,3 km yang menghubungkan Kabupaten Pasuruan dengan Kota Mojokerto. Jalan tol ini dapat dilintasi oleh berbagai jenis kendaraan, mulai dari kendaraan kecil seperti mobil pribadi hingga kendaraan besar seperti truk dan bus.

Metode Pembayaran

  • Tunai
  • Kartu uang elektronik (e-Toll)
  • Mobile banking

Daftar Tarif Tol Warugunung

Mojokerto Terbaru 2024

Pemerintah telah menetapkan tarif terbaru untuk Jalan Tol Warugunung – Mojokerto mulai berlaku pada tahun 2024. Tarif ini mengalami penyesuaian dari tarif sebelumnya untuk menyesuaikan dengan inflasi dan biaya operasional.

Berikut ini adalah daftar tarif tol Warugunung – Mojokerto terbaru 2024:

Golongan Kendaraan

  • Golongan I: Sedan, jip, pikap/truk kecil, dan bus
  • Golongan II: Truk dengan 2 gandar
  • Golongan III: Truk dengan 3 gandar
  • Golongan IV: Truk dengan 4 gandar
  • Golongan V: Truk dengan 5 gandar

Tarif Tol

Golongan Tarif Golongan I Tarif Golongan II Tarif Golongan III Tarif Golongan IV Tarif Golongan V
I Rp15.000 Rp20.000 Rp25.000 Rp30.000 Rp35.000
II Rp20.000 Rp25.000 Rp30.000 Rp35.000 Rp40.000
III Rp25.000 Rp30.000 Rp35.000 Rp40.000 Rp45.000
IV Rp30.000 Rp35.000 Rp40.000 Rp45.000 Rp50.000
V Rp35.000 Rp40.000 Rp45.000 Rp50.000 Rp55.000

Tarif tol ini berlaku untuk seluruh ruas Jalan Tol Warugunung – Mojokerto sepanjang 40,5 kilometer.

Cara Pembayaran Tarif Tol

Pengguna jalan tol Warugunung

Tarif tol Warugunung – Mojokerto kini mengalami penyesuaian, sehingga pengguna jalan diharapkan untuk mempersiapkan biaya tambahan. Sementara itu, untuk pengguna tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek, tarif tol juga telah mengalami perubahan. Penyesuaian tarif ini dilakukan untuk mengimbangi biaya operasional dan perawatan jalan tol.

Meski mengalami kenaikan, tarif tol Warugunung – Mojokerto masih relatif terjangkau dan diharapkan tidak memberatkan pengguna jalan.

Mojokerto dapat melakukan pembayaran tarif tol dengan berbagai cara, baik secara tunai maupun non-tunai.

Tarif Tol Warugunung – Mojokerto resmi diberlakukan. Tarif ini terbagi dalam beberapa golongan, seperti untuk kendaraan golongan I dikenakan tarif Rp46.000. Sementara itu, tarif tol Waru – Sidoarjo yang menghubungkan Surabaya dengan Malang juga mengalami penyesuaian. Tarif tol Waru – Sidoarjo untuk kendaraan golongan I kini menjadi Rp23.000.

Penyesuaian tarif tol Warugunung – Mojokerto diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan memperlancar arus lalu lintas di wilayah tersebut.

Pembayaran Tunai

Untuk pembayaran tunai, pengguna dapat menyerahkan uang tunai kepada petugas di gerbang tol. Pastikan untuk menyiapkan uang pas sesuai dengan tarif yang tertera pada papan informasi.

Pembayaran Non-Tunai

Selain tunai, pengguna juga dapat melakukan pembayaran non-tunai menggunakan kartu tol atau aplikasi mobile.

Kartu Tol

Kartu tol merupakan kartu elektronik yang dapat diisi ulang dan digunakan untuk membayar tarif tol. Pengguna dapat membeli kartu tol di gerbang tol atau minimarket terdekat.

Aplikasi Mobile

Beberapa aplikasi mobile, seperti GoPay dan OVO, juga menyediakan fitur pembayaran tol. Pengguna dapat mendaftar dan mengisi saldo pada aplikasi, kemudian menggunakan aplikasi tersebut untuk membayar tarif tol.

Tarif tol Warugunung – Mojokerto yang baru-baru ini mengalami penyesuaian turut berdampak pada tarif tol Mojokerto – Surabaya. Seperti dilansir tarif tol mojokerto surabaya , terdapat penyesuaian tarif di beberapa ruas tol, termasuk ruas Warugunung – Mojokerto yang merupakan bagian dari jalan tol Trans Jawa.

Namun, untuk tarif tol Warugunung – Mojokerto sendiri, saat ini masih diberlakukan tarif lama dan belum mengalami perubahan.

Sistem Pembayaran Tol Elektronik (ETC)

Sistem Pembayaran Tol Elektronik (ETC) memungkinkan pengguna membayar tarif tol secara otomatis menggunakan perangkat elektronik yang dipasang pada kendaraan. Perangkat ini akan berkomunikasi dengan sistem gerbang tol dan melakukan pembayaran secara otomatis, sehingga pengguna tidak perlu berhenti di gerbang tol.

Diskon dan Promosi Tarif Tol: Tarif Tol Warugunung – Mojokerto

Pengguna jalan tol Warugunung-Mojokerto dapat memanfaatkan berbagai diskon dan promosi yang ditawarkan untuk menghemat biaya perjalanan. Diskon dan promosi ini dapat bervariasi tergantung pada kebijakan operator tol dan periode tertentu.

Tarif tol Warugunung-Mojokerto menjadi perbincangan hangat. Untuk informasi terkini, Anda dapat mengakses tarif tol Karanganyar (Solo)-Ngawi terbaru . Kembali ke topik tarif tol Warugunung-Mojokerto, penyesuaian tarif baru-baru ini memberikan dampak yang signifikan bagi pengguna jalan tol.

Kartu Tol Elektronik

Pengguna dapat memperoleh diskon tarif tol dengan menggunakan kartu tol elektronik (e-Toll). Diskon yang diberikan biasanya berkisar antara 5% hingga 10% dari tarif normal. Untuk mendapatkan diskon ini, pengguna harus memiliki kartu e-Toll yang aktif dan terdaftar pada aplikasi atau situs web operator tol.

Aplikasi Mobile

Selain kartu e-Toll, pengguna juga dapat memanfaatkan diskon tarif tol melalui aplikasi mobile yang disediakan oleh operator tol. Diskon yang diberikan melalui aplikasi mobile biasanya sama dengan diskon yang diberikan melalui kartu e-Toll. Untuk mendapatkan diskon ini, pengguna harus mengunduh dan mendaftar pada aplikasi mobile operator tol.

Promosi Khusus

Operator tol juga dapat memberikan promosi khusus pada periode-periode tertentu, seperti hari libur nasional atau hari besar keagamaan. Promosi khusus ini dapat berupa diskon tarif tol yang lebih besar atau potongan harga untuk pembelian tiket tol.

Tarif tol Warugunung-Mojokerto telah mengalami penyesuaian, sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk meningkatkan infrastruktur jalan. Sementara itu, tarif tol Karawang Barat ke Cikampek juga mengalami penyesuaian, sebagaimana tercantum dalam tarif tol karawang barat ke cikampek . Penyesuaian tarif ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dan pemeliharaan jalan tol, sehingga pengguna jalan dapat menikmati perjalanan yang lebih aman dan nyaman.

Tarif tol Warugunung-Mojokerto yang baru berlaku efektif sejak tanggal 1 Maret 2023.

Contoh Penggunaan Tarif Tol

Tarif tol Warugunung-Mojokerto dapat bervariasi tergantung pada jenis kendaraan, jarak tempuh, dan waktu perjalanan. Berikut adalah beberapa contoh perhitungan tarif tol:

Kendaraan Golongan I

Kendaraan golongan I meliputi sepeda motor, mobil pribadi, dan kendaraan niaga ringan dengan dua gandar.

  • Tarif untuk jarak tempuh 10 km: Rp 12.000
  • Tarif untuk jarak tempuh 20 km: Rp 24.000
  • Tarif untuk jarak tempuh 30 km: Rp 36.000

Kendaraan Golongan II

Kendaraan golongan II meliputi bus dan truk dengan dua gandar.

  • Tarif untuk jarak tempuh 10 km: Rp 16.000
  • Tarif untuk jarak tempuh 20 km: Rp 32.000
  • Tarif untuk jarak tempuh 30 km: Rp 48.000

Kendaraan Golongan III

Kendaraan golongan III meliputi truk dengan tiga gandar atau lebih.

  • Tarif untuk jarak tempuh 10 km: Rp 20.000
  • Tarif untuk jarak tempuh 20 km: Rp 40.000
  • Tarif untuk jarak tempuh 30 km: Rp 60.000

Faktor yang Mempengaruhi Tarif Tol

Selain jenis kendaraan dan jarak tempuh, beberapa faktor lain juga dapat mempengaruhi besaran tarif tol, antara lain:

  • Waktu perjalanan: Tarif tol pada jam sibuk biasanya lebih tinggi daripada jam-jam lainnya.
  • Hari perjalanan: Tarif tol pada hari libur atau akhir pekan biasanya lebih tinggi daripada hari kerja.
  • Promosi atau diskon: Terkadang, pengelola jalan tol memberikan promosi atau diskon pada waktu-waktu tertentu.

Tips Menghemat Tarif Tol

Menghemat biaya tol merupakan salah satu cara untuk mengelola pengeluaran perjalanan. Berikut adalah beberapa tips untuk menghemat tarif tol:

Pilih Waktu Perjalanan yang Tepat

Hindari berkendara selama jam sibuk, seperti pagi dan sore hari. Tarif tol biasanya lebih tinggi selama waktu-waktu tersebut. Pertimbangkan untuk berangkat lebih awal atau lebih lambat untuk menghemat biaya.

Gunakan Jalur Alternatif, Tarif tol warugunung – mojokerto

Jika memungkinkan, gunakan jalur alternatif yang tidak dikenakan biaya tol. Ini mungkin membutuhkan waktu tempuh yang lebih lama, tetapi dapat menghemat uang.

Carpooling atau Berbagi Kendaraan

Carpooling atau berbagi kendaraan dengan rekan kerja atau teman dapat mengurangi biaya tol secara signifikan. Bagilah biaya tol dan nikmati perjalanan yang lebih hemat.

Program Loyalitas atau Langganan

Beberapa penyedia jalan tol menawarkan program loyalitas atau langganan yang memberikan diskon atau tarif khusus. Pertimbangkan untuk mendaftar program ini untuk menghemat biaya tol jangka panjang.

Ringkasan Akhir

Tarif tol warugunung - mojokerto

Dengan adanya penyesuaian tarif tol, pengguna jalan diharapkan dapat merencanakan perjalanan dengan lebih baik dan memanfaatkan fasilitas tol secara optimal. Tarif terbaru ini juga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi transportasi dan mendukung perekonomian daerah.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa saja jenis kendaraan yang dapat melintasi Tol Warugunung- Mojokerto?

Kendaraan yang dapat melintasi tol ini antara lain sepeda motor, mobil, bus, dan truk.

Apakah ada diskon atau promosi untuk pengguna tol tertentu?

Ya, terdapat diskon untuk pengguna kartu tol atau aplikasi mobile tertentu. Diskon dapat berupa potongan harga atau cashback.

Bagaimana cara menghemat tarif tol?

Beberapa cara menghemat tarif tol antara lain memilih waktu perjalanan yang tepat, menggunakan jalur alternatif, atau memanfaatkan program loyalitas.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *