Tarif Tol Lematang Gunung Sugih Terbaru: Rincian Lengkap

4 min read

Tarif tol lematang gunung sugih terbaru – Bagi pengguna jalan yang ingin melintasi Tol Lematang Gunung Sugih, penting untuk mengetahui tarif terbaru yang berlaku. Tarif tol ini bervariasi tergantung pada jenis kendaraan dan jarak tempuh.

Dalam artikel ini, kami akan menyajikan informasi lengkap tentang tarif tol Lematang Gunung Sugih, cara cek tarif, faktor yang memengaruhi tarif, metode pembayaran, serta tips menghemat biaya saat melewati tol.

Tarif Tol Lematang Gunung Sugih Terbaru

Pemerintah telah menetapkan tarif terbaru untuk Jalan Tol Lematang Gunung Sugih yang berlaku mulai 1 Maret 2023. Tarif baru ini mengalami penyesuaian dari tarif sebelumnya untuk memberikan layanan yang lebih optimal kepada pengguna jalan.

Tarif Golongan Kendaraan

Tarif Tol Lematang Gunung Sugih dibedakan berdasarkan golongan kendaraan, yaitu:

  • Golongan I: Kendaraan roda dua dan tiga
  • Golongan II: Kendaraan roda empat atau lebih dengan dua gandar
  • Golongan III: Kendaraan roda empat atau lebih dengan tiga gandar
  • Golongan IV: Kendaraan roda empat atau lebih dengan empat gandar
  • Golongan V: Kendaraan roda empat atau lebih dengan lima gandar atau lebih

Tarif dan Jarak Tempuh, Tarif tol lematang gunung sugih terbaru

Berikut ini adalah rincian tarif terbaru Tol Lematang Gunung Sugih untuk setiap golongan kendaraan:

Golongan Tarif Jarak Tempuh Keterangan
I Rp 5.000 Seluruh Ruas Tol
II Rp 10.000 Seluruh Ruas Tol
III Rp 15.000 Seluruh Ruas Tol
IV Rp 20.000 Seluruh Ruas Tol
V Rp 25.000 Seluruh Ruas Tol

Tarif tersebut berlaku untuk seluruh ruas Tol Lematang Gunung Sugih sepanjang 27 kilometer.

Tarif Tol Lematang Gunung Sugih Terbaru

Jalan Tol Lematang Gunung Sugih (JTLS) telah menerapkan tarif baru mulai tanggal 22 Februari 2023. Tarif baru ini berlaku untuk seluruh golongan kendaraan, mulai dari golongan I hingga V.

Golongan Kendaraan dan Tarif

  • Golongan I (Sepeda Motor): Rp5.000
  • Golongan II (Mobil Pribadi): Rp10.000
  • Golongan III (Bus): Rp15.000
  • Golongan IV (Truk Kecil): Rp20.000
  • Golongan V (Truk Besar): Rp25.000

Tarif Berdasarkan Jarak Tempuh

Selain tarif berdasarkan golongan kendaraan, JTLS juga menerapkan tarif berdasarkan jarak tempuh. Tarif ini berlaku untuk kendaraan yang melintas dari satu gerbang tol ke gerbang tol lainnya.

Jarak Tempuh (km) Tarif (Rp)
0-10 Rp10.000
11-20 Rp15.000
21-30 Rp20.000
>30 Rp25.000

Pembayaran Tarif

Tarif tol JTLS dapat dibayar menggunakan kartu elektronik (e-money) atau tunai. Pembayaran tunai hanya dapat dilakukan di gerbang tol tertentu.

Tarif Tol Lematang Gunung Sugih terbaru telah diberlakukan. Rincian biaya dan metode pembayarannya dapat ditemukan di artikel Tarif Tol Tegineneng-Gunung Batin: Rincian Biaya dan Metode Pembayaran . Dengan informasi yang komprehensif tersebut, pengguna tol dapat mempersiapkan biaya perjalanan mereka secara tepat.

Sementara itu, tarif Tol Lematang Gunung Sugih terbaru tetap memberikan kemudahan dan efisiensi dalam mobilitas masyarakat.

Informasi Tambahan

Untuk informasi lebih lanjut mengenai tarif tol JTLS, pengguna jalan dapat menghubungi call center JTLS di nomor 0811-722-2000 atau mengunjungi situs web resmi JTLS di www.jtls.co.id.

Faktor yang Mempengaruhi Tarif Tol Lematang Gunung Sugih

Tarif tol lematang gunung sugih terbaru

Tarif tol Lematang Gunung Sugih dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya:

Jarak Tempuh

Jarak tempuh kendaraan menjadi salah satu faktor penentu besaran tarif tol. Semakin jauh jarak yang ditempuh, semakin tinggi tarif yang dikenakan. Hal ini karena operator tol memperhitungkan biaya operasional dan perawatan jalan tol yang lebih besar untuk jarak yang lebih jauh.

Jenis Kendaraan

Jenis kendaraan juga memengaruhi tarif tol. Tarif yang dikenakan pada kendaraan besar, seperti truk dan bus, umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan kendaraan kecil, seperti mobil dan sepeda motor. Hal ini disebabkan oleh perbedaan beban yang diberikan pada jalan tol, yang berdampak pada biaya perawatan dan pemeliharaan jalan.

Waktu Perjalanan

Waktu perjalanan juga dapat memengaruhi tarif tol. Tarif yang dikenakan pada waktu tertentu, seperti pada jam sibuk atau malam hari, mungkin lebih tinggi dibandingkan dengan waktu yang lebih sepi. Hal ini bertujuan untuk mengatur lalu lintas dan mengoptimalkan penggunaan jalan tol.

Terkait tarif tol Lematang Gunung Sugih yang terbaru, terdapat kabar terkini mengenai Tarif Tol Kebakkramat 2024 yang patut disimak. Seperti dilansir dalam artikel Tarif Tol Kebakkramat 2024: Rincian dan Dampaknya , tarif tol untuk ruas Kebakkramat akan mengalami penyesuaian pada tahun 2024. Rincian penyesuaian tarif ini diharapkan dapat memberikan dampak positif pada kelancaran lalu lintas dan perekonomian di sekitar kawasan tersebut.

Adapun tarif tol Lematang Gunung Sugih saat ini masih berlaku sesuai ketentuan yang ditetapkan sebelumnya.

Pembayaran Tarif Tol Lematang Gunung Sugih

Pembayaran tarif Tol Lematang Gunung Sugih dapat dilakukan melalui berbagai metode, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Tunai

  • Kelebihan: Mudah dan dapat diakses oleh semua pengguna.
  • Kekurangan: Membutuhkan waktu transaksi yang lebih lama dan berpotensi menimbulkan kemacetan.

Kartu Tol

  • Kelebihan: Transaksi lebih cepat dan praktis.
  • Kekurangan: Membutuhkan kartu tol khusus dan mungkin tidak diterima di semua gerbang tol.

Aplikasi Pembayaran

  • Kelebihan: Transaksi sangat cepat dan mudah, dapat dilakukan dari jarak jauh.
  • Kekurangan: Membutuhkan koneksi internet yang stabil dan mungkin memerlukan biaya tambahan.

Tips Menghemat Tarif Tol Lematang Gunung Sugih

Bagi pengguna jalan tol Lematang Gunung Sugih, berikut beberapa tips untuk menghemat biaya saat melintasi tol tersebut:

Pilih Waktu Perjalanan yang Tepat

Tarif tol bervariasi tergantung pada waktu perjalanan. Pilih waktu di luar jam sibuk (pagi dan sore hari) untuk menghindari tarif yang lebih tinggi.

Gunakan Jalur Alternatif

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menggunakan jalur alternatif yang tidak dikenakan biaya tol, seperti Jalan Lintas Timur Sumatera.

Tarif tol Lematang Gunung Sugih terbaru telah mengalami penyesuaian, membawa angin segar bagi pengguna jalan tol. Untuk informasi lebih lanjut tentang tarif tol, silakan merujuk ke Tarif Tol Probolinggo-Pasuruan: Panduan Lengkap 2024 . Sementara itu, pengguna tol Lematang Gunung Sugih dapat memanfaatkan tarif terbaru ini untuk perjalanan yang lebih efisien dan hemat.

Manfaatkan Promo atau Diskon

Beberapa penyedia layanan pembayaran elektronik menawarkan promo atau diskon untuk transaksi tol. Manfaatkan promo ini untuk menghemat biaya.

Gunakan Kartu Prabayar

Kartu prabayar khusus tol biasanya menawarkan tarif yang lebih rendah dibandingkan dengan pembayaran tunai atau kartu kredit.

Pengguna jalan tol Lematang-Gunung Sugih perlu mengetahui tarif terbaru yang berlaku. Tarif ini penting diketahui untuk mempersiapkan biaya perjalanan. Pembayaran tarif tol memiliki manfaat dan dampak ekonomi yang signifikan. Seperti yang dibahas dalam artikel Tarif Tol Kertosono-Mojokerto: Pembayaran Manfaat dan Dampak Ekonomi , pembayaran tarif tol dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah sekitar dan meningkatkan efisiensi transportasi.

Dengan memahami tarif tol Lematang-Gunung Sugih terbaru, pengguna jalan dapat merencanakan perjalanan mereka secara efektif dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi daerah.

Carpool

Bagi biaya tol dengan bepergian bersama teman atau rekan kerja. Ini bisa menghemat biaya secara signifikan, terutama untuk perjalanan jarak jauh.

Tarif Tol Lematang Gunung Sugih Terbaru

Tarif tol Lematang Gunung Sugih telah mengalami penyesuaian terbaru. Untuk mendapatkan informasi yang akurat dan terkini, masyarakat dapat mengakses situs web resmi pengelola tol atau media massa yang kredibel.

Tarif Tol Lematang Gunung Sugih terbaru telah diresmikan, menyesuaikan dengan perkembangan biaya operasional dan inflasi. Untuk informasi lengkap mengenai tarif tol, termasuk golongan kendaraan dan jarak tempuh, silakan merujuk pada Tarif Tol Pasuruan-Gempol 2024: Panduan Lengkap . Sementara itu, Tarif Tol Lematang Gunung Sugih terbaru diharapkan dapat memberikan kemudahan aksesibilitas bagi masyarakat, sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumatera Selatan.

Golongan Kendaraan

Tarif tol Lematang Gunung Sugih bervariasi tergantung pada golongan kendaraan. Berikut adalah daftar golongan kendaraan dan tarifnya:

  • Golongan I: Rp 10.000
  • Golongan II: Rp 15.000
  • Golongan III: Rp 20.000
  • Golongan IV: Rp 25.000
  • Golongan V: Rp 30.000

Jenis Kendaraan

Selain golongan kendaraan, jenis kendaraan juga mempengaruhi tarif tol. Berikut adalah jenis kendaraan dan tarifnya:

  • Sepeda motor: Rp 5.000
  • Mobil pribadi: Rp 10.000
  • Bus: Rp 15.000
  • Truk: Rp 20.000
  • Kendaraan beroda lebih dari 6: Rp 25.000

Jam Operasional

Tarif tol Lematang Gunung Sugih juga berbeda tergantung pada jam operasional. Berikut adalah jam operasional dan tarifnya:

  • Senin-Jumat (06.00-18.00 WIB): Tarif normal
  • Senin-Jumat (18.00-06.00 WIB): Tarif malam (lebih rendah dari tarif normal)
  • Sabtu-Minggu (06.00-24.00 WIB): Tarif akhir pekan (lebih tinggi dari tarif normal)

Penutupan Akhir

Dengan memahami tarif tol Lematang Gunung Sugih terbaru, pengguna jalan dapat merencanakan perjalanan dengan lebih efektif dan mengoptimalkan biaya yang dikeluarkan.

Sudut Pertanyaan Umum (FAQ)

Bagaimana cara cek tarif tol Lematang Gunung Sugih secara online?

Pengguna dapat mengecek tarif tol secara online melalui situs web atau aplikasi resmi pengelola tol.

Apa saja faktor yang memengaruhi tarif tol Lematang Gunung Sugih?

Tarif tol dipengaruhi oleh jarak tempuh, jenis kendaraan, dan waktu perjalanan.

Metode pembayaran apa saja yang tersedia di gerbang tol Lematang Gunung Sugih?

Pengguna dapat melakukan pembayaran tunai, kartu tol, atau aplikasi pembayaran.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *