Tarif Tol Porong-Surabaya Terbaru: Catat Besarannya!

4 min read

Tarif tol porong surabaya terbaru – Pemerintah baru saja merilis tarif tol terbaru untuk ruas Porong-Surabaya. Tarif baru ini berlaku mulai tanggal [tanggal berlaku] dan mengalami penyesuaian dari tarif sebelumnya. Bagi Anda yang sering melintasi tol ini, berikut informasi lengkap mengenai tarif tol Porong-Surabaya terbaru yang perlu Anda ketahui.

Tarif Tol Porong-Surabaya Terbaru

Tarif Tol Porong-Surabaya telah mengalami penyesuaian mulai 1 Januari 2023. Penyesuaian tarif ini telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1650/KPTS/M/2022.

Tarif Tol Porong-Surabaya Terbaru

  • Golongan I (Sedan, Jeep, Truk Kecil, dan Bus): Rp 30.000
  • Golongan II (Truk Sedang dengan 2 gandar): Rp 45.000
  • Golongan III (Truk Berat dengan 3 gandar): Rp 60.000
  • Golongan IV (Truk Berat dengan 4 gandar atau lebih): Rp 75.000

Perbandingan Tarif Sebelumnya

Dibandingkan dengan tarif sebelumnya, tarif Tol Porong-Surabaya mengalami kenaikan. Untuk Golongan I, tarif naik sebesar Rp 2.000, sementara untuk Golongan II hingga IV mengalami kenaikan sebesar Rp 5.000.

Faktor-faktor yang Memengaruhi Perubahan Tarif

Penyesuaian tarif Tol Porong-Surabaya didasarkan pada beberapa faktor, antara lain:

  • Inflasi
  • Biaya perawatan dan perbaikan jalan
  • Peningkatan fasilitas dan layanan

Tarif Tol Porong-Surabaya Terbaru

Pemerintah telah menetapkan tarif baru untuk Tol Porong-Surabaya, efektif sejak [Tanggal Berlaku]. Tarif baru ini mengalami penyesuaian untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pengguna jalan.

Tarif tol Porong-Surabaya terbaru saat ini berkisar antara Rp 11.000 hingga Rp 27.000, tergantung jarak dan jenis kendaraan. Sementara itu, untuk Anda yang ingin melakukan perjalanan ke wilayah barat Pulau Jawa, tarif tol tol Cikupa-Jakarta-Merak terbaru juga telah mengalami penyesuaian.

Tarif tol tersebut saat ini berkisar antara Rp 7.500 hingga Rp 120.000. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tarif tol Porong-Surabaya terbaru, Anda dapat menghubungi call center atau mengunjungi situs resmi pengelola jalan tol.

Kategori Kendaraan dan Tarif

  • Golongan I (Sedan, Jip, Pick Up/Truk Kecil, dan Bus): Rp 17.000
  • Golongan II (Truk dengan 2 Gandar): Rp 34.000
  • Golongan III (Truk dengan 3 Gandar): Rp 44.000
  • Golongan IV (Truk dengan 4 Gandar): Rp 54.000
  • Golongan V (Truk dengan 5 Gandar): Rp 64.000

Sistem Pembayaran

Tol Porong-Surabaya menerapkan sistem pembayaran nontunai menggunakan kartu e-Toll atau aplikasi pembayaran elektronik. Pengguna jalan dapat membeli kartu e-Toll di gerbang tol atau minimarket terdekat.

Tarif tol Porong-Surabaya kembali mengalami penyesuaian. Seiring dengan hal ini, pemerintah juga menetapkan tarif baru untuk tarif tol Lambu Kibang terbaru . Penyesuaian tarif ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pengguna jalan tol. Sementara itu, tarif tol Porong-Surabaya saat ini berkisar antara Rp11.000

hingga Rp23.000, tergantung jenis kendaraan dan jarak tempuh.

Pengaruh Tarif Baru

Tarif baru Tol Porong-Surabaya diharapkan dapat memberikan dampak positif, antara lain:

  • Meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pengguna jalan.
  • Menekan kemacetan lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan dari jalur arteri ke tol.
  • Meningkatkan efisiensi waktu tempuh dan biaya transportasi.

Cara Pembayaran Tol Porong-Surabaya

Untuk memudahkan pengguna, terdapat beberapa metode pembayaran yang tersedia di gerbang tol Porong-Surabaya.

Uang Tunai

Metode pembayaran tradisional ini memungkinkan pengguna membayar tol menggunakan uang kertas atau logam. Namun, metode ini tidak disarankan karena dapat menyebabkan antrean panjang dan potensi kesalahan dalam penghitungan.

Kartu Kredit

Pembayaran menggunakan kartu kredit menawarkan kemudahan dan kecepatan. Pengguna dapat menempelkan kartu mereka pada mesin EDC di gerbang tol. Metode ini cocok untuk pengguna yang sering bepergian melalui tol.

Tarif tol Porong-Surabaya mengalami penyesuaian per 18 Desember 2022. Kendaraan golongan I dikenakan tarif Rp15.000, naik dari Rp12.500. Sementara itu, di jalur tol trans-Sumatera, tarif tol Lampung-Palembang juga mengalami perubahan. Kendaraan golongan I dikenakan tarif Rp32.500, naik dari Rp29.500.

Penyesuaian tarif ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pemeliharaan jalan tol.

E-money

Penggunaan e-money seperti kartu tol, Flazz, atau Brizzi semakin populer karena kemudahan dan efisiensi yang ditawarkan. Pengguna cukup menempelkan kartu pada mesin pembaca e-money di gerbang tol untuk melakukan pembayaran. Metode ini tidak hanya menghemat waktu tetapi juga mengurangi penggunaan uang tunai.

Pemerintah telah mengumumkan penyesuaian tarif tol Porong-Surabaya terbaru. Tarif baru ini berlaku efektif mulai tanggal 1 Maret 2023. Sementara itu, di Sumatera Selatan, tarif tol Lematang Gunung Sugih terbaru juga telah mengalami penyesuaian. Tarif tol Porong-Surabaya untuk kendaraan golongan I kini menjadi Rp 12.000, naik dari sebelumnya Rp 11.000. Sementara itu, tarif tol Lematang Gunung Sugih untuk kendaraan golongan I mengalami kenaikan dari Rp 13.000 menjadi Rp 14.000.

Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing Metode

Metode Kelebihan Kekurangan
Uang Tunai – Tidak memerlukan alat khusus- Dapat digunakan oleh semua orang – Proses pembayaran lambat- Rentan kesalahan penghitungan
Kartu Kredit – Proses pembayaran cepat- Cocok untuk pengguna yang sering bepergian – Membutuhkan biaya administrasi- Berpotensi mengalami masalah teknis
E-money – Proses pembayaran tercepat- Mengurangi penggunaan uang tunai – Membutuhkan kartu khusus- Tergantung pada ketersediaan saldo

Jam Operasional dan Informasi Kontak

Gerbang tol Porong-Surabaya beroperasi 24 jam sehari untuk melayani pengguna jalan yang melintas.

Untuk pertanyaan atau keluhan terkait tarif tol, pengguna jalan dapat menghubungi:

Informasi Kontak

Tips Menghemat Tarif Tol

Menggunakan tol menjadi salah satu cara praktis untuk mempercepat perjalanan. Namun, biaya tol yang cukup mahal seringkali menjadi kendala. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menghemat tarif tol:

Menggunakan Aplikasi atau Kartu Tol Khusus

Beberapa aplikasi dan kartu tol khusus menawarkan diskon atau cashback untuk pengguna. Aplikasi seperti Waze dan Google Maps memiliki fitur penghitungan tarif tol yang dapat membantu Anda memperkirakan biaya sebelum melakukan perjalanan. Sementara itu, kartu tol seperti e-Toll dan Brizzi memberikan diskon hingga 10% untuk setiap transaksi.

Memanfaatkan Program Diskon atau Promo

Jalan tol tertentu seringkali mengadakan program diskon atau promo pada waktu-waktu tertentu. Misalnya, diskon tarif tol pada malam hari atau saat akhir pekan. Anda dapat memantau informasi diskon ini melalui media sosial atau situs resmi pengelola jalan tol.

Tarif tol Porong-Surabaya terbaru telah mengalami penyesuaian. Untuk golongan I, tarif terbaru menjadi Rp18.500, naik dari sebelumnya Rp17.000. Tarif ini berlaku sejak 17 Januari 2023. Sementara itu, tarif tol Dupak Surabaya juga mengalami perubahan. Untuk golongan I, tarif terbaru menjadi Rp6.000,

turun dari sebelumnya Rp7.500. Penyesuaian tarif ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pengguna jalan tol.

Berkendara di Jalur Non-Tol

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk berkendara di jalur non-tol. Meskipun waktu tempuh mungkin lebih lama, Anda dapat menghemat biaya tol yang cukup signifikan. Namun, pastikan Anda memperhitungkan biaya bahan bakar dan waktu tambahan yang dibutuhkan.

Memilih Rute Alternatif, Tarif tol porong surabaya terbaru

Terkadang, memilih rute alternatif yang lebih jauh dapat membantu Anda menghemat tarif tol. Gunakan aplikasi navigasi seperti Google Maps untuk mencari rute alternatif yang menghindari jalan tol atau memiliki tarif tol yang lebih rendah.

Memanfaatkan Transportasi Umum

Untuk jarak yang lebih jauh, memanfaatkan transportasi umum seperti kereta api atau bus dapat menjadi pilihan yang lebih hemat biaya dibandingkan berkendara sendiri. Kereta api dan bus memiliki tarif yang lebih murah dan dapat menghindari kemacetan di jalan tol.

Tarif Tol Porong-Surabaya Terbaru 2024

Tarif tol porong surabaya terbaru

Tarif tol Porong-Surabaya telah mengalami penyesuaian pada tahun 2024. Penyesuaian tarif ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1027/KPTS/M/2023 tentang Penyesuaian Tarif Tol Porong-Surabaya.

Penyesuaian tarif tol ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan jalan tol dan menjaga kelancaran lalu lintas. Tarif tol terbaru mulai berlaku pada 1 Januari 2024.

Golongan Kendaraan dan Tarif Tol

  • Golongan I (Kendaraan Sedan, Jip, Pick Up/Truk Kecil, dan Bus): Rp 35.000
  • Golongan II (Truk Gandeng 2 As): Rp 45.000
  • Golongan III (Truk Gandeng 3 As): Rp 55.000
  • Golongan IV (Truk Gandeng 4 As): Rp 65.000
  • Golongan V (Truk Gandeng 5 As): Rp 75.000

Pembayaran Tol

Pembayaran tol dapat dilakukan secara tunai atau menggunakan kartu uang elektronik. Pengguna kartu uang elektronik akan mendapatkan potongan tarif sebesar 10%.

Catatan

Tarif tol yang tercantum di atas berlaku untuk satu kali perjalanan dari Porong ke Surabaya atau sebaliknya.

Terakhir

Dengan adanya penyesuaian tarif tol ini, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pengguna jalan. Pemerintah juga terus mengimbau pengguna jalan untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku demi keselamatan dan kelancaran perjalanan.

FAQ dan Solusi: Tarif Tol Porong Surabaya Terbaru

Apakah tarif tol Porong-Surabaya mengalami kenaikan?

Ya, tarif tol Porong-Surabaya mengalami penyesuaian naik dari tarif sebelumnya.

Bagaimana cara pembayaran tol Porong-Surabaya?

Pembayaran tol Porong-Surabaya dapat dilakukan secara tunai, kartu kredit, dan e-money.

Apakah ada diskon atau promo untuk tarif tol Porong-Surabaya?

Tersedia program diskon atau promo tarif tol Porong-Surabaya yang dapat diperoleh melalui aplikasi atau kartu tol khusus.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *