Tarif Tol Lawang-Malang Terbaru: Panduan Lengkap 2024

4 min read

Tarif tol lawang malang terbaru – Tarif Tol Lawang-Malang terbaru telah resmi diberlakukan sejak 1 Januari 2024. Tarif baru ini mengalami penyesuaian untuk memberikan kenyamanan dan efisiensi yang lebih baik bagi pengguna jalan.

Dengan adanya tol Lawang-Malang, waktu tempuh dari Lawang ke Malang kini hanya sekitar 30 menit, jauh lebih cepat dibandingkan melalui jalur biasa yang dapat memakan waktu hingga 2 jam.

Tarif Tol Lawang-Malang Terbaru: Tarif Tol Lawang Malang Terbaru

Pengguna jalan tol Lawang-Malang kini dapat menikmati tarif baru yang berlaku efektif sejak 1 Januari 2023. Tarif ini mengalami penyesuaian berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1609/KPTS/M/2022.

Pemerintah resmi menyesuaikan tarif Tol Lawang-Malang. Tarif baru mulai berlaku sejak 10 Januari 2023. Sementara itu, di sisi lain pulau Jawa, tarif Tol Dupak-Surabaya juga mengalami penyesuaian. Tarif tol dupak surabaya terbaru ini berlaku sejak 15 Januari 2023. Penyesuaian tarif ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas jalan tol.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai tarif Tol Lawang-Malang terbaru, masyarakat dapat menghubungi pihak pengelola jalan tol.

Tarif tol Lawang-Malang bervariasi tergantung pada golongan kendaraan dan jarak tempuh. Berikut rincian tarif tol terbaru:

Golongan Kendaraan

  • Golongan I: Sedan, mobil penumpang, bus, dan truk kecil
  • Golongan II: Truk sedang dengan dua gandar
  • Golongan III: Truk berat dengan tiga gandar
  • Golongan IV: Truk berat dengan empat gandar
  • Golongan V: Truk berat dengan lima gandar

Jarak Tempuh dan Tarif, Tarif tol lawang malang terbaru

Jarak Tempuh (km) Golongan I Golongan II Golongan III Golongan IV Golongan V
7,6 Rp15.000 Rp22.500 Rp30.000 Rp37.500 Rp45.000
15,2 Rp30.000 Rp45.000 Rp60.000 Rp75.000 Rp90.000
22,8 Rp45.000 Rp67.500 Rp90.000 Rp112.500 Rp135.000
30,4 Rp60.000 Rp90.000 Rp120.000 Rp150.000 Rp180.000

Pembayaran tol Lawang-Malang dapat dilakukan secara tunai atau menggunakan kartu elektronik (e-money) yang telah bekerja sama dengan PT Jasa Marga.

Tarif Tol Lawang-Malang Terbaru: Tarif Tol Lawang Malang Terbaru

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberlakukan penyesuaian tarif Tol Lawang-Malang mulai 11 Januari 2023. Penyesuaian tarif ini merupakan amanat dari Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1505/KPTS/M/2022.

Tarif tol Lawang-Malang telah mengalami penyesuaian sejak awal tahun ini. Namun, untuk informasi terkini mengenai tarif tol di wilayah lain, seperti tarif tol Lambu Kibang terbaru , masyarakat dapat mengakses situs resmi pengelola jalan tol atau menghubungi layanan informasi terkait.

Sementara itu, tarif tol Lawang-Malang saat ini masih tetap sama, yaitu Rp6.000 untuk kendaraan golongan I dan Rp18.000 untuk kendaraan golongan II dan seterusnya.

Kategori Kendaraan dan Tarif

  • Golongan I: Rp23.000
  • Golongan II: Rp34.500
  • Golongan III: Rp46.000
  • Golongan IV: Rp57.500
  • Golongan V: Rp78.000

Rute dan Jarak Tempuh

Tol Lawang-Malang memiliki panjang 76,5 kilometer dan menghubungkan Kota Lawang di Kabupaten Malang dengan Kota Malang. Tol ini dibagi menjadi tiga seksi, yaitu Seksi I (Lawang-Singosari), Seksi II (Singosari-Pakis), dan Seksi III (Pakis-Malang).

Jarak tempuh dari gerbang masuk Tol Lawang hingga gerbang keluar Tol Malang sekitar 60-75 menit, tergantung kondisi lalu lintas.

Gerbang Masuk dan Keluar

Tol Lawang-Malang memiliki tiga gerbang masuk dan keluar, yaitu:

  • Gerbang Masuk Lawang
  • Gerbang Masuk Singosari
  • Gerbang Masuk Pakis
  • Gerbang Keluar Lawang
  • Gerbang Keluar Singosari
  • Gerbang Keluar Pakis
  • Gerbang Keluar Malang

Keuntungan Menggunakan Tol Lawang-Malang

Pembangunan Tol Lawang-Malang memberikan sejumlah keuntungan signifikan, baik bagi pengguna jalan maupun perekonomian secara keseluruhan.

Salah satu keuntungan utama adalah penghematan waktu tempuh yang drastis. Sebelum adanya tol, perjalanan dari Lawang ke Malang membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Namun, dengan beroperasinya tol, waktu tempuh dapat dipangkas hingga setengahnya, menjadi sekitar 1 jam saja.

Selain itu, Tol Lawang-Malang juga berperan penting dalam mengurangi kemacetan lalu lintas. Sebelumnya, jalur utama Lawang-Malang kerap mengalami kepadatan kendaraan, terutama pada jam-jam sibuk. Dengan adanya tol, sebagian besar kendaraan dapat beralih ke jalur bebas hambatan ini, sehingga kemacetan di jalur utama dapat berkurang.

Dampak Positif pada Perekonomian

Kehadiran Tol Lawang-Malang memberikan dampak positif pada perekonomian daerah. Penghematan waktu tempuh dan berkurangnya kemacetan memungkinkan pelaku bisnis untuk menghemat biaya transportasi dan logistik. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi.

Tarif tol Lawang-Malang mengalami penyesuaian terbaru, sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1463/KPTS/M/2022. Penyesuaian tarif ini juga selaras dengan tarif tol tarif tol Pekalongan-Pemalang-Batang terbaru yang telah diberlakukan sebelumnya. Tarif tol Lawang-Malang untuk kendaraan Golongan I kini menjadi Rp 12.000, mengalami kenaikan dari tarif sebelumnya sebesar Rp 10.500.

Dampak Positif pada Pariwisata

Tol Lawang-Malang juga berdampak positif pada sektor pariwisata. Kemudahan akses ke Malang dari Lawang dan daerah sekitarnya membuat wisatawan dapat lebih mudah mengunjungi berbagai destinasi wisata di Malang, seperti Jatim Park, Museum Angkut, dan Coban Rondo. Hal ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan mendorong pertumbuhan industri pariwisata di Malang.

Contoh Nyata Manfaat Tol Lawang-Malang

Salah satu contoh nyata manfaat Tol Lawang-Malang adalah peningkatan jumlah wisatawan yang mengunjungi Jatim Park. Sebelum adanya tol, jumlah pengunjung Jatim Park sekitar 1 juta orang per tahun. Namun, setelah tol beroperasi, jumlah pengunjung meningkat hingga 1,5 juta orang per tahun.

Pemerintah baru saja menyesuaikan tarif tol Lawang-Malang. Tarif baru ini mulai berlaku sejak Senin (13/2/2023). Untuk kendaraan golongan I, tarifnya kini menjadi Rp 10.000. Sementara itu, tarif tol Colomadu-Karanganyar terbaru juga mengalami penyesuaian. Tarif tol colomadu karanganyar terbaru untuk kendaraan golongan I kini menjadi Rp 8.000. Kembali ke tarif tol Lawang-Malang, untuk kendaraan golongan II dan III, tarifnya naik menjadi Rp 15.000 dan Rp 20.000.

Tips Menghemat Biaya Tol Lawang-Malang

Tarif tol lawang malang terbaru

Menggunakan tol Lawang-Malang dapat menghemat waktu perjalanan, tetapi juga dapat membebani keuangan. Berikut beberapa tips untuk menghemat biaya saat menggunakan tol ini:

Kartu Elektronik

Menggunakan kartu elektronik seperti e-Toll atau Flazz dapat memberikan diskon hingga 10%. Pastikan kartu Anda selalu terisi saldo yang cukup untuk menghindari denda.

Waktu Perjalanan

Hindari jam sibuk seperti pagi dan sore hari. Tarif tol lebih rendah pada malam hari dan akhir pekan.

Program Diskon

Perhatikan program diskon atau promo yang ditawarkan oleh pengelola tol, seperti diskon untuk pengguna setia atau potongan harga untuk pembelian tiket tol dalam jumlah banyak.

Jalur Alternatif

Jika memungkinkan, gunakan jalur alternatif yang tidak memerlukan biaya tol. Meskipun mungkin membutuhkan waktu tempuh yang lebih lama, namun dapat menghemat biaya secara signifikan.

Informasi Tambahan

Untuk informasi terbaru mengenai tarif tol Lawang-Malang pada tahun 2024, silakan kunjungi situs resmi pengelola jalan tol atau hubungi call center yang tersedia.

Pemerintah telah menetapkan tarif baru untuk Tol Lawang-Malang. Tarif baru ini berlaku efektif sejak 1 Januari 2023. Untuk kendaraan golongan I, tarifnya menjadi Rp 7.000. Sementara itu, untuk kendaraan golongan II dan III, tarifnya masing-masing menjadi Rp 11.000 dan Rp 16.000. Tarif tol ini terbilang lebih murah dibandingkan dengan tarif tol Lampung-Palembang yang mencapai Rp 36.000 untuk kendaraan golongan I.

Tarif Tol Lawang-Malang yang baru diharapkan dapat memperlancar lalu lintas dan meningkatkan konektivitas antar daerah.

Adapun ilustrasi rute tol Lawang-Malang dan jarak tempuhnya dapat dilihat pada lampiran di bawah ini:

Rute dan Jarak Tempuh Tol Lawang-Malang

Tol Lawang-Malang memiliki panjang sekitar 76 kilometer dan menghubungkan Kota Lawang di Kabupaten Malang dengan Kota Malang.

Berikut adalah rincian rute dan jarak tempuhnya:

  • Lawang – Singosari: 15 kilometer
  • Singosari – Pakisaji: 20 kilometer
  • Pakisaji – Karanglo: 25 kilometer
  • Karanglo – Malang: 16 kilometer

Penutupan Akhir

Tarif Tol Lawang-Malang terbaru ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah Malang Raya. Dengan waktu tempuh yang lebih singkat dan kenyamanan yang lebih baik, masyarakat dapat lebih mudah mengakses destinasi wisata dan kawasan industri di sekitar Malang.

Pertanyaan Umum (FAQ)

Berapa tarif tol Lawang-Malang terbaru untuk kendaraan golongan I?

Rp 42.000

Apa saja metode pembayaran yang dapat digunakan untuk membayar tol Lawang-Malang?

Kartu elektronik (e-Toll) dan tunai

Apakah ada diskon atau promo untuk pengguna tol Lawang-Malang?

Ya, terdapat diskon 10% untuk pengguna kartu elektronik dan diskon 5% untuk pengguna yang melakukan perjalanan pada jam-jam tertentu.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *