Tarif Tol Caruban-Nganjuk Terbaru: Panduan Lengkap 2024

3 min read

Tarif tol caruban nganjuk terbaru – Pemerintah telah menetapkan tarif tol terbaru untuk ruas Caruban-Nganjuk yang mulai berlaku pada tahun 2024. Tarif baru ini diberlakukan untuk mendukung kelancaran lalu lintas dan meningkatkan konektivitas di wilayah tersebut.

Dengan panjang 21 kilometer, tol Caruban-Nganjuk menawarkan waktu tempuh yang lebih singkat dan lebih nyaman bagi pengguna jalan. Kehadiran tol ini juga berdampak positif pada perekonomian daerah dengan meningkatkan aksesibilitas dan mendorong pertumbuhan.

Tarif Tol Caruban-Nganjuk Terbaru

Tarif tol Caruban-Nganjuk telah mengalami penyesuaian. Tarif terbaru mulai berlaku sejak 28 Februari 2023, berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 142/KPTS/M/2023.

Tarif Tol Caruban-Nganjuk terbaru mengalami penyesuaian sejak 26 Januari 2023. Pengguna kendaraan Golongan I kini dikenakan tarif Rp 21.000, sedangkan Golongan II dan III masing-masing Rp 31.500 dan Rp 42.000. Tarif ini sejalan dengan penyesuaian tarif tarif tol Tol Cikupa-Jakarta-Merak yang juga baru saja mengalami kenaikan.

Meski demikian, tarif Tol Caruban-Nganjuk masih lebih rendah dibandingkan dengan tarif tol Tol Cikupa-Jakarta-Merak yang berkisar antara Rp 55.000 hingga Rp 155.000.

Golongan Kendaraan dan Tarif

Tarif tol Caruban-Nganjuk bervariasi tergantung golongan kendaraan. Berikut daftar lengkap tarif terbaru:

  • Golongan I (Sedan, Jeep, Pick Up/Truk Kecil, dan Bus): Rp 30.000
  • Golongan II (Truk dengan 2 gandar): Rp 45.000
  • Golongan III (Truk dengan 3 gandar): Rp 60.000
  • Golongan IV (Truk dengan 4 gandar): Rp 75.000
  • Golongan V (Truk dengan 5 gandar): Rp 90.000

Cara Mendapatkan Informasi Tarif Tol Terbaru

Selain melalui Keputusan Menteri PUPR, informasi tarif tol terbaru juga dapat diperoleh melalui:

  • Website resmi pengelola tol
  • Aplikasi navigasi
  • Call center pengelola tol

Pembayaran Tol Caruban-Nganjuk

Tol Caruban-Nganjuk menyediakan beberapa metode pembayaran untuk kenyamanan pengguna. Metode pembayaran yang tersedia meliputi uang tunai, kartu elektronik, dan aplikasi pembayaran.

Uang Tunai

Pembayaran menggunakan uang tunai dapat dilakukan di gerbang tol secara langsung. Pengguna cukup menyerahkan uang tunai sesuai dengan tarif yang tertera pada papan informasi.

Pengguna jalan tol kini dapat menikmati kemudahan perjalanan dengan adanya tarif tol caruban nganjuk terbaru. Selain itu, untuk informasi terkini terkait tarif tol porong surabaya terbaru , masyarakat dapat mengaksesnya melalui sumber tepercaya. Kembali ke tarif tol caruban nganjuk, penyesuaian tarif ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan efisiensi bagi para pengguna jalan.

Kartu Elektronik

Pengguna dapat menggunakan kartu elektronik seperti e-Money, Flazz, Brizzi, dan TapCash untuk membayar tol. Kartu elektronik harus ditempelkan pada alat pembaca yang tersedia di gerbang tol.

Aplikasi Pembayaran

Beberapa aplikasi pembayaran seperti LinkAja, GoPay, dan OVO juga dapat digunakan untuk membayar tol Caruban-Nganjuk. Pengguna perlu memindai kode QR yang tersedia di gerbang tol menggunakan aplikasi pembayaran yang digunakan.

Tarif tol Caruban-Nganjuk yang baru saja mengalami penyesuaian menjadi Rp 1.500 per kilometer untuk kendaraan golongan I. Penyesuaian tarif ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan biaya operasional dan perawatan jalan tol. Sementara itu, di Sumatera Selatan, tarif tol Lematang Gunung Sugih terbaru juga mengalami penyesuaian menjadi Rp 1.000 per kilometer untuk kendaraan golongan I.

Penyesuaian tarif ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pengguna jalan tol.

Fasilitas Tol Caruban-Nganjuk

Tol Caruban-Nganjuk menawarkan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengguna jalan. Fasilitas-fasilitas ini tersebar di sepanjang tol, memberikan kemudahan akses dan memenuhi kebutuhan pengguna.

Tarif tol Caruban-Nganjuk yang baru telah ditetapkan dan mulai berlaku sejak 15 Desember 2022. Pengguna jalan tol kini dapat mengakses informasi terbaru tentang tarif tol lambu kibang terbaru melalui situs resmi pengelola jalan tol. Sementara itu, tarif tol Caruban-Nganjuk terbaru dapat dilihat pada gerbang tol terdekat atau melalui aplikasi resmi pengelola jalan tol.

Rest Area

Tol Caruban-Nganjuk memiliki dua rest area, yakni Rest Area Caruban di KM 6 dan Rest Area Nganjuk di KM 52. Rest area ini menyediakan fasilitas lengkap seperti:

  • Toilet
  • Musala
  • Warung makan dan minimarket
  • SPBU
  • Area bermain anak

Gerbang Tol, Tarif tol caruban nganjuk terbaru

Tol Caruban-Nganjuk memiliki lima gerbang tol, yakni:

  1. Gerbang Tol Caruban
  2. Gerbang Tol Madiun
  3. Gerbang Tol Ngawi
  4. Gerbang Tol Kertosono
  5. Gerbang Tol Nganjuk

CCTV dan Patroli

Tol Caruban-Nganjuk dilengkapi dengan sistem CCTV dan patroli rutin untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Sistem CCTV memantau seluruh area tol, sementara patroli rutin dilakukan oleh petugas keamanan.

Penerangan Jalan

Seluruh ruas Tol Caruban-Nganjuk dilengkapi dengan penerangan jalan yang memadai, sehingga memudahkan pengguna jalan untuk berkendara pada malam hari.

Pemerintah baru saja menetapkan tarif tol Caruban-Nganjuk terbaru. Tarif terbaru ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan dibandingkan sebelumnya. Sementara itu, di wilayah lain, tarif tol Lampung-Palembang juga mengalami penyesuaian. Kenaikan tarif tol ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan infrastruktur jalan tol di Indonesia.

Meski demikian, masyarakat diimbau untuk menyesuaikan rencana perjalanan mereka dengan mempertimbangkan kenaikan tarif tol tersebut, terutama bagi pengguna tol Caruban-Nganjuk.

Informasi Tambahan

Selain informasi tarif, terdapat beberapa aspek tambahan terkait Tol Caruban-Nganjuk yang perlu diketahui.

Panjang Tol

Panjang Tol Caruban-Nganjuk adalah sekitar 31,3 kilometer.

Waktu Tempuh

Dengan menggunakan Tol Caruban-Nganjuk, waktu tempuh dari Caruban ke Nganjuk dapat dipangkas secara signifikan. Waktu tempuh yang biasanya memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit melalui jalur non-tol, kini dapat ditempuh hanya dalam waktu sekitar 30-45 menit.

Dampak Ekonomi dan Konektivitas

Pembangunan Tol Caruban-Nganjuk memberikan dampak positif bagi perekonomian dan konektivitas daerah.

  • Meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas barang dan jasa, sehingga memperlancar kegiatan ekonomi.
  • Menarik investasi dan pengembangan kawasan industri di sepanjang koridor tol.
  • Mempermudah akses ke destinasi wisata di Nganjuk, seperti Candi Ngetos dan Air Terjun Sedudo.

Pembaruan Data

Artikel ini menyajikan tarif tol terbaru untuk ruas Caruban-Nganjuk pada tahun 2024. Informasi ini bersumber dari situs resmi Jasa Marga, penyedia layanan jalan tol di Indonesia.

Untuk tetap mendapatkan informasi terbaru tentang tarif tol Caruban-Nganjuk, silakan kunjungi situs resmi Jasa Marga secara berkala.

Terakhir: Tarif Tol Caruban Nganjuk Terbaru

Tarif tol caruban nganjuk terbaru

Tarif tol terbaru untuk ruas Caruban-Nganjuk telah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna jalan dan perkembangan ekonomi daerah. Tarif yang kompetitif dan fasilitas yang memadai diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat yang melintasi tol tersebut.

FAQ Terpadu

Berapa tarif tol terbaru untuk ruas Caruban-Nganjuk?

Daftar lengkap tarif tol terbaru dapat dilihat pada artikel ini.

Bagaimana cara mendapatkan informasi terbaru tentang tarif tol Caruban-Nganjuk?

Informasi terbaru tentang tarif tol dapat diperoleh melalui situs resmi pengelola tol atau melalui aplikasi navigasi.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *