Tarif Tol Probolinggo-Pasuruan: Panduan Lengkap 2024

2 min read

Tarif tol probolinggo pasuruan – Tarif Tol Probolinggo-Pasuruan menjadi perbincangan hangat seiring dengan meningkatnya kebutuhan mobilitas masyarakat. Ruas tol sepanjang 32 kilometer ini menghubungkan dua kota penting di Jawa Timur, memberikan aksesibilitas dan kemudahan bagi para pengguna jalan.

Pemerintah telah menetapkan struktur tarif tol yang berlaku mulai tahun 2024, memberikan informasi yang jelas bagi pengguna jalan dalam merencanakan perjalanan mereka.

Sekilas Tarif Tol Probolinggo-Pasuruan

Tol Probolinggo-Pasuruan merupakan ruas jalan tol yang menghubungkan Kota Probolinggo dan Kabupaten Pasuruan di Provinsi Jawa Timur. Ruas tol ini memiliki panjang 31,3 kilometer dan merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa.

Tarif tol Probolinggo-Pasuruan mengalami penyesuaian pada awal tahun ini. Namun, tarif tersebut masih lebih rendah dibandingkan dengan tarif tol Cikande-Serang Timur . Meski demikian, pengguna jalan tol Probolinggo-Pasuruan tetap diimbau untuk mempersiapkan biaya perjalanan sesuai dengan tarif yang berlaku.

Kendaraan yang melintasi tol ini antara lain mobil pribadi, bus, truk, dan kendaraan roda dua.

Tarif tol Probolinggo-Pasuruan telah mengalami penyesuaian, menyesuaikan dengan inflasi dan peningkatan biaya operasional. Sementara itu, di sisi lain pulau Jawa, tarif tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek juga telah mengalami penyesuaian serupa. Diharapkan penyesuaian tarif ini dapat meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pengguna jalan tol, sekaligus mendukung kelancaran distribusi barang dan jasa.

Jenis Kendaraan dan Tarif Tol

Jenis Kendaraan Tarif (Rp)
Golongan I (Sepeda Motor) 5.000
Golongan II (Kendaraan Roda Empat) 15.000
Golongan III (Bus) 25.000
Golongan IV (Truk) 35.000

Struktur Tarif Tol

Tarif tol probolinggo pasuruan

Struktur tarif Tol Probolinggo-Pasuruan telah ditetapkan sesuai dengan golongan kendaraan dan jarak tempuh. Berikut rinciannya:

Golongan Kendaraan dan Tarif

Golongan Kendaraan Tarif per Km Tarif Jarak Tempuh 12,9 Km
I (Sedan, Jip, Pick Up/Truk Kecil) Rp 1.000 Rp 12.900
II (Bus) Rp 1.500 Rp 19.350
III (Truk dengan 2 Gandar) Rp 2.000 Rp 25.800
IV (Truk dengan 3 Gandar) Rp 2.500 Rp 32.250
V (Truk dengan 4 Gandar atau Lebih) Rp 3.000 Rp 38.700

Tarif tol dihitung berdasarkan jarak tempuh kendaraan dikalikan tarif per kilometer sesuai dengan golongan kendaraannya.

Tarif tol Probolinggo-Pasuruan telah mengalami penyesuaian. Hal ini serupa dengan penyesuaian tarif tarif tol Merak-Serang Timur beberapa waktu lalu. Penyesuaian tarif tol Probolinggo-Pasuruan bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan perawatan jalan tol.

Pembaruan Tarif Tahun 2024

Penting untuk memastikan bahwa informasi tarif yang disajikan adalah data terbaru tahun 2024. Pengguna dapat mengakses informasi tarif terkini dari sumber resmi seperti situs web operator jalan tol atau lembaga pemerintah terkait.

Tarif tol Probolinggo-Pasuruan menjadi perhatian banyak pengguna jalan. Namun, tak hanya di Jawa Timur, tarif tol di daerah lain juga mengalami penyesuaian. Seperti halnya tarif tol Tol Kebakkramat yang baru-baru ini mengalami kenaikan. Penyesuaian tarif tol ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan infrastruktur jalan tol di Indonesia, termasuk tol Probolinggo-Pasuruan.

Pengaruh Tarif Tol

Tarif Tol Probolinggo-Pasuruan berdampak signifikan pada berbagai aspek, termasuk mobilitas masyarakat, perekonomian daerah, dan pariwisata.

Mobilitas Masyarakat, Tarif tol probolinggo pasuruan

  • Mempercepat waktu tempuh antara Probolinggo dan Pasuruan, sehingga meningkatkan efisiensi perjalanan.
  • Mengurangi kemacetan lalu lintas di jalur non-tol, memberikan kenyamanan berkendara yang lebih baik.

Perekonomian Daerah

  • Memperlancar distribusi barang dan jasa, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi di kedua wilayah.
  • Menarik investasi baru, karena aksesibilitas yang lebih baik dapat mengurangi biaya logistik.

Pariwisata

  • Membuka akses yang lebih mudah ke destinasi wisata di Probolinggo dan Pasuruan, seperti Gunung Bromo dan Air Terjun Madakaripura.
  • Meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, sehingga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.

Alternatif Transportasi

Tarif tol probolinggo pasuruan

Selain menggunakan jalan tol, tersedia alternatif transportasi lain untuk rute Probolinggo-Pasuruan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

Tarif Tol Probolinggo-Pasuruan mengalami penyesuaian untuk kendaraan golongan I hingga V. Kenaikan tarif ini berlaku sejak 18 Januari 2023. Di sisi lain, tarif Tol Jakarta-Merak Golongan II juga mengalami perubahan. Tarif tol jakarta merak golongan 2 kini menjadi Rp21.000. Sementara itu, tarif Tol Probolinggo-Pasuruan untuk kendaraan golongan I kini sebesar Rp12.500.

Kereta Api

  • Kelebihan:Nyaman, tepat waktu, dan relatif murah.
  • Kekurangan:Jumlah keberangkatan terbatas, jadwal tidak fleksibel.

Bus

  • Kelebihan:Harga terjangkau, banyak pilihan operator.
  • Kekurangan:Bisa macet, tidak secepat kereta api.

Angkutan Umum

  • Kelebihan:Murah, mudah ditemukan.
  • Kekurangan:Tidak nyaman, tidak selalu tepat waktu.

Kendaraan Pribadi

  • Kelebihan:Fleksibel, nyaman.
  • Kekurangan:Mahal, bisa macet.

Terakhir

Tarif Tol Probolinggo-Pasuruan memberikan dampak positif dan negatif pada masyarakat. Di satu sisi, tarif tol dapat meningkatkan mobilitas dan pertumbuhan ekonomi daerah. Di sisi lain, tarif tol juga dapat membebani pengguna jalan dan berpotensi menghambat pariwisata. Pemerintah terus berupaya untuk menyeimbangkan kebutuhan pengguna jalan dengan aspek ekonomi dan sosial dalam menetapkan tarif tol.

Panduan Tanya Jawab: Tarif Tol Probolinggo Pasuruan

Bagaimana cara menghitung tarif tol Probolinggo-Pasuruan?

Tarif tol dihitung berdasarkan jarak tempuh dan golongan kendaraan. Jarak tempuh dihitung berdasarkan tarif per kilometer yang ditetapkan.

Apa saja jenis kendaraan yang dikenakan tarif tol Probolinggo-Pasuruan?

Jenis kendaraan yang dikenakan tarif tol Probolinggo-Pasuruan meliputi kendaraan golongan I (sedan, jip, pick up, bus), golongan II (truk dengan 2 gandar), golongan III (truk dengan 3 gandar), golongan IV (truk dengan 4 gandar), dan golongan V (truk dengan lebih dari 4 gandar).

Bagaimana cara mengakses informasi tarif tol Probolinggo-Pasuruan yang terbaru?

Informasi tarif tol Probolinggo-Pasuruan yang terbaru dapat diakses melalui situs resmi pengelola tol atau aplikasi mobile yang disediakan.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *